Syfa & Ganjar

5 Cara Membuat Koper Agar Lebih Mudah Dikenali

Ditulis oleh Ganjar

Saat sedang menunggu koper di area baggage claim, terkadang kita sering melihat koper yang mirip seperti koper kita. Karena kemiripan tersebut, seringkali kita harus memastikan terlebih dahulu koper tersebut sebelum mengambilnya dari conveyor belt.

Hal tersebut jelas cukup merepotkan terutama jika area tersebut dipenuhi oleh penumpang lain yang juga akan mengambil koper. Bahkan dalam beberapa kasus, seringkali ada penumpang yang salah mengambil koper karena kemiripan tersebut.

Nah, agar hal tersebut tidak terjadi kepada kita, maka kita harus membuat koper kita tampak lebih mencolok. Selain agar lebih mudah kita kenali, koper yang mencolok tersebut juga tidak akan diambil oleh penumpang lain karena mereka sudah tahu itu bukan koper mereka.

Di artikel ini saya akan membahas beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk membuat koper lebih mudah dikenali. Apa sajakah itu? Berikut ulasannya!

1. Memilih Koper dengan Warna Mencolok

warna koper

Jika kita masih dalam tahap memilih koper yang ingin dibeli, maka sebaiknya kita memilih koper dengan warna yang mencolok seperti merah, kuning, oranye, dan semacamnya. Koper dengan berbagai warna tersebut lebih mudah dikenali dari jarak jauh sekalipun.

Jangan memilih koper dengan warna yang gelap seperti hitam. Pasalnya koper tersebut lebih susah untuk dikenali dari jarak jauh. Selain itu, koper warna hitam juga banyak dimiliki oleh penumpang lain sehingga sulit untuk membedakannya saat berada di antara koper-koper yang lainnya.

2. Gunakan Cover/Sarung Koper

cover koper

Jika kita sudah terlanjur memiliki koper dengan warna yang gelap, maka kita bisa mengakalinya dengan menggunakan cover atau sarung koper. Saat ini sudah banyak tersedia sarung koper dengan berbagai varian warna, motif, dan juga material.

Selain dapat membuat koper tampak lebih menarik, sarung koper juga bisa melindungi koper dari goresan-goresan yang terjadi selama perjalanan. Seperti kita tahu, proses handling koper biasnya cukup ekstrim sehingga rawan terjadi goresan di bodinya.

Silakan pilih sarung koper dengan warna dan motif yang unik agar tidak sama seperti koper lain. Jika ingin menambah keamanan, kita juga bisa memilih sarung koper yang memiliki bahan yang tebal sehingga akan mengurangi benturan pada koper.

3. Gunakan Luggage Tag

luggage tag

Cara selanjutnya untuk membuat koper kita tampak berbeda adalah dengan memasang luggage tag. Luggage tag ini adalah sebuah penanda khusus yang bisa dipasang di koper, biasanya dengan cara digantungkan di handle atau resletingnya.

Saat ini kita bisa dengan mudah membeli Luggage Tag dengan aneka bentuk dan motif, mulai dari bendera negara hingga karakter superhero. Agar lebih personal lagi, kita juga bisa membuat luggage tag dengan desain custom nama kita sendiri.

Selain untuk mempercantik koper, luggage tag juga berfungsi untuk menyimpan informasi pribadi kita. Di belakang luggage tag biasanya terdapat kertas kosong yang bisa kita isi dengan informasi penting seperti nama, nomor handphone, dan alamat email.

Berbagai informasi tersebut akan sangat berguna saat koper kita hilang atau tertinggal di suatu tempat. Orang yang menemukan koper tersebut akan dengan mudah menghubungi kita jika melihat informasi pada luggage tag tersebut.

Luggage Tag
Luggage Tag atau Gantungan ID card Koper ID seri 2024
Cek harga:

4. Tempelkan Sticker dan Bordir

sticker koper

Cara lainnya agar koper kita tampak unik adalah dengan menempelkan sticker. Kita bisa menempelkan sticker di sekeliling bodi koper, baik itu di depan ataupun di samping. Dengan begitu, koper kita akan mudah dikenali jika dilihat dari sisi mana pun.

Pastikan untuk memilih sticker yang bisa menempel dengan kuat di koper agar tidak mudah terlepas. Selain itu, jangan menempelkan stickernya di area koper yang tidak rata karena akan mempengaruhi daya tempel dari sticker tersebut.

Jika koper kita menggunakan bahan kain, maka kita bisa mengganti sticker tersebut dengan bordiran. Bordiran ini bisa ditempel dengan menggunakan lem khusus atau dijahit agar bisa menempel secara permanen.

5. Ikatkan Strap Koper

strap koper

Cara terakhir yang bisa kita lakukan adalah dengan mengikatkan strap atau belt di koper kita. Strap ini sebenarnya memiliki fungsi utama untuk mengikat koper agar lebih aman, terutama jika resletingnya rusak dan terbuka di tengah perjalanan.

Akan tetapi jika kita memilih strap dengan warna atau motif yang unik, strap tersebut juga bisa membuat koper kita tampak lebih mentereng dibanding koper lainnya. Oleh karena itu, pilihlah strap yang memiliki warna yang terang dan mencolok.

Jika ingin lebih aman, kita juga bisa membeli strap yang sudah dilengkapi dengan kunci TSA. Dengan begitu, strap tersebut hanya bisa dibuka oleh orang yang mengetahui kodenya atau oleh petugas yang memiliki kunci TSA.

AC Customs Lock Luggage Cross Straps
Cek harga:

Nah, itu dia 5 cara mudah yang bisa kita lakukan untuk membuat koper kita tampak unik dan mudah untuk dikenali. Kalau teman-teman punya cara lainnya yang belum disebutkan di sini, silakan bagikan dengan kami di kolom komentar ya!

Kategori:
Tag:
Jika kamu ingin bertanya mengenai tempat yang pernah kami kunjungi, silakan tanyakan kepada kami di kolom komentar atau di Instagram @syfaganjarstory. Kami akan dengan senang hati menjawabnya ~
CERITA TERKAIT
TENTANG SYFA & GANJAR
Kami adalah pasangan suami istri yang sangat menyukai travelling dan kuliner. Di blog ini kami akan berbagi cerita mengenai perjalanan kami ketika mengunjungi berbagai tempat wisata serta mencicipi kelezatan dari berbagai jenis kuliner.

Selengkapnya tentang Syfa & Ganjar →
KOMENTAR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Syfa & Ganjar
English Version
cross