Syfa & Ganjar

Cara Melihat Riwayat Transaksi di Kartu EZ-Link

Ditulis oleh Syfa

Kartu EZ-Link adalah alat pembayaran elektronik yang populer di Singapura. Kartu ini umumnya digunakan untuk transportasi umum seperti MRT, bus, dan juga untuk transaksi di berbagai merchant yang kompatibel dengan EZ-Link.

Bagi teman-teman yang familiar dan sering menggunakan kartu EZ-Link untuk melakukan transaksi di Singapura pasti perlu tahu bagaimana cara cek history transaksi dengan mudah dan praktis.

Mengecek riwayat transaksi EZ-Link sangat penting untuk membantu kamu memantau pengeluaran dan melacak jika ada transaksi yang tidak dikenali.

Maka dari itu, di artikel ini saya akan membagikan informasi tentang cara mengecek riwayat kartu EZ-Link yang kita punya. Ada dua aplikasi yang bisa kita gunakan, yaitu SingCARD dan TL Simply Go. Simak langkah-langkahnya sampai akhir ya.

Untuk teman-teman yang ada rencana ke Singapura dan ketinggalan informasi tentang cara membeli kartu EZ-Link, bisa cek artikel di bawah ini:

Cara Mengecek Transaksi melalui Aplikasi SingCARD

Aplikasi pertama yang bisa kita gunakan adalah SingCARD. SingCARD ini bisa digunakan sebagai EZ-Link reader yang dikembangkan oleh Akaikingyo Apps.

Aplikasi ini menawarkan cara yang praktis untuk melihat riwayat transaksi dan saldo kartu EZ-Link dan NETS FlashPay. Aplikasi ini mengelompokkan transaksi berdasarkan tanggal, menggabungkan transaksi debit dan pengembalian dana untuk perjalanan bus/MRT, dan memberikan analisis sederhana dari transaksi-transaksi tersebut.

Nah, jika teman-teman memiliki handphone yang sudah didukung NFC (Near-field communication) dan tertarik menggunakan SingCARD, silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini ya:

1. Unduh dan Buka Aplikasi SingCARD

SIngCARD on playstore
SingCARD apps

Pertama-tama, silakan unduh dan pasang aplikasi SingCARD di Play Store melalu tautan ini. Jika sudah, langsung buka saja aplikasinya. SingCARD ini sangat mudah dan sederhana karena kita tidak perlu membuat akun atau login terlebih dahulu untuk menggunakan aplikasi tersebut.

2. Tempelkan Kartu EZ-Link pada Handphone

SingCARD apps

Setelah aplikasinya dibuka, ia akan meminta kita untuk memindai kartu EZ-Link di bagian belakang handphone. Ini yang saya maksud di paragraf pembuka bahwa handphone kita harus didukung dengan NFC agar ia bisa membaca kartu EZ-Link secara real-time.

Jika kartu berhasil dibaca, layar handphone akan menunjukkan berapa jumlah saldo yang tersisa, masa kedaluwarsa kartu, dan CAN ID (atau 16 digit nomor kartu). Sangat sederhana kan? Meskipun sederhana, tapi kartu ini sangat tepat sasaran dan user-friendly.

3. Klik di Bagian 'Transactions' dan Lihat History Transaksi

Transaction history and analysis from SingCARD apps

Terakhir, ini adalah cara untuk mengecek riwayat transaksi. Klik bagian 'Transactions' dan kita akan langsung melihat riwayat transaksi selama kita menggunakan EZ-Link untuk membayar transportasi publik, seperti bus dan MRT.

Riwayatnya tidak hanya mencakup fare/biaya perjalanan, tetapi juga jam berapa kita naik MRT/bus dan nomor bus atau kode line MRT yang kita naiki.

Tidak hanya itu, melalui SingCARD, kita juga bisa melihat analisis berupa pengeluaran harian dan bulanan. Selain itu, kita juga bisa melihat tipe transaksi apa yang paling sering digunakan. Dalam konteks saya, penggunaan transportasi publik (MRT) lah yang mendominasi keseluruhan transaksi EZ-Link.

Seperti yang saya sampaikan di atas, aplikasi SingCARD ini tidak hanya simple, tapi bisa memenuhi kebutuhan-kebutuhan penggunanya, seperti analisis budget. Dengan begitu, kita bisa melihat apa saja yang perlu dievaluasi dari pengeluaran harian dan bulanan (apalagi buat yang tinggalnya di Singapura).

Cara Mengecek Transaksi melalui Aplikasi TL Simply Go

Aplikasi selanjutnya yang bisa membantu kita melihat riwayat transaksi adalah TL Simply Go. Apps ini dikembangkan oleh Transit Link Pte Ltd, Singapura. TL Simply Go sangat modern dan canggih karena selain mengecek history transaction, kita juga bisa menikmati fitur unggulan lainnya.

Karena saya hanya akan fokus pada pengecekan history transaction, maka di bawah ini adalah informasi yang teman-teman butuhkan untuk topik terkait. Yuk simak sampai akhir!

1. Unduh dan Login melalui Aplikasi TL Simply Go

Sign Up and Login
Sign up/login

Pertama-tama, unduh dan pasang aplikasi TL Simply Go di handphone pribadi kita. Silakan unduh aplikasinya di Play Store untuk pengguna Android, dan di App Store untuk pengguna iOS. Setelah itu, teman-teman bisa sign up dengan email pribadi, nomor handphone, dan kata sandi. Lalu, login ke akunnya seperti biasa.

Kalau gak sign up gimana? Ya bisa-bisa saja sih continue as guest, tapi pengecekan riwayat transaksi hanya berlaku untuk akun-akun yang sudah terdaftar. Kalau hanya continue as guest, kita hanya bisa melakukan pengecekan kartu EZ-Link secara umum, seperti nomor ID (yang 16 digit itu) dan sisa saldo.

Jika kalian mau lebih banyak menikmati fitur-fitur yang Simply Go tawarkan, seperti riwayat transaksi, maka kalian harus sign up terlebih dahulu.

2. Registrasikan Kartu EZ-Link pada Akun Simply Go

register the ez link card
adding the EZ-Link card
Proses registrasi berhasil

Setelah membuat akun, tahap selanjutnya adalah meregistrasikan kartu EZ-Link di akun Simply Go yang sudah dibuat. Tahap registrasi ini perlu dilakukan karena riwayat transaksi apa yang mau dicari jika kartunya saja tidak diregistrasi? Maka tahap ini juga penting ya.

Cara yang paling mudah adalah dengan scanning atau memindai kartu EZ-Link nya di belakang handphone. Tentunya hal ini dapat berhasil jika handphone kita sudah didukung dengan fitur NFC ya, sama seperti SingCARD.

Klik "Scan Card for Details" yang ada di home untuk memulai. Setelah itu, siapkan kartu EZ-Link lalu mulai scan kartunya di belakang handphone dengan memilih tombol "Scan Your Card". Pastikan untuk memindai kartunya dengan posisi yang benar (secara vertikal) agar kartunya dapat terbaca.

Jika berhasil, kartu EZ-Link kita akan terbaca seperti pada gambar di atas. Di sana akan muncul 16 digit nomor kartu, sisa saldo, dan masa kedaluwarsa kartu. Setelah itu, langsung saja klik "Add Your Card". Di halaman selanjutnya, kita perlu mengisi deskripsi kartu. Ini bisa diisi apa aja sih terserah kalian, kalau saya mengisinya dengan "syfa ezlink".

Nomor CAN ID nya tidak perlu diisi karena ia sudah otomatis muncul karena kita sudah scan sebelumnya. Nah, jika sudah, cukup klik "Submit" lalu proses registrasi sudah selesai!

3. Klik Trip Details

Checking trip details

Setelah seluruh proses dilakukan, inilah saatnya kita mengecek riwayat transaksi pada kartu EZ-Link kita. Caranya, kembali ke home lalu klik "Trip Details" yang ada di menu bagian bawah. Di bagian rincian perjalanan, kita bisa memilih untuk melihat transaksi di bulan dan tanggal apa.

Pilihannya ada tiga hari sampai satu bulan yang lalu. Namun, jika kalian ingin melihat transaksinya lebih dari satu bulan lalu, bisa pilih "Custom". Sebagai contoh, saya mundur ke tanggal 16 - 20 Februari untuk melihat transaksi EZ-Link saya selama di Singapura.

4. Lihat Riwayat Transaksi

checking trip transactions
Riwayat transaksi

Setelah mengatur tanggal dan bulan, barulah kita bisa melihat riwayat transaksinya. Berhubung saya banyak menggunakan EZ-Link untuk membayar transportasi publik, maka yang muncul pun didominasi oleh fare MRT dan bus.

Seluruh riwayat transaksinya lengkap, ada tanggal, jam keberangkatan dan ketibaan, rute MRT dan nomor bus, biaya perjalanan, hingga biaya yang dihabiskan secara keseluruhan.

Kesimpulan

Jika dilihat dari segi efisiensi, aplikasi SingCARD jauh lebih sederhana dan mudah digunakan. Dengan SingCARD, kita tidak perlu membuat akun atau registrasi kartu, cukup pindai kartu di belakang handphone kita sudah bisa melihat riwayat transaksi.

Namun, jika kita membutuhkan fitur yang lebih mumpuni dan lengkap, TL Simply Go adalah jawabannya. Di aplikasi Simply Go, kita bisa menikmati banyak fitur unggulan.

Salah satunya adalah menambahkan kartu contactless lain seperti VISA. Jadi bukan hanya EZ-Link, contactless card lain juga bisa diregistrasikan.

Selain itu, mereka juga memiliki fitur 'Travel Guide'. Di sana terdapat banyak informasi tentang MRT, Bus Station, dan Bus Interchange yang bisa kita manfaatkan saat traveling.

Jadi, silakan sesuaikan aplikasi yang ingin digunakan sesuai kebutuhan karena keduanya punya keunggulan masing-masing.

Kategori:
Tag:
Jika kamu ingin bertanya mengenai tempat yang pernah kami kunjungi, silakan tanyakan kepada kami di kolom komentar atau di Instagram @syfaganjarstory. Kami akan dengan senang hati menjawabnya ~
CERITA TERKAIT
TENTANG SYFA & GANJAR
Kami adalah pasangan suami istri yang sangat menyukai travelling dan kuliner. Di blog ini kami akan berbagi cerita mengenai perjalanan kami ketika mengunjungi berbagai tempat wisata serta mencicipi kelezatan dari berbagai jenis kuliner.

Selengkapnya tentang Syfa & Ganjar →
KOMENTAR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Syfa & Ganjar
English Version
cross