Syfa & Ganjar

4 Cara Memesan Makanan di dalam Kereta Api

Ditulis oleh Syfa

Naik kereta api adalah salah satu cara yang nyaman untuk berpergian jarak jauh di Indonesia. Dengan pilihan perjalanan ke kota-kota yang beragam, kita tinggal pesan tiketnya lalu duduk manis hingga sampai di kota tujuan.

Selain itu, kini pengunjung tidak perlu khawatir jika tidak sempat membeli makanan/camilan sebelum naik kereta. PT KAI memiliki layanan kuliner kereta untuk para pengunjung yang menggunakan fasilitas kereta api Indonesia.

Cara membeli makanannya pun tidak lagi menjadi masalah karena ada beberapa metode pemesanan yang tersedia. Dari memesan langsung di gerbong makan hingga menggunakan aplikasi, berikut ini artikel lengkap yang bisa teman-teman ikuti. Simak sampai akhir ya!

1. Pesan Langsung di Gerbong Makan

tempat memesan makanan di gerbong makan
Area memasak sekaligus tempat memesan makanan
suasana di gerbong makan di kereta api
Suasana gerbong makan
menu di gerbong makan
Menu makanan

Pemesanan makanan langsung di gerbong makan adalah salah satu solusi yang menarik. Sebagai pengunjung, kita dapat langsung menikmati kuliner kereta di gerbong khusus yang sudah disediakan oleh PT Kereta Api Indonesia.

Kita hanya perlu beranjak dari tempat duduk kita lalu berjalan menuju gerbong makan. Di sana terdapat area memasak sang chef serta beberapa meja dan kursi untuk keperluan makan pengunjung.

Kita tinggal memilih aneka makanan dan minuman yang diinginkan langsung dari menu yang tersedia. Bahkan, ada beberapa menu yang langsung dibuatkan on the spot di dalam area masak tersebut, seperti Tom Yum, Nasi Goreng, Mie Godog, dan Sei Sapi.

Silakan sampaikan pesanan, bayar, lalu nikmati makanannya! Nilai plusnya adalah kita bisa menikmati pemandangan dari dalam kereta sambil menikmati makanan tersebut. Teman-teman ada yang sudah pernah coba makan langsung di gerbong makan?

2. Melalui Pramugari Kereta

pramugari kereta
pramugari kereta (3)
Reska Premium Tea

Malas beranjak, gerbong makannya sudah penuh, atau gak sempet jajan tadi sebelum naik kereta? Tenang aja, kita masih bisa memesan makanan di tempat duduk kita, yaitu melalui pramugari kereta.

Beberapa menit atau jam setelah kita kereta kita berjalan, akan ada dua pramugari kereta yang menawarkan makanan dan minuman. Mereka akan berkeliling dan menawarkannya ke seluruh gerbong. Ada snack, minuman, bahkan makanan berat yang dijual di gerbong makan.

Dengan begitu, kita tidak perlu pergi ke gerbong makan kalau lapar. Cukup tanyakan apa makanan yang tersedia, bayar, lalu nikmati. Pastikan untuk menyiapkan uang pas ketika membayar makanan ke pramugari keretanya ya!

Jika kita naik di kelas eksekutif, makan di tempat duduk juga semakin nyaman karena setiap kursi sudah disediakn meja lipat. Silakan baca artikel berikut ini jika kamu belum tahu cara mengeluarkan meja lipat tersebut:

3. Melalui Aplikasi KAI Access

KAI Access
memesan makanan
lakukan pembayaran

Nah, cara yang ketiga ini cara favorit saya dan suami. Soalnya kita bisa up to date duluan dengan menu-menu yang ditawarkan di dalam perjalanan.

Namun, pemesanan makanan melalui KAI Access hanya bisa dilakukan kalau kita memesan tiket keretanya juga dengan aplikasi tersebut. Begini langkah-langkahnya:

  1. Buka Aplikasi KAI Access
  2. Gulir kursor ponsel ke bawah, lalu pilih menu "Railfood"
  3. Pilih menu yang diinginkan, gulir terus ke bawah agar kamu bisa melihat semua makanan dan minuman yang dijual.
  4. Klik "Pesan" pada menu yang diinginkan. Di sana juga ada harga-harganya jadi kita tidak perlu bertanya-tanya harga makanannya.
  5. Klik tanda (+) pada nama kita agar pemesanan bisa diproses. Tombol (+) itu maksudnya jumlah makanan/minuman yang kita ingin pesan. Di sana juga terdapat nama, jenis kelas kereta, dan nomor kursi kita. Hal ini dilakukan agar petugas yang mengantarkan makanannya tidak akan kebingungan.
  6. Lakukan pembayaran. Ada beberapa metode pembayaran yang ditawarkan—KAI Pay, LinkAja, OVO, serta QRIS. Pilih cara yang paling mudah untuk kalian. Berhubung saya ada saldo di OVO, jadi saya pakai OVO saja.
  7. Tunggu hingga petugas mengantarkannya ke kursi kita

4. Pre Order melalui Aplikasi KAI Access

Pre order makanan kereta
pilihan makanannya
Pilihan kuliner Yogyakarta dan Kutoarjo
pesan dan lakukan pembayaran
Pilihan kuliner Purwokerto

Cara yang terakhir ini sebenarnya sama saja dengan yang sebelumnya. Namun, yang membedakan adalah kita bisa pre-order makanan-makanan yang disediakan oleh partner PT KAI.

Sebagai contoh, ketika saya masih di kota Yogyakarta dan akan berangkat ke Cirebon keesokan harinya, saya bisa memilih kuliner kereta yang ada di Kota Yogyakarta, Kutoarjo, dan Purwokerto.

Jika saya memesan makanan dari salah satu kota tersebut, makanannya akan diantarkan saat kereta berhenti di tiga stasiun tersebut. Begini cara pesannya:

  1. Buka Aplikasi KAI Access
  2. Gulir kursor ponsel ke bawah, lalu pilih menu "Railfood"
  3. Klik pilihan perjalanan kita
  4. Pilih menu yang diinginkan. Klik tombol "Menu" untuk membuka pilihan-pilihan kuliner di kota tertentu. Berhubung saya sedang di Yogyakarta, pilihan kota yang tersedia adalah Yogyakarta, Kutoarjo, dan Purwokerto.
  5. Klik "Pesan" pada menu yang diinginkan.
  6. Klik tanda (+) pada kolom nama kita agar pemesanan bisa diproses.
  7. Lakukan pembayaran seperti pada cara di atas. Perlu diperhatikan bahwa akan ada biaya ongkos kirim karena menu yang disajikan berasal dari partner yang bekerja sama dengan PT KAI.
  8. Yang terakhir, tunggu hingga petugas mengantarkannya ke kursi kita

Itulah empat cara untuk memesan makanan ketika kita sedang di dalam kereta. Sekarang naik kereta jarak jauh gak perlu mikir akan kelaparan karena ada banyak makanan dan minuman yang bisa dipesan di tempat. Sampai ketemu di artikel jalan-jalan selanjutnya!

Jika kamu ingin bertanya mengenai tempat yang pernah kami kunjungi, silakan tanyakan kepada kami di kolom komentar atau di Instagram @syfaganjarstory. Kami akan dengan senang hati menjawabnya ~
CERITA TERKAIT
TENTANG SYFA & GANJAR
Kami adalah pasangan suami istri yang sangat menyukai travelling dan kuliner. Di blog ini kami akan berbagi cerita mengenai perjalanan kami ketika mengunjungi berbagai tempat wisata serta mencicipi kelezatan dari berbagai jenis kuliner.

Selengkapnya tentang Syfa & Ganjar →
KOMENTAR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Syfa & Ganjar
English Version
cross