Syfa & Ganjar

Cara Mengetahui Nomor Gerbong & Tempat Duduk di Kereta

Ditulis oleh Ganjar

Saat memesan tiket kereta jarak jauh, biasanya kita harus memilih gerbong dan kursi yang akan kita tempati selama perjalanan. Namun karena satu dan lain hal, ada kalanya kita lupa dengan nomor gerbong serta kursi yang sudah dipilih tersebut.

Untungnya, terdapat beberapa cara mudah yang bisa kita lakukan untuk mengetahui nomor gerbong dan kursi yang sudah dipilih tersebut. Beberapa cara ini bisa dilakukan sebelum pergi ke stasiun atau saat sudah berada di stasiun.

1. Lihat di E-Tiket

e-ticket kereta

Cara pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan melihat e-tiket yang kita miliki. Setelah melakukan pemesan kereta, kita akan diberikan e-tiket yang dikirimkan melalui email. Silakan cek email yang berisi e-tiket tersebut.

Jika kita memesan tiket kereta melalui aplikasi seperti KAI Access, Traveloka, dan sejenisnya, maka e-tiket tersebut dapat kita lihat juga di aplikasinya. Sebagai contoh jika menggunakan aplikasi KAI Access kita bisa melihatnya di menu "Tiket Saya".

Di e-tiket tersebut akan tertera nomor gerbong dan nomor kursi yang sudah kita pilih. Sebagai contoh pada gambar di atas, Saya bersama istri sudah memilih gerbong executive nomor 5 dengan kursi nomor 4A dan 4B.

2. Cek di Boarding Pass

boarding pass kereta

Jika kita sudah mencetak boarding pass maka kita juga bisa melihat nomor gerbong dan nomor tempat duduk kita di boarding pass tersebut. Informasi tersebut tertera pada boarding pass yang dicetak di mesin atau yang dibuat lewat aplikasi (e-boarding pass).

Format yang digunakan pada boarding pass ini sama dengan format pada e-tiket, yaitu menyebut jenis dan nomor gerbongnya terlebih dahulu sebelum menyebut nomor tempat duduknya. Namun, penyebutan jenis gerbongnya biasanya disingkat.

Sebagai contoh pada gambar boarding pass di atas, istri saya berada di gerbong executive nomor 5 yang disingkat sebagai "EKS-5". Kemudian setelahnya barulah disebutkan nomor tempat duduknya yaitu 4A.

3. Mencari Gerbong Kereta dari Luar

nomor gerbong kereta
Nomor gerbong di samping pintu masuk
gerbong kereta
Nomor gerbong di display LED

Jika kereta yang akan kita naiki sudah tiba, maka hal selanjutnya yang harus kita lakukan adalah mencari gerbong yang akan kita tempati. Silakan menuju ke jalur peron tempat kereta kita berhenti terlebih dahulu sesuai dengan informasi yang diberikan oleh petugas stasiun.

Setelah sampai di samping keretanya, silakan lihat nomor yang tertera di samping pintu setiap gerbongnya. Setiap gerbong memiliki dua pintu dan di samping setiap pintunya ada nomor gerbong beserta dengan kelas dari gerbong tersebut.

Di bawah nomor gerbong juga biasanya terdapat informasi nomor tempat duduk paling dekat dengan pintu tersebut. Jika kita membawa banyak barang, kita bisa memperhatikan nomor tempat duduk tersebut agar tidak perlu terlalu jauh ketika mencari tempat duduknya.

Selain di samping pintu setiap gerbong, informasi nomor gerbong juga terdapat di display LED yang ada di tengah gerbong. Namun informasi ini hanya terdapat pada kereta atau gerbong tertentu yang memiliki display LED saja.

4. Mencari Gerbong Kereta dari Dalam

nomor gerbong kereta
Nomor dan jenis gerbong

Jika kereta yang akan kita naiki sudah mau berangkat dan kita tidak sempat untuk mencari gerbongnya, maka saya sarankan untuk langsung masuk saja ke gerbong manapun. Hal ini harus dilakukan agar kita tidak sampai ketinggalan kereta.

Setelah masuk, barulah kita bisa menyusuri setiap gerbongnya satu persatu sampai menemukan gerbong yang sesuai dengan boarding pass kita. Hal tersebut bisa kita lakukan karena semua gerbong di dalam kereta terhubung antara satu dengan yang lainnya.

Nah di dalam setiap gerbong kereta tersebut terdapat informasi jenis gerbong dan nomornya. Informasi jenis gerbongnya terdapat di atas pintu masuk dari bordes dan informasi nomor gerbongnya terdapat di samping pintu tersebut.

5. Mencari Nomor Tempat Duduk

nomor tempat duduk kereta
Nomor tempat duduk

Setelah menemukan gerbong yang akan kita tempati, selanjutnya kita tinggal mencari tempat duduk kita di dalam gerbong tersebut. Nomor setiap tempat duduknya terdapat di atas jendela atau tepat di bawah kompartemen penyimpanan barang.

Di setiap nomor tempat duduk tersebut juga terdapat keterangan letak kursinya. Jika keterangannya adalah "jendela/window", maka kursinya berada di samping jendela. Sedangkan jika keterangannya adalah "gang/aisle", maka kursinya berada di samping gang atau lorong gerbong.

Silakan tempati kursi yang sesuai dengan keterangan tersebut. jangan sekali-kali menempati tempat duduk yang tidak sesuai dengan boarding pass kita karena kita akan mendapatkan teguran dari kondektur yang bertugas.

Nah itu dia langkah-langkah mudah untuk mengetahui nomor gerbong dan tempat duduk yang akan kita tempati di dalam kereta. Jika kamu masih mengalami kesulitan saat mencarinya, jangan ragu untuk meminta bantuan ke petugas yang ada di kereta tersebut.

Kategori:
Jika kamu ingin bertanya mengenai tempat yang pernah kami kunjungi, silakan tanyakan kepada kami di kolom komentar atau di Instagram @syfaganjarstory. Kami akan dengan senang hati menjawabnya ~
CERITA TERKAIT
TENTANG SYFA & GANJAR
Kami adalah pasangan suami istri yang sangat menyukai travelling dan kuliner. Di blog ini kami akan berbagi cerita mengenai perjalanan kami ketika mengunjungi berbagai tempat wisata serta mencicipi kelezatan dari berbagai jenis kuliner.

Selengkapnya tentang Syfa & Ganjar →
KOMENTAR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Syfa & Ganjar
cross