Syfa & Ganjar

Cara Memeriksa Keberadaan Kutu Busuk di Kamar Hotel

Ditulis oleh Ganjar

Kutu busuk, kutu kasur, tumbila, atau bangsat seringkali menjadi mimpi buruk bagi para traveler. Selain mengganggu kenyamanan saat beristirahat, kemunculan binatang tersebut juga bisa menjadi tanda jika kebersihan di kamar hotel tersebut kurang terjaga.

Oleh karena itu, wajib hukumnya bagi kita untuk selalu memeriksa kamar hotel dari kehadiran kutu busuk tersebut. Pastikan kita memeriksanya terlebih dahulu sebelum menggunakannya agar kita bisa komplain atau minta pergantian kamar dengan yang lebih baik.

Nah berikut adalah langkah-langkah yang bisa kita lakukan untuk mengetahui apakah ada kutu busuk atau tidak di kamar hotel yang kita tempati.

1. Buka Seprai

seprai kasur

Kutu busuk tidak suka dengan cahaya sehingga mereka selalu bersembunyi di balik seprai jika tidak sedang beraksi. Oleh karena itu, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah membuka seprai yang menutupi kasur dan juga membuka sarung bantalnya.

Setelah seprainya dibuka, biasanya kita akan melihat satu atau dua kutu busuk yang "panik" karena terpapar cahaya secara tiba-tiba. Namun jika kita tidak melihatnya, maka kita bisa lanjutkan ke langkah pemeriksaan selanjutya.

2. Cek Sudut Kasur & Bantal

lipatan kasur
Lipatan kasur
kutu busuk
Bercak dari kutu busuk

Sudut kasur dan bantal merupakan tempat yang paling disukai oleh kutu busuk. Pasalnya di tempat tersebut biasanya banyak lipatan yang bisa dijadikan tempat berlindung oleh binatang tersebut. Bahkan tidak jarang mereka juga bertelur di lipatan tersebut.

Silakan periksa dengan baik setiap lipatan yang ada di sudut kasur dan bantal. Perhatikan juga keberadaan bercak hitam di bawah lipatan karena bisa menjadi pertanda bahwa kutu busuk pernah tinggal di area tersebut.

3. Cek Kolong Meja dan Ranjang

kolong meja

Meskipun kasur merupakan tempat favorit bagi kutu busuk, namun mereka juga terkadang menetap di furnitur di sekitar kasur, terutama yang terbuat dari kayu. Furnitur kayu biasanya memiliki rongga-rongga kecil yang sering dijadikan tempat bersembunyi kutu busuk.

Oleh karena itu, kita juga harus memeriksa berbagai furnitur yang berdekatan dengan kasur seperti ranjang dan meja. Silakan periksa bagian bawah dan sudutnya karena kutu busuk akan selalu mencari tempat yang tidak terkena cahaya.

Nah jika setelah melakukan berbagai langkah di atas kita tidak menemukan kutu busuk, maka dapat disimpulkan jika kamar tersebut dalam keadaan bersih. Kita bisa beristirahat dengan tenang tanpa perlu khawatir terganggu dengan kehadiran parasit tersebut.

Akan tetapi jika kita menemukan kutu busuk, maka kita wajib untuk langsung melaporkannya ke pihak hotel. Kita bisa meminta kepada pihak hotel agar dipindahkan ke kamar yang lebih bersih dan terbebas dari kutu busuk tersebut.

Jika kamu ingin bertanya mengenai tempat yang pernah kami kunjungi, silakan tanyakan kepada kami di kolom komentar atau di Instagram @syfaganjarstory. Kami akan dengan senang hati menjawabnya ~
CERITA TERKAIT
TENTANG SYFA & GANJAR
Kami adalah pasangan suami istri yang sangat menyukai travelling dan kuliner. Di blog ini kami akan berbagi cerita mengenai perjalanan kami ketika mengunjungi berbagai tempat wisata serta mencicipi kelezatan dari berbagai jenis kuliner.

Selengkapnya tentang Syfa & Ganjar →
KOMENTAR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Syfa & Ganjar
English Version
cross