Syfa & Ganjar

Cara Memeriksa Kamera Tersembunyi di Kamar Hotel

Ditulis oleh Ganjar

Selain masalah keamanan seperti pintu yang dibobol dan masalah kebersihan seperti munculnya kutu busuk, masalah privasi seperti adanya kamera tersembunyi juga menjadi hal yang harus diperhatikan saat kita menginap di sebuah hotel.

Terkadang ada oknum tertentu yang berniat jahat dengan meletakkan spycam atau kamera tersembunyi di kamar kita. Tujuannya agar mereka bisa merekam aktivitas kita lalu memanfaatkannya untuk hal-hal yang dapat merugikan kita.

Oleh karena itu, kita harus selalu memeriksa kamar hotel yang akan kita tempati agar bebas dari kamera tersembunyi tersebut. Nah, berikut adalah langkah-langkah mudah untuk memeriksa keberadaan kamera tersembunyi di kamar kita.

1. Mematikan Lampu dan Menutup Jendela

smoke detector
Smoke detector
kolong wastafel
Kolong wastafel

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah mematikan lampu dan menutup jendela agar kondisi kamar kita menjadi gelap. Hal ini akan memudahkan kita dalam mencari kamera tersembunyi karena lensa kamera biasanya akan terlihat berwarna merah saat kondisi gelap.

Silakan periksa tempat-tempat yang bisanya sering digunakan untuk meletakkan kamera tersembunyi. Beberapa tempat tersebut di antaranya adalah:

  • Detektor asam
  • Kolong meja
  • Colokan listrik
  • Gantungan baju
  • Ventilasi
  • Kepala shower
  • Kolong wastafel

Selain tempat-tempat di atas, silakan periksa juga tempat lainnya yang membuat kita curiga. Kamera tersembunyi ini tidak akan diletakkan secara terbuka sehingga kita harus benar-benar teliti ketika memeriksa setiap sudut kamar kita.

lensa kamera
Lensa kamera memiliki pantulan berwarna merah

Periksalah setiap lubang yang ada di furnitur dan peralatan yang ada di dalam kamar hotel. Jika kita melihat cahaya atau pantulan berwarna merah, kita harus memeriksa lebih lanjut tempat tersebut karena ada kemungkinan bahwa itu adalah kamera tersembunyi.

2. Gunakan Alat Detektor Khusus

detektor spycam

Mata manusia terkadang mengalami kesulitan saat mencari di tempat yang gelap, termasuk ketika mencari kamera tersembunyi. Untungnya saat ini sudah tersedia alat khusus yang akan membantu kita saat mencari kamera tersembunyi tersebut.

Alat detektor kamera tersembunyi sekarang sudah banyak dijual di marketplace. Harga dan fungsinya juga cukup beragam. Namun fungsi yang paling umum adalah sebagai filter bagi mata kita agar bisa lebih mudah melihat lensa dari kamera tersembunyi.

Salah satu contohnya adalah Baseus Hidden Spy Camera Detector. Perangkat ini dapat dengan mudah mendeteksi cahaya ataupun lensa yang terdapat pada kamera tersembunyi. Bentuknya juga cukup ringkas sehingga mudah untuk dibawa saat travelling.

Cara menggunakannya juga sangat mudah karena kita hanya perlu meletakkan perangkat tersebut di depan mata kita. Selanjutnya kita hanya tinggal berkeliling kamar dan memeriksa tempat-tempat yang mencurigakan.

Jika kamu tertarik untuk membeli alat ini, kamu bisa membelinya di shopee melalui link berikut ini:

baseus heyo camera detector
Baseus Heyo Camera Detector
Cek harga:

3. Menggunakan Aplikasi Hidden Camera Detector

hidden-camera-detector
Aplikasi Hidden Camera Detector

Jika kita tidak sempat membeli alat detektor tersebut, maka kita juga bisa menggunakan aplikasi khusus di smartphone kita. Nama aplikasinya adalah Hidden Camera Detector. Aplikasi ini bisa diunduh melalui Google Play Store ataupun Apple App Store.

Aplikasi ini memiliki beberapa fitur yang akan membantu kita menemukan kamera tersembunyi. Yang pertama adalah fitur "Detect Wired Camera" yang akan mendeteksi keberadaan alat elektronik seperti kamera saat berada di dekatnya.

Yang kedua ada fitur "Detect Infrared Camera" yang akan membantu kita mencari keberadaan kamera infrared di kamar kita. Kita hanya tinggal mengarahkan kamera smartphone ke seluruh area ruangan untuk mencari keberadaan kamera infrared tersebut.

Terakhir, aplikasi ini memiliki fitur untuk mendeteksi keberadaan kamera wireless dan juga lensa kamera. Sayangnya, kedua fitur terakhir tersebut hanya tersedia pada versi pro sehingga kita harus membeli aplikasinya terlebih jika ingin mencoba fiturnya.

Nah itu dia 3 langkah mudah yang bisa kita lakukan untuk mengetahui keberadaan kamera tersembunyi di kamar hotel kita. Cara ini juga bisa kita gunakan saat sedang berada di toilet umum karena seringkali tempat tersebut juga menjadi sasaran kejahatan kamera tersembunyi.

Jika kita menemukan kamera tersebut, maka lebih baik baik kita segera melaporkannya ke pihak hotel dan meminta untuk dipindahkan ke kamar yang baru. Bahkan jika perlu, kita juga bisa melaporkannya langsung kepada pihak yang berwajib.

Jika kamu ingin bertanya mengenai tempat yang pernah kami kunjungi, silakan tanyakan kepada kami di kolom komentar atau di Instagram @syfaganjarstory. Kami akan dengan senang hati menjawabnya ~
CERITA TERKAIT
TENTANG SYFA & GANJAR
Kami adalah pasangan suami istri yang sangat menyukai travelling dan kuliner. Di blog ini kami akan berbagi cerita mengenai perjalanan kami ketika mengunjungi berbagai tempat wisata serta mencicipi kelezatan dari berbagai jenis kuliner.

Selengkapnya tentang Syfa & Ganjar →
KOMENTAR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Syfa & Ganjar
English Version
cross