Syfa & Ganjar

7 Tempat yang Menerima Pembayaran dengan Suica & Icoca

Ditulis oleh Ganjar

Suica dan Icoca merupakan IC card yang sangat populer di Jepang, terutama bagi wisatawan yang mengunjungi wilayah Tokyo, Osaka, dan Kyoto. Keduanya biasanya digunakan sebagai alat pembayaran moda transportasi publik di Jepang, mulai dari bus hingga kereta.

Selain untuk transportasi publik, Suica dan Icoca juga ternyata bisa digunakan untuk alat pembayaran di tempat lainnya. Oleh karena itu, di artikel ini saya akan membahas 10 tempat dan jasa paling populer yang menerima pembayaran menggunakan IC card.

Sebagai catatan, berbagai tempat ini biasanya tidak hanya menerima pembayaran dengn Suica dan Icoca saja, namun juga menerima pembayaran dengan IC card lainnya seperti Pasmo, Toica, Sugoca, dan lainnya.

1. Kereta Lokal dan Subway

kereta jepang

Hampir semua kereta lokal dan subway yang ada di Jepang menerima pembayaran dengan IC card. Dengan menggunakan IC card, kita tidak perlu repot membeli tiket fisik karena kita hanya tinggal tap saat masuk ke stasiun dan keluar dari stasiun.

Sebagai catatan, kereta jarak jauh dan kereta limited express biasanya mengharuskan kita untuk membeli tiket khusus jika ingin menaikinya. Oleh karena itu, jika ingin menaiki kereta tersebut, lebih baik untuk menanyakan terlebih dahulu ke petugas yang berjaga.

Hal serupa juga berlaku untuk kereta cepat Shinkansen. Sebagian besar rute shinkansen mengharuskan kita untuk membeli tiket fisik. Jika kita ingin menggunakan IC card, biasanya kita harus melakukan proses registrasi terlebih dahulu.

2. Bus Kota

tap ic card bus

Hampir semua bus kota yang ada di Jepang menerima pembayaran dengan menggunakan IC card. Hal tersebut jauh lebih praktis dibandingkan dengan membayar menggunakan uang tunai karena kita harus memiliki uang pas untuk membayarnya.

Untuk beberapa rute, pembayaran dengan IC card juga biasanya lebih murah jika dibandingkan dengan uang tunai. Pasalnya, IC card bisa digunakan untuk tarif dengan nominal berapa pun sedangkan untuk uang tunai harus dibulatkan ke atas agar sesuai dengan pecahan uang yang tersedia.

3. Tram

Tokyo sakura tram

Meskipun di Tokyo saat ini hanya tersisa satu jalur tram saja, namun di kota kecil lainnya seperti Hiroshima, tram masih menjadi transportasi publik andalan masyarakat. Sayang rasanya jika kita berlibur ke Jepang tapi tidak mencoba menggunakan moda transportasi klasik ini.

Pembayaran di tram biasanya sama seperti bus di mana kita bisa menggunakan uang tunai ataupun IC card. Penggunaan IC card tentunya lebih praktis karena kita hanya tinggal tap saja saat masuk atau keluar dari tram tanpa perlu repot menyiapkan uang pas terlebih dahulu.

4. Vending Machine

vending machine

Jepang merupakan surganya vending machine. Berbagai macam vending machine yang unik bisa dengan mudah kita temukan di Jepang. Nah saat ini, sudah banyak vending machine yang menerima pembayaran dengan menggunakan IC card.

IC card ini menurut saya sangatlah penting buat vending machine karena seringkali kita tidak memiliki nominal uang yang pas. Selain itu, membeli dengan uang tunai juga seringkali merepotkan jika kita mendapatkan kembalian berupa uang koin yang sangat banyak.

5. Locker

locker penyimpanan di Stasiun Nara

Sangat mudah sekali untuk menemukan locker di Jepang, terutama di stasiun-stasiun kereta. Berbagai locker ini sangat berguna jika kita tidak ingin membawa tas atau barang-barang lainnya saat pergi ke suatu tempat wisata.

Kebanyakan locker memang masih menggunakan koin, namun tidak sedikit pula yang sudah menerima pembayaran dengan IC card. Locker dengan IC card juga biasanya sudah tidak menggunakan kunci manual sehingga kita tidak perlu khawatir kehilangan kunci locker tersebut.

6. Minimarket

Bagi para wisatawan, minimarket alias konbini di Jepang itu seakan menjadi penyelamat dompet. Berbagai makanan murah dan enak bisa kita temukan di minimarket seperti 7-Eleven dan Familimart. Nah, berbagai minimarket tersebut juga saat ini sudah menerima pembayaran dengan IC card.

Selain menerima pembayaran, berbagai minimarket tersebut juga menerima pengisian saldo dari IC card. Jadi kalau kita kehabisan saldo, kita bisa mengisinya di minimarket terdekat sambil berbelanja.

7. Toko dan Restoran

Entrance menuju Ramen Honolu

Selain minimarket, berbagai toko hingga supermarket saat ini juga sudah banyak yang menerima pembayaran dengan IC card. Hal yang sama juga berlaku untuk restoran hingga tempat makan kecil yang berada di pinggir jalan.

logo-ic-card
Logo IC card

Jika kita bingung apakah sebuah toko atau restoran tersebut menerima pembayaran dengan IC card atau tidak, kita hanya tinggal melihat ada atau tidaknya logo IC card. Jika kita melihat logo tersebut, maka dapat dipastikan jika tempat tersebut menerima pembayaran menggunakan IC card.

Nah itu dia 7 tempat yang biasanya menerima pembayaran dengan IC card. Dengan IC card kita tidak perlu lagi repot membawa uang tunai karena semua pembayaran bisa langsung terselesaikan hanya dengan sekali tap saja.

Jika kamu ingin bertanya mengenai tempat yang pernah kami kunjungi, silakan tanyakan kepada kami di kolom komentar atau di Instagram @syfaganjarstory. Kami akan dengan senang hati menjawabnya ~
CERITA TERKAIT
TENTANG SYFA & GANJAR
Kami adalah pasangan suami istri yang sangat menyukai travelling dan kuliner. Di blog ini kami akan berbagi cerita mengenai perjalanan kami ketika mengunjungi berbagai tempat wisata serta mencicipi kelezatan dari berbagai jenis kuliner.

Selengkapnya tentang Syfa & Ganjar →
KOMENTAR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Syfa & Ganjar
English Version
cross