Syfa & Ganjar

3 Cara Mengetahui Nomor Jalur Peron Kereta yang Kita Naiki

Ditulis oleh Ganjar

Jumlah peron yang terdapat di stasiun kereta itu berbeda-beda. Jika kita ingin naik kereta di stasiun yang jumlah peronnya banyak, otomatis kita harus mengetahui di peron berapa kereta kita akan berangkat agar kita tidak salah masuk kereta.

Terdapat 3 cara mudah yang bisa kita lakukan agar bisa mengetahui di jalur peron nomor berapa kereta kita akan berangkat. Nah, di artikel kali ini saya akan membahas ketiga cara tersebut. Apa sajakah itu?

1. Melihat Layar Informasi

papan informasi kereta
layar informasi kereta

Cara pertama untuk mengetahui di jalur mana kereta kita akan berangkat adalah dengan melihat layar informasi keberangkatan. Layar informasi ini biasanya terletak di area-area strategis dalam stasiun seperti pintu masuk, ruang tunggu, dan lainnya.

Di layar tersebut akan ditampilkan informasi mengenai kereta mana yang akan segera berangkat beserta dengan nomor jalur peronnya. Tak ketinggalan, jam keberangkatan dari setiap kereta juga akan terpampang di sana.

2. Dengarkan pengumuman

waiting lounge stasiun bandung
Dengarkan pengumuman sambil menunggu kereta

Ada kalanya kereta yang sudah dijadwalkan untuk berhenti di jalur tertentu ternyata berpindah jalur. Hal ini biasanya terjadi karena adanya beberapa alasan teknis sehingga kereta harus berhenti di jalur yang baru.

Untungnya, perpindahan jalur ini akan selalu diinformasikan oleh petugas stasiun. Mereka biasanya akan mengumumkan informasi jalur terbaru melalui pengeras suara beberapa menit sebelum kereta tiba dan juga sesaat setelah keretanya tiba.

Dalam pengumuman tersebut biasanya akan diberi tahu juga urutan kelas gerbong pada kereta tersebut. Sebagai contoh, gerbong 1-4 adalah kelas ekonomi, 5-6 kelas bisnis, 7-8 adalah kelas eksekutif, dan sebagainya.

Oleh karena itu, kita harus selalu mendengarkan setiap pengumuman yang diberikan petugas agar kita tidak salah masuk kereta dan bisa mengetahui dengan cepat di mana posisi dari gerbong yang akan kita tempati.

3. Tanyakan Petugas

pintu masuk peron
Petugas di Stasiun Bandung
petunjuk peron
papan petunjuk di peron

Terkadang pengumuman yang diberikan oleh petugas tidak terdengar dengan jelas karena suasana stasiun yang sangat bising. Bisa juga kita melewatkan pengumuman tersebut karena terburu-buru datang ke stasiun.

Nah jika kita tidak sempat melihat layar informasi ataupun mendengar pengumuman, maka cara terakhir yang bisa kita lakukan adalah dengan menanyakan petugas stasiun. Biasanya selalu ada petugas yang berjaga di setiap peron saat ada kereta yang akan tiba atau berangkat.

Sebagai contoh, di Stasiun Bandung selalu ada petugas yang berjaga di pintu masuk dari setiap jalur peronnya. Sedangkan di Stasiun Tugu Yogyakarta, selalu ada petugas yang membawa pamflet nama kereta setiap kali ada kereta yang berhenti.

Oleh karena itu, jangan pernah ragu untuk menanyakan ke petugas karena mereka akan selalu membantu kita. Jika kita sudah menemukan keretanya, maka kita bisa langsung masuk ke gerbong dan mencari kursi yang sesuai dengan boarding pass kita.

Kategori:
Jika kamu ingin bertanya mengenai tempat yang pernah kami kunjungi, silakan tanyakan kepada kami di kolom komentar atau di Instagram @syfaganjarstory. Kami akan dengan senang hati menjawabnya ~
CERITA TERKAIT
TENTANG SYFA & GANJAR
Kami adalah pasangan suami istri yang sangat menyukai travelling dan kuliner. Di blog ini kami akan berbagi cerita mengenai perjalanan kami ketika mengunjungi berbagai tempat wisata serta mencicipi kelezatan dari berbagai jenis kuliner.

Selengkapnya tentang Syfa & Ganjar →
KOMENTAR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Syfa & Ganjar
cross