Syfa & Ganjar

Cara Mengambil Koper Setelah Turun dari Pesawat

Ditulis oleh Ganjar

Mengambil koper dan barang lainnya yang dimasukkan ke bagasi merupakan salah satu langkah penting yang harus dilakukan saat kita turun dari pesawat. Namun, banyak penumpang yang baru pertama kali naik pesawat kebingungan bagaimana cara mengambilnya saat tiba di bandara tujuan.

Oleh karena itu, di artikel ini saya akan mengulas langkah-langkah cara mengambil koper dan bagasi lainnya setelah turun dari pesawat. Hal ini harus dilakukan dengan benar untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kehilangan koper atau kopernya tertukar dengan penumpang lain.

1. Siapkan Dokumen Penting

Sebelum turun dari pesawat, pastikan kita sudah menyiapkan berbagai dokumen penting agar tidak tertinggal di dalam pesawat. Beberapa dokumen yang harus kita siapkan tersebut di antaranya adalah:

  • KTP atau Paspor
paspor

Untuk penerbangan domestik, pastikan kita membawa dokumen identitas yang berlaku di negara kita seperti KTP, SIM, atau paspor. Sedangkan untuk penerbangan internasional, kita harus membawa paspor sebagai dokumen identitas kita.

  • Boarding Pass
boarding pass transit

Meskipun penerbangan kita sudah selesai, namun boarding pass ini tetap harus kita bawa dan jangan dibuang. Pasalnya, di boarding pass ini terdapat informasi yang berguna untuk proses verifikasi bagasi yang kita bawa.

  • Resi Bagasi
bag tags 3_
Baggage tag yang ditempelkan ke boarding pass

Saat kita menyerahkan koper di konter check-in, petugas akan memberikan kita sebuah resi yang berisi informasi mengenai bagasi yang kita masukkan ke pesawat. Resi ini biasanya berbentuk sticker yang ditempelkan ke boarding pass.

Beberapa informasi yang terdapat di dalam resi tersebut di antaranya adalah nama penumpang, kode bandara asal dan tujuan, nomor penerbangan, berat bagasi, nomor bagasi, dan barcode atau QR Code.

Berbagai informasi tersebut sangat berguna untuk memastikan bagasi yang kita ambil merupakan milik kita sendiri. Berbagai informasi tersebut harus sama dengan baggage tag yang menempel pada koper atau barang lainnya yang kita masukkan ke bagasi.

2. Menuju ke Area Pengambilan Bagasi

petunjuk landing
Petunjuk arah saat tiba di bandara
monitor pengambilan bagasi
Informasi tempat pengambilan bagasi

Setelah turun dari pesawat, silakan ikuti papan petunjuk yang bertuliskan "Pengambilan Bagasi" atau "Baggage Claim" jika kita turun dari penerbangan domestik. Namun jika kita turun dari penerbangan internasional, maka silakan untuk menuju ke area imigrasi terlebih dahulu.

Setelah sampai di area pengambilan bagasi, silakan lihat layar monitor yang tersebar di area tersebut. Layar tersebut biasanya akan menampilkan beberapa informasi seperti nama maskapai, nomor penerbangan, kota asal, beserta nomor conveyor belt.

Nah, silakan lihat di layar tersebut nomor penerbangan kita beserta nomor conveyor belt-nya. Selanjutnya silakan menuju ke conveyor belt dengan nomor tersebut. Nantinya di setiap conveyor belt juga akan tercantum lagi informasi maskapai dan nomor penerbangan tersebut.

Jika bagasi yang kita masukkan lebih dari satu koper, di area pengambilan bagasi ini juga biasanya terdapat troli yang bisa kita pakai secara gratis. Jika butuh bantuan, kita juga bisa menyewa jasa porter untuk membawakan barang-barang kita.

3. Menunggu di Conveyor Belt

belt baggage_
Conveyor belt
troli
Troli untuk bagasi

Setelah sampai di conveyor belt, silakan tunggu sampai koper dan barang kita keluar dan berputar ke arah kita. Barang-barang tersebut akan diletakkan di belt secara bertahap, jadi bersabarlah jika barang kita belum keluar.

Jika ternyata koper kita sudah terlewat, kita tidak usah panik karena belt tersebut akan berputar kembali ke arah kita. Jadi tetaplah diam di tempat dan tidak perlu mengejar-ngejar kopernya. Setelah kopernya ada di depan kita silakan langsung angkat dari conveyor belt.

Selanjutnya, silakan periksa kembali nomor bagasi yang terdapat di tag koper dan di resi yang tertempel di boarding pass kita. Pastikan nomornya sama untuk menghindari bagasi yang tertukar dengan penumpang lain karena banyak koper yang bentuknya mirip.

Setelah mengambil koper , terkadang suka ada petugas bandara yang mengecek boarding pass dan tag di koper kita. Tujuan pemeriksaan ini juga untuk memastikan agar kita hanya mengambil barang milik kita saja dan tidak tertukar dengan barang penumpang lain.

Setelah mengambil bagasi, untuk penerbangan internasional kita akan melewati security check dan bea cukai terlebih dahulu. Namun untuk penerbangan domestik kita bisa langsung keluar setelah mengambil bagasi ini.

4. Security Check dan Bea Cukai

bea cukai

Di beberapa bandara, kita harus kembali melewati security check setelah mengambil bagasi. Di area security check ini kita tidak perlu melepas jaket, jam tangan, dan semacamnya. Di sini kita hanya tinggal memasukkan koper dan barang-barang dari bagasi tercatat saja ke mesin pemindai.

Selain itu untuk penerbangan internasional, kita juga harus melewati bea cukai terlebih dahulu. Di sini kita harus melaporkan sekaligus membayar pajak dari barang-barang tertentu yang kita bawa atau kita beli dari luar negeri.

Ketentuan mengenai barang yang harus dilaporkan ke bea cukai ini berbeda di setiap negaranya. maka dari itu, silakan baca peraturan bea cukai dari negara tujuan kita sebelum kita terbang ke sana agar kita bisa mengikuti peraturannya.

Bagaimana Dengan Bagasi Jika Transit?

Lounge transit

Langkah-langkah yang saya bahas di atas memang hanya berlaku untuk penerbangan biasa, lantas bagaimana dengan bagasi kita jika melakukan penerbangan transit? Jawabannya adalah tergantung dari proses transit yang kita lakukan.

  • Transit dengan maskapai yang sama

Jika kita berpindah pesawat dengan maskapai yang sama, biasanya saat check in di bandara awal kita akan mendapatkan beberapa boarding pass langsung hingga ke tujuan akhir. Jadinya, kita tidak perlu lagi datang ke konter transit saat melakukan transit.

Nah, untuk jenis trasnit seperti ini, maka bagasi yang kita bawa akan langsung dimasukkan ke penerbangan selanjutnya. Jadi kita bisa langsung masuk ke pesawat selanjutnya tanpa perlu mengambil bagasi terlebih dahulu.

  • Transit dengan maskapai yang berbeda

Jika kita berpindah pesawat dengan maskapai yang berbeda, maka biasanya kita akan diberikan satu boarding pass saja saat check in di bandara awal. Nah, saat kita tiba di bandara transit, maka kita harus mendatangi konter transit terlebih dahulu untuk mendapatkan boarding pass penerbangan selanjutnya.

Nah, nantinya di konter transit tersebut petugas bandara akan memberitahu apa langkah selanjutnya yang harus kita lakukan. Di beberapa bandara, bagasi kita akan langsung diurus oleh petugas transit tersebut namun ada juga bandara yang mengharuskan kita mengambil bagasi seperti biasanya.

Kuncinya adalah untuk selalu menanyakan ke petugas yang berjaga di konter check in ataupun konter transit. Mereka akan memberitahukan apa yang harus kita lakukan dengan bagasi kita. Jika membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai proses transit ini, silakan baca artikel berikut ini:

Nah, itu dia langkah-langkah yang harus kita lakukan untuk mengambil koper dan bagasi setelah turun dari pesawat. Ingat, selalu cek koper kita dengan baik agar tidak sampai tertukar dengan penumpang lainnya.

Jika kamu ingin bertanya mengenai tempat yang pernah kami kunjungi, silakan tanyakan kepada kami di kolom komentar atau di Instagram @syfaganjarstory. Kami akan dengan senang hati menjawabnya ~
CERITA TERKAIT
TENTANG SYFA & GANJAR
Kami adalah pasangan suami istri yang sangat menyukai travelling dan kuliner. Di blog ini kami akan berbagi cerita mengenai perjalanan kami ketika mengunjungi berbagai tempat wisata serta mencicipi kelezatan dari berbagai jenis kuliner.

Selengkapnya tentang Syfa & Ganjar →
KOMENTAR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Syfa & Ganjar
English Version
cross