Syfa & Ganjar

Cara Menukarkan Uang Kertas Menjadi Uang Koin di Jepang

Ditulis oleh Ganjar

Saat kita berjalan-jalan di Jepang, rasanya sangat wajib sekali untuk memiliki uang koin di dalam dompet. Pasalnya, banyak mesin di Jepang yang hanya menerima pembayaran dalam bentuk koin, seperti mesin game arcade, gachapon, laundromat, dan masih banyak lagi.

Pernah suatu kali kami ingin menggunakan kursi pijat di Narita Airport yang hanya menerima koin namun kami hanya memiliki uang kertas. Akhirnya, kami harus menukarkan uang kertas tersebut terlebih dahulu menjadi uang koin.

Untungnya, di Jepang kita tidak perlu jajan terlebih dahulu jika ingin "merecehkan" uang kita. Pasalnya, banyak tersedia mesin khusus yang bisa digunakan untuk memecahkan uang kertas kita menjadi pecahan koin yang lebih kecil.

Nah, di artikel ini saya akan mengulas langkah-langkah menukarkan uang kertas menjadi uang koin di mesin tersebut. Namun sebelumnya, saya akan memberitahu terlebih dahulu di mana saja biasanya mesin tersebut berada.

Lokasi Mesin Penukar Uang

mesin penukar uang

Mesin penukaran uang biasanya berada di dekat dengan vending machine atau apapun yang membutuhkan uang koin untuk pembayarannya. Mesin penukaran ini memang sengaja disediakan oleh perusahaan penyedia vending machine tersebut.

Hal tersebut dilakukan karena orang Jepang akan menganggap kita kurang sopan jika kita menukarkan uang di toko atau tempat makan. Banyak tempat yang akan menolak kita untuk menukarkan uang menjadi koin apalagi jika kita tidak membeli apapun di sana.

Makanya, mesin penukar uang tersebut disediakan untuk memudahkan kita dan sekaligus agar tidak mengganggu pemilik toko lain yang ada di sekitar tempat tersebut. Nah, inilah beberapa tempat di mana kita bisa menemukan mesin penukar uang tersebut:

  • Game Arcade

Kebanyakan mesin game arcade membutuhkan uang koin untuk memainkannya. Oleh karena itu, di hampir semua lokasi game arcade pasti kita akan menemukan mesin penukar uang juga.

  • Gachapon
penukar uang gacha
Mesin penukar uang di dekat gachapon

Gachapon merupakan vending machine khusus yang menjual berbagai macam souvenir unik seperti figure karakter anime, gantungan kunci, pin, dan lainnya. Nah, di dekat mesin gachapon ini juga biasanya terdapat mesin khusus untuk menukarkan uang.

  • Laundromat
machines to buy detergent and softener (only accept coins)

Laundromat adalah sebuah tempat laundry mandiri yang banyak tersedia di Jepang. Di tempat ini kita membutuhkan koin untuk mengoperasikan mesin cuci dan mesin pengering serta untuk membeli deterjen dan pengharum pakaian. Makanya, tidak aneh jika ada mesin penukar uang di sini.

  • Bus
coin exchanger bus

Hampir semua bus di Jepang menerima pembayaran dalam bentuk tunai dan non-tunai. Nah untuk pembayaran tunainya, kita harus memberikan uang pas karena sopir bus tidak akan memberikan uang kembalian jika kita memberikan uang lebih.

Oleh karena itu, di dekat sopir bus biasanya terdapat mesin penukar uang koin. Kita bisa menggunakan mesin itu jika tidak memiliki uang pas untuk membayar ongkos bus.

Selain di tempat-tempat tersebut, masih banyak tempat lainnya yang menyediakan mesin penukaran uang. Biasanya tempat tersebut membutuhkan uang koin sebagai alat pembayarannya sehingga harus menyediakan mesin ini agar memudahkan konsumen yang ingin membelinya.

Cara Menukarkan Uang

Jika sudah menemukan mesinnya, sekarang kita bisa langsung mencoba untuk menukarkan uang tersebut. Berikut langkah-langkahnya:

1. Periksa nominal yang diterima

Setiap mesin penukar uang memiliki ketentuan yang berbeda-beda mengenai nominal uang yang bisa ditukarkan. Sebagian besar hanya menerima uang kertas 1000 yen saja, namun ada juga mesin yang menerima uang koin 500 yen.

Oleh karena itu, sebelum memasukkan uang, pastikan kita mengetahui terlebih dahulu berapa nominal yang diterimanya. Jika kita memiliki uang di atas nominal tersebut, maka secara otomatis kita tidak bisa menggunakannya.

2. Masukkan uang

masukkan uang

Selanjutnya, silakan masukan uang kertas atau uang koin sesuai dengan nominal yang tertera di mesin tersebut. Pastikan uang yang kita masukkan masih dalam keadaan baik, tidak terlipat atau rusak agar bisa terbaca oleh mesin.

Dalam hitungan detik, mesin akan langsung memproses uang tersebut lalu mengeluarkan uang koin recehan di tempatnya. Tidak seperti ketika menggunakan vending machine, kita tidak bisa membatalkan proses ini ketika uang sudah masuk ke dalam mesin.

3. Ambil uang koinnya

ambil uang

Terakhir, silakan ambil uang koin yang keluar dari mesin tersebut. Pastikan untuk memeriksa bagian sudut-sudutnya agar tidak ada koin yang terlewat untuk diambil.

Nah itu dia langkah-langkah mudah cara menukarkan uang besar menjadi uang receh di mesin penukar uang. Semoga tutorial ini bermanfaat untuk kamu yang punya rencana untuk berkunjung ke Jepang dalam waktu dekat ini.

Oh iya, pastikan kita menukar uang di mesin penukar ini karena kita memang bertujuan untuk menggunakannya layanan yang tawarkannya. Sebagai contoh, jika kita menukarkan koin di laundromat, maka pastikan kita memang ingin menggunakan fasilitas laundromat tersebut.

Pasalnya jika kita hanya menukarkan uang saja tanpa menggunakan layanannya, maka hal tersebut akan dianggap kurang beretika. Jadi, pastikan kita selalu mengikuti norma-norma yang berlaku di sana ya.

Jika kamu ingin bertanya mengenai tempat yang pernah kami kunjungi, silakan tanyakan kepada kami di kolom komentar atau di Instagram @syfaganjarstory. Kami akan dengan senang hati menjawabnya ~
CERITA TERKAIT
TENTANG SYFA & GANJAR
Kami adalah pasangan suami istri yang sangat menyukai travelling dan kuliner. Di blog ini kami akan berbagi cerita mengenai perjalanan kami ketika mengunjungi berbagai tempat wisata serta mencicipi kelezatan dari berbagai jenis kuliner.

Selengkapnya tentang Syfa & Ganjar →
KOMENTAR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Syfa & Ganjar
English Version
cross