Syfa & Ganjar

Cara Meminta Late Check Out Saat Menginap di Hotel

Ditulis oleh Ganjar

Selain bisa check in lebih awal dengan menggunakan fasilitas early check in, kita juga bisa menunda waktu check out dari hotel dengan fasilitas late check out. Dengan fasilitas tersebut, kita bisa check out beberapa jam lebih lama dari waktu check out biasanya.

Fasilitas late check out ini tentunya lebih hemat dibandingkan dengan melakukan extend atau perpanjangan waktu menginap di hotel. Jika kita meminta extend, otomatis kita harus membayar lagi biaya menginap penuh selama semalaman.

Fasilitas late check out ini tentunya tidak berlaku untuk semua tamu hotel karena ada beberapa syarat dan langkah yang harus dipenuhi. Oleh karena itu, di artikel ini saya akan membahas langkah-langkah apa saja yang harus kamu lakukan jika ingin mendapatkan fasilitas late check out ini.

1. Hubungi Resepsionis

telepon hotel 3

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah menghubungi resepsionis hotel, entah itu lewat telepon ataupun datang langsung ke meja resepsionis. Sampaikan kepada staff resepsionis tersebut bahwa kita ingin melakukan late check out.

Sebenarnya akan lebih baik lagi jika kita menyampaikan permintaan late check out ini ketika sedang melakukan check in. Dengan begitu, pihak hotel bisa mengatur dan menyiapkan dengan baik permintaan tersebut.

Namun karena satu dan lain hal, mungkin kita juga baru membutuhkan late check out itu beberapa jam sebelum waktu check out. Maka dari itu tidak masalah jika kita baru memintanya sebelum check out karena pihak hotel juga pasti sering menerima permintaan serupa dari tamu lain.

2. Menunggu Jawaban dari Resepsionis

resepsionis hotel

Setelah kita menyampaikan permintaan untuk late check out, staff resepsionis biasanya akan meminta kita untuk menunggu sebentar. Tujuannya adalah untuk melakukan pengecekan terlebih dahulu mengenai ketersediaan kamar dan lainnya.

Setelah proses pengecekan selesai, staff resepsionis akan langsung memberikan jawaban untuk permintaan kita. Biasanya ada 4 kemungkinan jawaban yang akan diberikan, yaitu:

  • Menyetujui late check out sesuai durasi yang kita minta

Kemungkinan pertama dan yang paling kita harapkan tentu saja pihak hotel mengabulkan permintaan late check out sesuai durasi yang kita inginkan. Biasanya kondisi ini terjadi di saat okupansi hotel tidak terlalu tinggi sehingga masih banyak kamar yang tersedia.

  • Menyetujui late check out sesuai durasi yang ditentukan hotel

Kemungkinan selanjutnya adalah pihak hotel menyetujui permintaan late check out yang kita minta, namun mereka yang menentukan durasinya. Kebanyakan hotel memang memiliki kebijakan late check out hanya 1 atau 2 jam saja setelah waktu check out standar.

  • Menyetujui late check out dengan biaya tambahan
late check out rules
Salah satu peraturan late check out berbayar di hotel

Tidak semua hotel memberikan fasilitas late check out secara gratis. Ya, beberapa hotel akan mengenakan biaya tambahan jika kita ingin melakukan late check out. Kondisi ini biasanya terjadi saat high season atau jika kita meminta late check out lebih dari 2 jam.

  • Menolak permintaan late check out

Kemungkinan terakhir yang juga sering terjadi adalah ditolaknya permintaan late check out kita. Penolakan ini biasanya cukup lumrah terjadi saat tidak adanya kamar hotel yang tersedia terutama ketika kita menginap di musim liburan.

3. Lakukan Pembayaran (Opsional)

Jika permintaan late check out kita disetujui oleh pihak hotel, maka kita bisa langsung saja melanjutkan istirahat kita di kamar yang kita tempati. Jika waktu check out telah tiba, kita bisa langsung menuju ke resepsionis dan melakukan proses check out seperti biasanya.

Jika kita mengambil opsi late check out yang berbayar, maka kita bisa melakukan pembayarannya pada saat proses check out ini.

Tips: Mengikuti Program Membership Hotel

Accor reward
Benefit member Accor

Beberapa hotel memiliki program membership yang bisa kita ikuti. Program membership tersebut biasanya menawarkan banyak benefit untuk para membernya, salah satunya adalah fasilitas late check out setiap kali kita menginap di hotel tersebut.

Sebagai contoh, berbagai hotel yang ada di jaringan Accor akan memberikan fasilitas late check out gratis untuk member di level Silver ke atas. Maka dari itu, tidak ada salahnya bagi kita untuk menjadi member hotel tersebut untuk mendapatkan berbagai reward dan benefit yang menarik.

Jika kamu ingin bertanya mengenai tempat yang pernah kami kunjungi, silakan tanyakan kepada kami di kolom komentar atau di Instagram @syfaganjarstory. Kami akan dengan senang hati menjawabnya ~
CERITA TERKAIT
TENTANG SYFA & GANJAR
Kami adalah pasangan suami istri yang sangat menyukai travelling dan kuliner. Di blog ini kami akan berbagi cerita mengenai perjalanan kami ketika mengunjungi berbagai tempat wisata serta mencicipi kelezatan dari berbagai jenis kuliner.

Selengkapnya tentang Syfa & Ganjar →
KOMENTAR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Syfa & Ganjar
English Version
cross