Syfa & Ganjar

Cara Membuka dan Mengunci Pintu Kamar Hotel dengan Kartu

Ditulis oleh Ganjar

Saat ini sebagian besar hotel sudah menggunakan kartu akses RFID untuk membuka pintu kamarnya. Penggunaan kartu akses ini dianggap jauh lebih aman dibandingkan kunci biasa karena tidak bisa dengan mudah diduplikasi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Selain untuk membuka pintu kamar hotel, kartu ini juga biasanya digunakan untuk mengakses beberapa fasilitas lain di hotel seperti lift, tempat gym, kolam renang, dan lainnya. Makanya tidak heran jika kartu ini benar-benar memudahkan para tamu yang menginap di hotel.

Nah buat kamu yang baru pertama kali menginap di hotel mungkin akan sedikit kebingungan ketika menggunakan kartu akses ini. Maka dari itu, di artikel ini saya akan membagikan tutorial cara membuka dan mengunci pintu kamar hotel dengan menggunakan kartu tersebut.

Cara Membuka Pintu Kamar Hotel

Kartu akses untuk membuka pintu kamar biasanya diberikan ketika proses check-in. Nah, jika proses check-in sudah selesai, kita bisa langsung membawa kartu tersebut ke kamar yang sudah ditentukan. Selanjutnya, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Cari lokasi sensor kartu

pintu hotel
Lokasi sensor di pintu kamar hotel

Hal pertama yang harus kita lakukan adalah mencari lokasi sensor kartu atau card reader yang ada di dekat gagang pintu. Sensor kartunya ini biasanya berada di bawah gagang pintu. Namun di beberapa jenis pintu, ada juga yang sensornya terletak di atas atau di samping gagang pintu.

Beberapa sensor biasanya memiliki lampu kecil yang bercahaya untuk memudahkan kita menemukannya. Biasanya cahayanya berwarna merah atau biru. Namun ada juga sensor yang tidak memiliki penunjuk cahaya sama sekali.

2. Tempelkan kartu di sensor

kartu akses

Setelah mengetahui lokasi sensornya, silakan tempelkan kartu aksesnya di sensor tersebut. Cukup ditempelkan saja, tidak perlu ditekan, dimasukkan, atau bahkan digeser seperti kartu magnetik yang banyak dipakai pada zaman dahulu.

Tempelkan kartu tersebut selama beberapa detik sampai ada konfirmasi yang menandakan bahwa kuncinya sudah terbuka. Biasanya, akan ada lampu indikator yang menyala atau ada suara beep yang menandakan bahwa pintu sudah terbuka.

Jika kartu yang kita tempelkan tidak bisa terbaca oleh sensor, biasanya akan ada suara beep berkali-kali. Silakan hubungi kembali petugas hotel jika kartu akses kita tidak bisa terbaca.

3. Buka Pintu

Setelah lampu indikator menyala atau suara beep terdengar, silakan buka pintunya lalu masuk ke dalam kamar. Beberapa pintu hotel biasanya cukup berat untuk dibuka sehingga kita harus sedikit mengeluarkan tenaga untuk mendorongnya agar terbuka.

Setelah masuk, pastikan untuk menutup pintu dengan baik. Pintu biasanya akan mengunci secara otomatis setelah ditutup. Jadi, orang yang berada di luar tidak akan bisa masuk jika kita tidak membukanya dari dalam.

4. Letakkan kartu akses di sensor saklar

kartu listrik

Kebanyakan hotel biasanya mengharuskan kita untuk meletakkan kartu akses di sensor saklar yang ada di dekat pintu. Tujuannya adalah agar listrik di kamar hotel bisa menyala. Cukup letakkan kartu akses di sensor tersebut maka listrik akan langsung menyala.

Jika kamar hotel yang kita tempati tidak memiliki sensor saklar tersebut, maka biasanya listriknya sudah langsung menyala tanpa perlu kartu akses.

Cara Mengunci Pintu Kamar Hotel

Seperti yang sudah disinggung di atas, pintu kamar hotel yang menggunakan kartu akses akan langsung terkunci secara otomatis saat kita menutupnya. Orang yang berada di luar tidak akan bisa membukanya tanpa kartu akses sedangkan kita yang berada di dalam tetap bisa membukanya secara langsung.

Namun agar kamar kita semakin aman, terdapat beberapa langkah tambahan yang bisa kita lakukan agar memastikan pintu kamar kita tidak bisa dibuka dari luar, yaitu:

1. Aktifkan kunci dalam

kunci pintu
Putar kunci yang ada di gagang pintu

Meskipun sudah terkunci otomatis, namun di setiap pintu kamar hotel juga terdapat kunci putar di bagian dalam. Kunci ini letaknya berada di bawah gagang pintu. Kita hanya tinggal memutarnya saja untuk mengaktifkan kunci ini.

Jika kunci ini sudah aktif, maka secara otomatis pintu tidak akan bisa dibuka lagi dari luar meskipun ada orang yang memiliki kartu akses untuk pintu kamar kita.

2. Pasang pengait pintu

pengait pintu
Pengait besi

Di setiap pintu kamar hotel biasanya sudah disediakan sebuah pengait pintu yang berbentuk rantai atau berbentuk pengait besi. Untuk menggunakannya, kita hanya perlu mengaitkan ujung rantai atau menempelkan pengait besi ke pintu kamar.

Setelah dikaitkan, pintu kamar kita hanya akan bisa terbuka sedikit saja karena akan tertahan oleh pengait tersebut. Pengait ini sangat berguna agar tidak ada orang yang menerobos atau masuk ke dalam kamar kita secara paksa.

Agar lebih aman, kita juga bisa menggunakan gantungan baju dan handuk untuk mengganjal pengait besi dan gagang pintunya. Silakan baca artikel berikut ini untuk tutorial cara mengganjalnya:

3. Selalu gunakan lubang pengintip

lubang pengintip

Yang terakhir ini adalah tips yang sangat penting untuk menghindari orang yang ingin berbuat jahat. Setiap kali ada orang yang mengetuk pintu, pastikan kita selalu mengintipnya terlebih dahulu melalui lubang pengintip kecil yang ada di pintu.

Jangan pernah membuka pintu secara langsung sebelum kita mengetahui siapa yang mengetuk pintu tersebut. Jika kita tidak mengenalnya, lebih baik tanyakan terlebih dahulu sebelum dibuka atau laporkan ke petugas hotel.

Nah itu dia langkah-langkah cara membuka dan mengunci pintu kamar hotel dengan kartu akses. Jangan lupa untuk membawa kartu akses tersebut jika keluar dari kamar karena jika kita tidak membawanya, maka kita tidak akan bisa masuk ke kamar ketika pintu sudah tertutup lagi.

Oh iya, seperti yang sudah disinggung di atas, kartu akses juga biasanya digunakan untuk menggunakan lift di dalam hotel. Jika ingin mengetahui bagaimana cara menggunakannya di dalam lift, silakan simak tutorialnya di artikel berikut ini:

Kategori:
Tag:
Jika kamu ingin bertanya mengenai tempat yang pernah kami kunjungi, silakan tanyakan kepada kami di kolom komentar atau di Instagram @syfaganjarstory. Kami akan dengan senang hati menjawabnya ~
CERITA TERKAIT
TENTANG SYFA & GANJAR
Kami adalah pasangan suami istri yang sangat menyukai travelling dan kuliner. Di blog ini kami akan berbagi cerita mengenai perjalanan kami ketika mengunjungi berbagai tempat wisata serta mencicipi kelezatan dari berbagai jenis kuliner.

Selengkapnya tentang Syfa & Ganjar →
KOMENTAR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Syfa & Ganjar
English Version
cross