Syfa & Ganjar

Berapa Jam Kita Harus ke Bandara Sebelum Keberangkatan?

Ditulis oleh Ganjar

Tidak seperti saat kita menggunakan kereta atau bus, terdapat banyak proses yang harus kita lewati sebelum kita bisa masuk dan duduk di dalam pesawat. Proses tersebut terkadang membutuhkan waktu yang cukup lama, bahkan hingga lebih dari 1 jam.

Hal tersebut menimbulkan pertanyaan dari para calon penumpang pesawat mengenai waktu yang ideal untuk tiba di bandara agar tidak ketinggalan pesawat. Maka dari itu, di artikel ini saya akan mengulas kapan seharusnya kita tiba di bandara untuk penerbangan domestik ataupun internasional.

Penerbangan Domestik

konter check in
Konter check-in

Jika kita akan melakukan penerbangan antar kota di sebuah negara alias penerbangan domestik, maka sangat disarankan untuk tiba di bandara 2 jam sebelum keberangkatan. Pasalnya, konter check-in untuk penerbangan domestik biasanya dibuka 2 jam sebelum keberangkatan.

Nah, waktu 2 jam tersebut nantinya akan kita gunakan untuk melakukan check-in dan drop bagasi di konter, melewati pemeriksaan keamanan, hingga mencari boarding gate. Berbagai proses tersebut membutuhkan waktu yang bervariasi sehingga akan lebih aman jika kita tiba sedini mungkin di bandara.

Lantas kapan waktu paling akhir untuk tiba di bandara? Waktu paling akhir untuk penerbangan domestik adalah 45 menit sebelum jadwal keberangkatan. Hal tersebut mengacu kepada batas terakhir check-in di konter yaitu 30 hingga 45 menit sebelum keberangkatan domestik.

Jika kita lewat dari waktu tersebut, maka secara otomatis kita tidak bisa masuk ke dalam pesawat karena konter check-in sudah ditutup.

Penerbangan Internasional

konter check in
Proses check in

Jika kita melakukan penerbangan antar negara alias penerbangan internasional, maka waktu yang dibutuhkan untuk tiba di bandara menjadi lebih lama lagi. Kebanyakan maskapai menyarankan calon penumpangnya untuk tiba di bandara 3 jam sebelum penerbangan internasional.

Hal tersebut sangat beralasan karena terdapat satu proses tambahan untuk penumpang di penerbangan internasional yaitu imigrasi. Proses imigrasi ini terkadang membutuhkan waktu yang cukup lama terutama jika antriannya sangat banyak.

Selain itu, penerbangan internasional juga biasanya menggunakan pesawat berukuran besar sehingga kapasitas penumpangnya pun cukup banyak. Hal tersebut jelas akan menambah waktu antrian saat berada di konter check-in, pemeriksaan keamanan, ataupun imigrasi.

Waktu paling akhir bagi kita untuk tiba di bandara pada penerbangan internasional adalah 1 jam sebelum keberangkatan. Pasalnya, konter check-in akan menutup registrasi penerbangan internasional 1 jam sebelum jadwal keberangkatan pesawat.

Namun saya sangat tidak menyarankan untuk tiba semepet itu karena sangat beresiko tertinggal pesawat jika proses check-in hingga imigrasi kita mengalami kendala.

Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Pergi ke Bandara

Selain mengacu kepada jam dibuka dan ditutupnya konter check-in, terdapat beberapa hal lain yang harus kita perhatikan agar bisa tiba di bandara pada waktu yang tepat. Nah, berikut adalah beberapa hal tersebut:

1. Rute ke Bandara

kursi KLIA Express
Kereta bandara KLIA Express

Hal pertama yang harus kita perhatikan adalah rute yang kita lewati untuk sampai ke bandara. Jika kita menggunakan trasnportasi kereta, maka kita hanya perlu mempertimbangkan jadwal keberangkatan dan durasi perjalanan dari kereta tersebut.

Akan tetapi jika kita pergi ke bandara dengan menggunakan bus atau mobil, maka kita harus mempertimbangkan kepadatan jalan yang akan kita lewati tersebut. Jika jalan tersebut rawan terjadi kemacetan, maka alangkah baiknya untuk pergi lebih awal dari rumah.

2. Membawa Bagasi atau Tidak

mesin check in changi
Mesin self check in

Jika kita membawa koper atau barang lainnya yang ingin dimasukkan ke dalam bagasi tercatat, maka sebaiknya kita datang lebih awal karena harus menaruhnya terlebih dahulu di konter check-in. Dengan datang lebih awal, maka antrian di konter check-in juga biasanya belum terlalu ramai.

Sedangkan jika kita tidak membawa bagasi, maka kita bisa check-in di mesin self check-in yang saat ini sudah banyak tersedia di berbagai bandara. Namun jika bandaranya belum memiliki mesin self check-in, maka mau tidak mau kita harus tetap ikut antri di konter check-in.

Alternatif lain yang bisa kita lakukan adalah melakukan check-in secara online. Jika kita sudah check-in online dan tidak membawa bagasi, maka kita bisa langsung saja menuju ke area pemeriksaan keamanan tanpa perlu mengantri di konter check-in.

3. Pergi Bersama Rombongan

Jika kita pergi bersama rombongan, baik itu keluarga atau kerabat, maka kita harus menyiapkan waktu yang lebih banyak untuk berbagai proses di bandara. Pasalnya, waktu antrian kita juga akan lebih lama, terutama saat melakukan check-in dan drop bagasi.

4. Kelas Penerbangan

kelas bisnis
Kelas bisnis

Kelas penerbangan yang kita pilih juga bisa menjadi penentu cepat atau lambatnya proses yang akan kita lewati. Jika kita membeli tiket di kelas ekonomi, maka dapat dipastikan jika kita harus melalui berbagai proses yang jauh lebih lama.

Sedangkan apabila kita membeli tiket untuk kelas bisnis atau fisrt class, maka prosesnya akan jauh lebih cepat. Penumpang di kedua kelas tersebut biasanya sudah disediakan konter check-in, jalur pemeriksaan keamanan, dan jalur imigrasi yang terpisah dari penumpang kelas ekonomi.

5. Ukuran Bandara

senai airport
Senai Airport

Besar atau tidaknya bandara juga akan mempengaruhi proses yang kita lewati. Semakin besar bandara maka biasanya akan semakin ramai pula penumpangnya. Hal tersebut akan membuat antrian di pemeriksaan keamanan dan imigrasi juga semakin panjang.

Selain itu, jarak antara satu area ke area lainnya juga biasanya cukup jauh jika kita berada di bandara besar. Terkadang kita harus berjalan hingga ratusan meter atau bahkan berpindah terminal untuk sampai di boarding gate yang kita tuju.

6. Waktu dan Hari Keberangkatan

bandara hong kong
Kepadatan di Hong Kong Airport

Jika kita bepergian di akhir pekan atau saat musim liburan, maka secara otomatis kondisi bandara juga akan sangat penuh oleh penumpang. Olah karena itu, jangan pernah tiba di bandara pada waktu yang sangat mepet jika kita naik pesawat di kedua waktu tersebut.

Selain itu, jam keberangkatan juga bisa mempengaruhi kondisi di dalam bandara. Jika kita naik penerbangan di tengah malam atau dini hari, biasanya kondisinya akan jauh lebih sepi dibandingkan dengan siang atau sore hari.

Nah, itu dia berbagai hal yang harus kita pertimbangkan agar bisa menentukan waktu ketibaan di bandara dengan baik. Jangan sampai kita telat tiba di bandara sehingga kita harus berlari-lari di dalamnya atau bahkan sampai tertinggal pesawat.

Jika kamu ingin bertanya mengenai tempat yang pernah kami kunjungi, silakan tanyakan kepada kami di kolom komentar atau di Instagram @syfaganjarstory. Kami akan dengan senang hati menjawabnya ~
CERITA TERKAIT
TENTANG SYFA & GANJAR
Kami adalah pasangan suami istri yang sangat menyukai travelling dan kuliner. Di blog ini kami akan berbagi cerita mengenai perjalanan kami ketika mengunjungi berbagai tempat wisata serta mencicipi kelezatan dari berbagai jenis kuliner.