Syfa & Ganjar

Cara Menggunakan Shower Panas & Dingin di Kamar Mandi Hotel

Ditulis oleh Ganjar

Kamar mandi hotel biasanya sudah dilengkapi dengan shower yang bisa diatur untuk mengeluarkan air panas ataupun dingin. Buat yang baru pertama kali ke hotel, mungkin akan ada sedikit kebingungan mengenai cara menggunakannya.

Hal tersebut tentu sangatlah wajar karena semua orang pasti belum terbiasa dengan sesuatu yang baru. Makanya, di artikel ini saya akan membagikan tutorial cara menggunakan shower air panas dan dingin yang benar agar kita bisa menikmati pengalaman menginap di hotel dengan maksimal.

1. Kenali Jenis Shower

Sebelum menggunakan shower di hotel, kita harus mengenali terlebih dahulu jenis shower yang digunakan. Soalnya, jenis shower yang digunakan di hotel itu ada bermacam-macam, terutama untuk bagian kontrolnya.

Bagian kontrol shower ini ada bermacam-macam, mulai dari yang hanya satu gagang saja sampai yang memiliki banyak tombol. Biasanya semakin tinggi kelas hotelnya, maka semakin canggih juga fitur-fitur di showernya. Nah, berikut adalah beberapa jenis kontrol yang biasanya terdapat pada shower:

  • Pengatur Suhu dan Volume Air

Ini adalah kontrol utama dan yang paling umum ditemukan pada sebuah shower, yaitu sebuah gagang atau knob pengatur air. Gagang atau knob ini berfungsi untuk mengatur suhu dan juga mengatur seberapa deras air yang keluar dari pancuran showernya.

  • Tombol Kran Air
tombol kran air_

Ada beberapa jenis shower yang memiliki dua pilihan arah air. Arah yang pertama adalah menuju ke shower atas sedangkan arah yang kedua menuju kran air yang ada di bawah. Biasanya hotel tipe syariah yang memiliki shower semacam ini karena kran di bawahnya bisa dipakai untuk berwudhu.

Nah di bagian kontrolnya terdapat sebuah knob dan tambahan tombol untuk mengatur arah air tersebut. Biasanya kita harus menekan tombolnya agar airnya keluar dari shower atas dan menarik tombolnya agar airnya keluar dari kran di bawahnya.

  • Tombol Pengatur Mode Pancuran

Jika kita menginap di hotel yang kelasnya lebih tinggi, biasanya ada kontrol tambahan di bagian showernya yaitu tombol untuk mengatur mode pancuran airnya. Ya, kita bisa memilih seperti apa pancuran air yang keluar dari kepala shower apakah ingin deras, rintik-rintik, dan semacamnya.

Di hotel yang kelasnya lebih rendah juga biasanya ada fitur semacam ini. Akan tetapi kontrolnya berada di kepala showernya. Kita hanya tinggal memutar-mutar kepala showernya untuk mendapatkan jenis pancuran air yang diinginkan.

2. Atur Suhu Air

gagang shower
Kontrol berbentuk gagang
knob shower
Kontrol berbentuk knob di kanan dan kiri

Setelah kita mengenali jenis shower beserta tombol-tombol kontrolnya, sekarang kita bisa mulai mengatur suhu airnya. Jika pengatur susu airnya berbentuk gagang, kita hanya tinggal menggeser gagang ke sebelah kanan atau kiri sesuai petunjuk jenis airnya.

Biasanya, air dingin diberi tanda berwarna biru dan ada di sebelah kanan. Sedangkan untuk air panas diberi tanda berwarna merah dan ada di sebelah kiri. Untuk posisi di tengah-tengah biasanya akan menghasilkan air hangat.

Silakan geserkan gagang ini perlahan-lahan hingga mencapai suhu yang diinginkan. Jika tidak yakin, mulailah dengan suhu air yang lebih dingin lalu perlahan-lahan tingkatkan suhu hingga nyaman.

Sedangkan jika pengatur suhunya berbentuk knob putar yang ada di sebelah kanan dan kiri, kita hanya tinggal mengatur bukaan dari keduanya. Jika ingin panas, maka buka knob panas lebih besar dari knob dingin. Begitu pula sebaliknya.

3. Atur Aliran Air

air shower

Setelah mendapatkan suhu air yang diinginkan, selanjutnya kita bisa mengatur seberapa deras aliran air yang diinginkan. Silakan dorong gagangnya ke atas dan ke bawah atau putar knob untuk mengatur aliran airnya. Biasanya, semakin tinggi kita mendorong gagang atau memutar knob, semakin deras aliran air yang keluar.

4. Sesuaikan Mode Pancuran Air

kepala shower
Kepala shower dengan pengatur mode pancuran

Jika shower di hotel kita memiliki tombol tambahan untuk mengubah mode pancuran air, kita dapat menggunakannya untuk memilih mode yang diinginkan. Jika pengaturannya menggunakan tombol putar, silakan putarkan sampai pada mode yang diinginkan.

Sedangkan apabila pengaturannya terdapat di kepala shower, maka kita harus memutarkan kepalanya sampai mendapatkan mode yang diinginkan. Jika sudah terpilih, maka kita bisa langsung menggunakannya untuk mandi.

5. Matikan Shower

Setelah selesai menggunakan shower, pastikan untuk mematikannya dengan benar. Tekan gagang atau putar knob hingga kembali posisi awal untuk menghentikan aliran air. Pastikan untuk menutupnya dengan benar sampai tidak ada air yang menetes lagi.

Nah itu dia langkah-langkah cara menggunakan shower panas dan dingin di hotel. Pada awalnya mungkin awalnya terasa asing, namun dengan memahami langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, kita akan dapat menikmati pengalaman mandi yang nyaman dimana pun kita menginap.

Selalu pastikan untuk membaca petunjuk yang disediakan oleh hotel jika ada, karena beberapa jenis shower mungkin memiliki fitur khusus atau cara pengoperasian yang berbeda. Jangan ragu untuk meminta bantuan staf hotel jika mengalami kendala seperti airnya tidak panas.

Saat menggunakan shower, pastikan juga untuk tidak membuang-buang air. Jangan biarkan air mengalir terus-menerus saat kita tidak membutuhkannya, seperti saat mencuci rambut atau menyabuni tubuh. Selain itu, jangan mengatur suhu air terlalu panas untuk menghindari luka bakar dan iritasi kulit.

Kategori:
Tag:
Jika kamu ingin bertanya mengenai tempat yang pernah kami kunjungi, silakan tanyakan kepada kami di kolom komentar atau di Instagram @syfaganjarstory. Kami akan dengan senang hati menjawabnya ~
CERITA TERKAIT
TENTANG SYFA & GANJAR
Kami adalah pasangan suami istri yang sangat menyukai travelling dan kuliner. Di blog ini kami akan berbagi cerita mengenai perjalanan kami ketika mengunjungi berbagai tempat wisata serta mencicipi kelezatan dari berbagai jenis kuliner.

Selengkapnya tentang Syfa & Ganjar →
KOMENTAR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Syfa & Ganjar
English Version
cross