Syfa & Ganjar

4 Cara Menuju Ke Universal Studios & Pulau Sentosa Singapura

Ditulis oleh Ganjar

Sentosa Island atau Pulau Sentosa merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Singapura. Di pulau tersebut kita bisa menjumpai berbagai wahana dan objek wisata menarik seperti Universal Studios, SEA Aquarium, Madame Tussauds, dan masih banyak lagi.

Meskipun lokasinya terpisah dari pulau utama Singapura, namun kita tidak akan kesulitan untuk mengaksesnya. Pasalnya, terdapat banyak pilihan transportasi yang bisa kita gunakan untuk menuju ke Sentosa Island ini.

Nah, di artikel ini, saya akan membahas 4 cara mudah untuk menuju ke Sentosa Island tersebut. Apa sajakah itu? Berikut ulasannya!

1. Sentosa Express

vivocity station

Salah satu cara paling populer untuk menuju ke Sentosa Island adalah dengan menggunakan Sentosa Express. Sentosa Express ini merupakan sebuah kereta monorel yang menghubungkan stasiun VivoCity dengan pulau Sentosa.

Stasiun Sentosa Express ini terletak di lantai 3 VivoCity yang merupakan salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Singapura. VivoCity Mall sendiri bisa kita akses dengan mudah menggunakan MRT ataupun bus kota.

sentosa express
Suasana di dalam Sentosa Express

Jika menggunakan MRT, kita bisa turun di stasiun HarbourFront (Circle Line atau North-East Line). Sedangkan jika menggunakan bus, kita bisa turun di halte bus HarbourFront yang ada di depan VivoCity. Selanjutnya, kita bisa langsung masuk ke VivoCity Mall dan menuju ke lantai 3.

Setelah sampai di lantai 3, kita tinggal tap kartu pembayaran di gate untuk masuk ke peron Sentosa Express. Cara masuk gate beserta kartu pembayaran yang digunakan sama seperti ketika kita naik MRT, yaitu bisa menggunakan EZ-Link, NETS, Kartu Kredit VISA, dan Kartu Kredit Mastercard.

Jika kita tidak memiliki salah satu kartu pembayaran tersebut, maka kita juga bisa membeli tiket khusus untuk naik Sentosa Express ini. Tiketnya sendiri bisa dibeli secara online ataupun secara offline di loket yang ada di depan stasiun VivoCity ini.

Untuk menggunakan Sentosa Express ini kita akan dikenakan biaya sebesar SGD 4. Namun biayanya ini hanya dikenakan sekali saja ketika masuk ke gate di Stasiun VivoCity. Selanjutnya, kita bisa naik monorel ini sepuasnya selama berada di Pulau Sentosa.

resorts world station

Setelah berangkat dari Stasiun VivoCity, Sentosa Express ini selanjutnya akan berhenti di Resort World (Waterfront) Station, Imbiah Station, dan Beach Station. Untuk arah sebaliknya juga sama, yaitu dimulai dari Beach Station dan berakhir di VivoCity Station.

Jika kita ingin menuju ke Universal Studios Singapore, maka kita bisa turun di stasiun Resort World (Waterfront) Station karena letaknya sangat berdekatan. Selanjutnya kita hanya tinggal mengikuti petunjuk arah saja hingga sampai di lokasi.

2. Bus

Cara Selanjutnya yang bisa kita gunakan untuk menuju ke Pulau Sentosa adalah dengan menggunakan bus. Terdapat 3 layanan bus yang bisa kita gunakan, yaitu Bus nomor 123, Bus RWS8, dan Sentosa Cove Shuttle Bus.

• Bus 123

Ini adalah satu-satunya bus kota dari Singapura yang menuju ke Pulau Sentosa. Rute bus ini sendiri berawal dari terminal Bukit Merah, lalu melewati Orchard, Tiong Bahru, hingga berakhir di terminal Beach Station yang ada di Pulau Sentosa.

Cara menggunakan bus ini sama seperti bus kota lainnya yang ada di Singapura. Kita hanya tinggal menunggu bus bernomor 123 saja. untuk tarifnya sendiri bervariasi tergantung dari terminal atau halte mana kita menaikinya.

• Bus RWS8
halte vivocity
Halte untuk naik bus RWS8

Selanjutnya, kita juga bisa naik bus shuttle RWS8 yang akan membawa kita langsung ke Pulau Sentosa. Kita bisa naik bus ini di halte nomor 14141 yang ada di depan VivoCity atau di halte nomor 14121 yang ada di Merrill Lych HarbourFront.

Tarif bus shuttle ini hanya SGD 1 untuk setiap perjalanan. Bus ini beroperasi dari mulai jam 5.45 di pagi hari hingga jam 23.45 di malam hari. Bus ini akan berhenti di Resorts World Sentosa yang sangat dekat dengan Universal Studios.

• Sentosa Cove Shuttle Bus

Bus terakhir yang menuju ke Pulau Senotsa adalah Sentosa Cove Shuttle Bus. Kita bisa naik bus ini di HarbourFront Bus Interchange. Selanjutnya bus ini akan membawa kita sampai ke Sentosa Cove Village yang ada di Pulau Sentosa.

Sentosa Cove Village ini lokasinya berada di ujung timur Pulau Sentosa. jadi buat yang ingin ke Universal Studios, saya tidak menyarankan menggunakan shuttle bus ini. O iya, tarif shuttle bus ini adalah SGD 2 per perjalanan.

3. Cable Car

Jika kamu ingin menuju ke Sentosa Island sambil menikmati pemandangan yang spektakuler, maka menggunakan Singapore Cable Car adalah pilihan yang menarik. Singapore Cable Car ini akan membawa kita dari Stasiun Mount Faber hingga ke Stasiun Sentosa.

Untuk menggunakan Cable Car ini, kita harus menuju ke Stasiun Mount Faber atau Stasiun HarbourFront. Selanjutnya kita bisa langsung naik ke Cable Car lalu turun di Stasiun Sentosa. Setelah sampai di stasiun sentosa, kita bisa langsung menuju ke berbagai tempat di Pulau Sentosa tersebut.

Tiket Cable Car ini bisa dibeli secara online dan juga offline di konter tiket yang ada di setiap stasiunnya. Untuk pembelian online, tiketnya seharga SGD 26.4. Sedangkan untuk pembelian langsung di tempat tiketnya seharga SGD 33.

Tiket yang kita beli tersebut dapat kita gunakan untuk perjalanan round trip alias pulang pergi. Jadi, jika kita naik di Stasiun Mount Faber, maka setelah puas bermain di Pulau Sentosa kita bisa pulang dengan menggunakan Cable Car lagi ke Stasiun Mount Faber.

4. Sentosa Boardwalk

sentosa boardwalk

Jika kamu ingin menghemat budget atau suka jalan kaki, maka kamu bisa menuju ke Sentosa Island melalui Sentosa Boardwalk. Sentosa Boardwalk adalah jembatan sepanjang 700 meter yang menghubungkan VivoCity dan Pulau Sentosa.

jembatan ini dikhususkan untuk pejalan kaki sehingga kita tidak akan bersinggungan dengan kendaraan. Sepanjang jembatannya juga sudah dilengkapi dengan travelator dan kanopi sehingga kita tidak akan kepanasan atau kehujanan.

Waktu yang paling tepat untuk menggunakan Sentosa Boardwalk ini menurut saya adalah di pagi atau di sore hari. Pasalnya, udara di waktu tersebut tidak terlalu panas sehingga kita bisa duduk-duduk dan berfoto cantik sambil menikmati keindahan laut dan pelabuhan.

Setelah sampai di Pulau Sentosa kita bisa langsung menuju ke berbagai tempat dengan mengikuti petunjuk yang tersedia. Universal Studios Singapore juga letaknya tidak jauh dari Sentosa Boardwalk ini.

Nah itu dia 4 cara yang bisa kita gunakan untuk menuju ke Sentosa Island. Silakan pilih cara yang menurut kamu paling nyaman dan sesuai dengan dana yang dimiliki.

Jika kamu ingin bertanya mengenai tempat yang pernah kami kunjungi, silakan tanyakan kepada kami di kolom komentar atau di Instagram @syfaganjarstory. Kami akan dengan senang hati menjawabnya ~
CERITA TERKAIT
TENTANG SYFA & GANJAR
Kami adalah pasangan suami istri yang sangat menyukai travelling dan kuliner. Di blog ini kami akan berbagi cerita mengenai perjalanan kami ketika mengunjungi berbagai tempat wisata serta mencicipi kelezatan dari berbagai jenis kuliner.