Syfa & Ganjar

Cara Mengamankan Pintu Hotel dengan Hanger & Handuk

Ditulis oleh Ganjar

Pintu kamar hotel saat ini kebanyakan sudah dilengkapi dengan sistem keamanan yang cukup baik. Sistem keamanan tersebut mencakup pengait grendel (door guard/door latch), hingga kunci berbentuk kartu RFID.

Sayangnya, meskipun kita sudah mengunci pintu dengan baik, tetap saja ada celah yang bisa dimanfaatkan oleh orang yang ingin berbuat jahat. Terdapat beberapa trik yang mereka lakukan agar bisa membuka pintu yang sudah terkunci rapat tersebut.

Oleh karena itu, di artikel ini saya akan membagikan dua trik sederhana untuk meningkatkan keamanan di pintu hotel. Trik ini hanya menggunakan dua item yang terdapat di kamar hotel yaitu gantungan baju dan handuk.

1. Mengaitkan Hanger di Pengait Grendel

hanger di pintu hotel

Pengait grendel merupakan sebuah alat pengunci tambahan yang akan menahan pintu agar tidak terbuka seluruhnya. Namun beberapa penjahat ternyata memiliki cara untuk mencongkel pengait grendel ini agar pintu bisa terbuka seluruhnya.

Untuk menghindari terjadinya hal tersebut, kita bisa menggunakan hanger atau gantungan baju yang ada di dalam kamar hotel. Hanger ini akan kita gunakan untuk menahan pengait agar tidak bisa dicongkel secara paksa dari luar.

Caranya, silakan siapkan satu atau dua hanger yang ada di kamar hotel. Setelah itu, kaitkan salah satu ujung hanger tersebut ke pengait grendel sampai pengaitnya susah untuk dibuka. Kemudian, kaitkan ujung yang satunya lagi ke gagang pintu.

Jika jarak gagang pintu dengan pengait grendelnya agak jauh, maka kita bisa menggunakan dua hanger sekaligus. Pastikan ujung hanger di pengait grendel dan gagang pintu saling mengikat satu sama lain sehingga gagang pintunya juga sulit untuk ditarik ke bawah.

2. Menahan Gagang Pintu dengan Handuk

YouTube video

Pintu kamar hotel yang sudah menggunakan kunci kartu RFID biasanya hanya bisa dibuka dari dalam jika sudah terkunci. Namun penjahat ternyata punya alat khusus yang bisa membuka pintu tersebut dari gagang pintu yang ada di dalam seperti yang ada pada video di atas.

Jika kita sudah menggunakan trik hanger di atas, sebenarnya gagang pintu sudah cukup aman dan sulit untuk dibuka. Namun agar kita semakin yakin dengan keamanannya, maka kita juga bisa menggunakan handuk untuk menahan gagang pintu tersebut.

Caranya, silakan lipat handuk lalu selipkan ke celah antara gagang pintu dan pintunya. Pastikan untuk melipat handuk tersebut sesuai dengan ukuran celahnya agar handuk tersebut tidak terjatuh dan bisa menahan gagang pintu dengan baik.

handuk di pintu hotel

Saya menyarankan untuk tidak menggunakan handuk mandi, tetapi menggunakan handuk kecil atau keset yang berbentuk handuk saja. Selain ukurannya terlalu besar, handuk mandi juga bisa menjadi kotor jika digunakan untuk menahan gagang pintu.

Nah itulah dua cara mudah yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan keamanan di kamar hotel. Selain untuk hotel, trik ini juga bisa kita inplementasikan di apartemen, hostel, atau jenis penginapan lainnya yang memiliki resiko kejahatan yang tinggi.

Kategori:
Tag:
Jika kamu ingin bertanya mengenai tempat yang pernah kami kunjungi, silakan tanyakan kepada kami di kolom komentar atau di Instagram @syfaganjarstory. Kami akan dengan senang hati menjawabnya ~
CERITA TERKAIT
TENTANG SYFA & GANJAR
Kami adalah pasangan suami istri yang sangat menyukai travelling dan kuliner. Di blog ini kami akan berbagi cerita mengenai perjalanan kami ketika mengunjungi berbagai tempat wisata serta mencicipi kelezatan dari berbagai jenis kuliner.

Selengkapnya tentang Syfa & Ganjar →
KOMENTAR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Syfa & Ganjar
English Version
cross