Syfa & Ganjar

Cara Mengetahui Tanggal Kadaluarsa Kartu EZ Link

Ditulis oleh Ganjar

Kartu EZ-Link yang kita beli untuk berbagai kebutuhan di Singapura memiliki masa pakai selama 5 tahun. Jika kita baru membelinya, tentu hal tersebut jarang kita pedulikan karena jangka pakainya masih lama.

Namun jika kita sudah memilikinya selama bertahun-tahun, terkadang kita tidak lagi ingat sampai kapan kartu tersebut masih bisa digunakan. Takutnya saat pergi ke Singapura lagi, ternyata kartu tersebut sudah kadaluarsa dan tidak bisa dipakai lagi.

Nah untuk menghindari hal tersebut, lebih baik kita cek terlebih dahulu tanggal kadaluarsa dari kartu tersebut. Dengan begitu kita bisa lanjut menggunakan kartu EZ-Link tersebut atau membeli kartu yang baru.

Ada 2 cara mudah yang bisa kita lakukan untuk mengetahuinya tanggal kadaluarsa dari kartu EZ-Link tersebut, baik saat masih di negara asal atau saat sudah berada di Singapura. Nah berikut adalah caranya:

1. Cek di Aplikasi SingCARD

Singcard-expiry

Jika kita masih berada di negara asal atau sudah di Singapura tapi jauh dari stasiun MRT, kita bisa mengetahui tanggal kadaluarsa EZ Link melalui aplikasi di smartphone. Terdapat beberapa aplikasi yang bisa kita gunakan, salah satunya adalah SingCARD.

Aplikasi SingCARD ini bisa digunakan pada smartphone yang sudah mendukung NFC. Aplikasinya sendiri bisa diunduh di Play Store melalui link ini. Setelah aplikasinya terpasang, kita hanya tinggal membukanya lalu tempelkan kartu EZ-Link di area NFC yang ada di smartphone kita.

Aplikasi SingCARD tersebut kemudian akan langsung menampilkan jumlah saldo yang tersisa di kartu EZ Link kita. Nah, di bawah info sisa saldo tersebut akan tertera tanggal kadaluarsa dari kartu kita beserta dengan nomor kartunya.

Setelah selesai mengecek tanggal kadaluarsanya, kita bisa langsung melepaskan kartu kita dari area NFC. Jika kita ingin melanjutkan melihat histori transaksi yang sudah dilakukan dengan kartu tersebut, kita juga bisa melihatnya di tab "Transactions".

2. Cek di Mesin Top Up

kadaluarsa-ez-link

Jika kita sudah berada di Singapura, maka kita juga bisa mengetahui tanggal kadaluarsa dari kartu EZ Link kita melalui mesin top up yang ada di setiap stasiun MRT. Karena kita hanya ingin mengecek tanggal kadaluarsa, maka kita bisa memilih mesin top up yang mana saja.

Setelah kita berada di depan mesin top-up, silakan letakkan kartu EZ Link di card reader yang ada di bawah layar. Selanjutnya layar mesin tersebut akan menampilkan berbagai informasi seperti sisa saldo dan juga tanggal kadaluarsa dari kartu EZ Link tersebut.

Setelah mengetahui tanggal kadaluarsanya, kita bisa langsung mengambil kembali kartu EZ Link-nya. namun apabila kita ingin melanjutkan transaksi lainnya seperti mengisi saldo atau melihat histori transaksi, maka silakan klik tombol yang menunjukkan transaksi tersebut.

Nah itu dia 2 cara yang bisa kita lakukan untuk mengetahui kapan kartu EZ-Link kita akan kadaluarsa. Dengan begitu kita bisa menentukan apakah perlu membeli kartu EZ-Link yang baru atau tidak saat liburan ke Singapura.

Kategori:
Tag:
Jika kamu ingin bertanya mengenai tempat yang pernah kami kunjungi, silakan tanyakan kepada kami di kolom komentar atau di Instagram @syfaganjarstory. Kami akan dengan senang hati menjawabnya ~
CERITA TERKAIT
TENTANG SYFA & GANJAR
Kami adalah pasangan suami istri yang sangat menyukai travelling dan kuliner. Di blog ini kami akan berbagi cerita mengenai perjalanan kami ketika mengunjungi berbagai tempat wisata serta mencicipi kelezatan dari berbagai jenis kuliner.

Selengkapnya tentang Syfa & Ganjar →
KOMENTAR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Syfa & Ganjar
English Version
cross