Syfa & Ganjar

Inilah 6 Istilah yang Berkaitan dengan Boarding Pesawat

Ditulis oleh Ganjar

Jika kita naik pesawat, pasti kita akan sering mendengar istilah yang mengandung kata "boarding". Mulai dari proses check in hingga masuk ke dalam pesawat, istilah tersebut akan berulang kali terdengar ataupun tertulis di dalam bandara.

Nah di artikel ini, saya akan menjelaskan berbagai istilah yang berkaitan dengan boarding pesawat tersebut. Berbagai istilah tersebut sangat penting untuk dipahami agar kita tidak salah dalam menerima informasi saat berada di bandara.

1. Boarding

Boarding merupakan istilah yang mengacu pada proses masuknya penumpang ke dalam pesawat. Proses boarding ini dimulai saat penumpang yang ada di boarding lounge dipanggil untuk menuju ke boarding gate dan memasuki pesawat.

Proses boarding biasanya dilakukan berdasarkan kelompok atau zona tertentu untuk memastikan berlangsungnya proses yang rapi dan efisien. Biasanya penumpang first class dan bussiness class akan didahulukan untuk melakukan boarding sebelum penumpang di kelas ekonomi.

2. Boarding Pass

Boarding-pass-kertas

Setelah kita melakukan check-in, baik secara online ataupun offline di bandara, kita akan menerima dokumen yang disebut boarding pass. Dokumen ini berfungsi sebagai tiket kita untuk bisa masuk ke dalam boarding lounge dan juga masuk ke dalam pesawat.

Di dalam boarding pass terdapat berbagai informasi vital seperti nama penumpang, nomor kursi, detail penerbangan, dan lainnya. Silakan baca artikel berikut ini untuk mengetahu apa saja informasi yang terdapat di dalamnya:

Boarding pass ini menjadi bukti bahwa kita telah memenuhi semua persyaratan untuk terbang. Biasanya petugas bandara atau awak kabin akan meminta kita untuk menunjukan boarding pass saat memasuki area security check dan saat melakukan boarding.

3. Boarding Lounge

Boarding lounge
Boarding lounge di Changi Airport

Boarding lounge adalah area tunggu di bandara yang diperuntukkan bagi penumpang yang sudah melewati pemeriksaan keamanan dan sedang menunggu untuk boarding ke pesawat. Area ini juga terkadang disebut sebagai waiting lounge atau departure lounge,

Boarding lounge biasanya terletak dekat dengan boarding gate. Terdapat berbagai fasilitas umum yang bisa kita manfaatkan di boarding lounge seperti tempat duduk, toilet, mushola, colokan listrik, akses Wi-Fi gratis, fasilitas makanan dan minuman, hingga area bermain untuk anak-anak.

DI beberapa bandara besar biasanya terdapat juga boarding lounge berbayar. Di dalamnya biasanya terdapat fasilitas yang lebih lengkap seperti buffet, kursi pijat, shower, hingga kursi yang sangat nyaman untuk beristirahat.

4. Boarding Time

proses boarding
Proses boarding

Boarding time merupakan waktu yang paling krusial bagi setiap penumpang untuk diperhatikan. Boarding time merujuk kepada waktu dimulainya proses boarding. Informasi mengenai boarding time ini biasanya terdapat di boarding pass.

Umumnya, boarding time dimulai sekitar 20-45 menit sebelum keberangkatan pesawat. Waktunya ini sebenarnya bisa bervariasi tergantung pada ukuran pesawat, jumlah penumpang, ataupun kesiapan pesawat itu sendiri.

Biasanya petugas bandara akan memberikan pengumuman jika boarding time ini sudah tiba. Namun ada juga beberapa bandara yang tidak memberikan pengumuman sama sekali, seperti Changi Airport di Singapura contohnya.

Maka dari itu, sangat disarankan bagi kita untuk segera menuju ke boarding gate jika sudah tiba waktu boarding time seperti yang tertera di boarding pass. Jika kita terlambat, maka kita bisa membuat penerbangan di-delay atau bahkan kita bisa ditinggalkan oleh pesawat tersebut.

5. Boarding Gate

petunjuk gate

Nah, boarding gate ini adalah tempat di bandara di mana penumpang berkumpul sebelum proses boarding dimulai. Informasi mengenai lokasi boarding gate dari penerbangan kita bisa ditemukan pada boarding pass.

Dalam beberapa kasus, boarding gate penerbangan kita kadang dipindahkan ke gate yang lain. Maka dari itu, kita juga harus sellau mendengarkan pengumuman atau melihat layar informasi agar bisa mengetahui info terbaru mengenai boarding gate penerbangan kita.

Saat proses boarding dimulai, petugas maskapai akan memeriksa satu-persatu boarding pass dari masing-masing penumpang di boarding gate ini. Setelah melewati boarding gate, penumpang bisa langsung menuju ke dalam pesawat.

6. Boarding Zone

kabin pesawat

Boarding zone merupakan pembagian atau kategorisasi penumpang dalam kelompok-kelompok tertentu saat proses boarding pesawat. Pembagian ini membantu maskapai penerbangan mengatur dan mempermudah proses boarding sehingga berlangsung dengan lebih rapi dan efisien.

Informasi mengenai boarding zone ini terdapat pada boarding pass yang kita miliki. Biasanya pembagian boarding zone ini didasarkan pada kelas kabin ataupun urutan tempat duduk yang ada di dalam pesawat tersebut.

Pada saat proses boarding, petugas maskapai biasanya akan memanggil penumpang berdasarkan zonanya. Ada maskapai yang memanggil penumpang dari zona depan terlebih dahulu dan ada juga yang sebaliknya.

Nah itulah penjelasan dari berbagai istilah yang berkaitan dengan boarding pesawat. Semoga penjelasan di atas bisa membantu terutama untuk kamu yang baru pertama kali akan menggunakan pesawat terbang.

Jika kamu ingin bertanya mengenai tempat yang pernah kami kunjungi, silakan tanyakan kepada kami di kolom komentar atau di Instagram @syfaganjarstory. Kami akan dengan senang hati menjawabnya ~
CERITA TERKAIT
TENTANG SYFA & GANJAR
Kami adalah pasangan suami istri yang sangat menyukai travelling dan kuliner. Di blog ini kami akan berbagi cerita mengenai perjalanan kami ketika mengunjungi berbagai tempat wisata serta mencicipi kelezatan dari berbagai jenis kuliner.

Selengkapnya tentang Syfa & Ganjar →
KOMENTAR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Syfa & Ganjar
English Version
cross