Syfa & Ganjar

S.E.A Aquarium, Salah Satu Akuarium Terbesar di Dunia!

Ditulis oleh Syfa

Jika di artikel sebelumnya saya sudah membahas River Wonders, kali ini saya akan membahas tempat serupa, yaitu S.E.A Aquarium.

Tempat wisata ini berada di Resorts World Sentosa, bersamaan dengan Universal Studio, Adventure Cove Waterpark, dan Dolphin Island.

S.E.A. Aquarium, yang pertama kali dibuka pada November 2012, sempat memegang predikat sebagai akuarium terbesar di dunia sebelum Chimelong Ocean Kingdom hadir dua tahun setelahnya.

Meski demikian, S.E.A. Aquarium tetap menjadi salah satu akuarium terbesar dan paling spektakuler di dunia. Kini, ada lebih dari 100.000 makhluk laut dari 1.000 spesies yang hidup di 45 habitat berbeda yang diciptakan untuk meniru habitat asli mereka.

Daftar Isi

Cara Menuju ke SEA Aquarium

vivocity station
Menuju ke SEA Aquarium

Meskipun Pulau Sentosa ini terpisah dari Pulau Singapura, untuk menuju ke sini tidak susah kok. Ada beberapa moda transportasi yang bisa digunakan dan tentunya sangat proper dan nyaman.

Silakan cek artikel di bawah jika kamu ingin tau lebih lanjut bagaimana cara menuju ke sini:

Harga Tiket Masuk

Menuju ke SEA Aquarium
Menuju ke SEA Aquarium

Harga tiket masuk ke SEA Aquarium ini SGD 43 (sekitar 499.000 rupiah) untuk orang dewasa dan SGD 32 (372.000 rupiah) untuk anak-anak usia 4 - 12 tahun.

Pembelian dapat dilakukan di laman resmi Resort World Sentosa, Klook, Traveloka, atau Pelago (ini lebih murah!). S.E.A Aquarium buka dari jam 10:00 sampai 17:00 waktu setempat. Selamat mencoba!

Exhibit di SEA Aquarium (Highlight)

SEA Aquarium

Ada banyak sekali jenis-jenis biota laut yang bisa kita lihat di sini. Makhluk lautnya gak hanya ikan-ikan biasa, lho. Di sini ada ada Open Ocean dan Shipwreck Habitat yang ukurannya sangat besar dan ada Shark yang hidup di dalamnya!

1. Shipwreck Habitats

Shipwreck in SEA Aquarium
Shipwreck Habitats

Pameran pertama di S.E.A. Aquarium menampilkan habitat kapal karam dengan lebih dari empat juta liter air! Habitat ini menunjukkan bagaimana bangkai kapal bisa menjadi tempat yang subur bagi kehidupan laut.

Di alam liar, bangkai kapal yang tenggelam ke dasar laut dapat menjadi tempat tinggal untuk berbagai jenis organisme laut, seperti ikan dan terumbu karang. Hal inilah yang diadopsi oleh S.E.A Aquarium.

Shipwreck ini bisa kamu temukan dari flat-viewing panel (seperti pada gambar), atau walk-through panel (terowongan yang bisa dilalui dengan berjalan kaki).

2. Native Species

Interactive activity in SEA Aquarium
Tiger-tailed seahorse
Tiger-tailed Seahorse

Selanjutnya, S.EA Aquarium juga memiliki koleksi hewan laut dari berbagai belahan dunia. Di antaranya ada Seahorse dan Sea Stars.

Native Species ini sangat tersebar di area akuariumnya. Biasanya Native Species disimpan di akuarium display yang berukuran medium hingga besar (tergantung banyaknya spesies). Pastikan kamu tidak melewati alley di mana spesies ini dibudidayakan!

3. Coral Garden

Big Corals

Nah, salah satu yang menjadi highlight terbesar di sini adalah koleksi koral yang super besar! Namun, meski namanya Coral Garden, ternyata di dalamnya tidak ada karang sama sekali!

Habitat berbentuk silinder ini tingginya 8m dan lebar 6m, penuh dengan 5.000 ikan dari 100 spesies. Karang-karangnya ini artifisial agar ikan-ikan di dalamnya tidak memakan koral tersebut. Coral Garden ini sangat tinggi sehingga bisa dilihat dari lantai dua S.E.A Aquarium.

4. Sea Jellies Gallery

Sea Jellies Gallery
Sea Jellies Gallery
Sea Jellies Gallery

Galeri ini khusus didedikasikan untuk menampilkan keindahan dan keragaman ubur-ubur dari seluruh dunia. Satu hal yang membuat pameran ini menakjubkan adalah pencahayaan khusus yang menyoroti keindahan dan gerakan ubur-uburnya.

Selain itu, pengunjung juga bisa mendapatkan informasi edukatif tentang spesies ubur-ubur yang berbeda, siklus hidup mereka, serta peranannya dalam ekosistem laut yang disampaikan oleh staf di sana.

5. Open Ocean Habitat

Open Ocean
Open Ocean Habitat
Open Ocean
Open Ocean

Nah, ini sih exhibit favorit saya! Salah satu yang menonjol dari Open Ocean adalah panel tampilan raksasa yang membuat pengunjung merasa seolah-olah sedang berada di tengah-tengah samudra terbuka. Layar ini adalah salah satu yang terbesar di dunia, lho!

Open Ocean menampilkan beragam spesies hewan laut, termasuk hiu, pari manta, dan ikan-ikan dengan bentuk unik lainnya. I can stare at them all day!

6. Collections of Live Corals

Corals (terumbu karang)
Corals (terumbu karang)
Corals (terumbu karang)

S.E.A Aquarium juga memiliki banyak sekali jenis koral hidup di dalamnya. Bahkan, akuarium ini merupakan salah satu akuarium yang memiliki koleksi live corals terbanyak di dunia!

Melalui pameran ini, S.E.A. Aquarium bertujuan untuk memberikan informasi pada pengunjung tentang pentingnya terumbu karang, peran mereka dalam ekosistem laut, serta ancaman yang dihadapi oleh terumbu karang di seluruh dunia.

7. Shark Seas

Open Ocean

Menuju pintu keluar, pengunjung diberikan lagi pameran berupa Shark Seas di dalam "terowongan". Di sini pengunjung bisa berjalan sambil melihat banyak ikan hiu di atas.

Ini salah satu spot terbaik untuk melihat ikan-ikan ini dari dekat. Berasa lagi di dalam laut nih jadinya! Namun, jangan heran kalau di sini banyak orang dan pada pengen foto-foto juga. Just be considerate about other people's space!

9. Interactive Experience

Interactive activity in SEA Aquarium
Interactive activity

Di sini juga pengunjung difasilitasi aktivitas yang interaktif. S.E.A Aquarium membiarkan pengunjungnya untuk mengamati bahkan memegang beberapa makhluk laut tertentu.

Aktivitas ini dapat dilakukan secara bergantian dan setiap pengunjung diharuskan untuk mencuci tangan terlebih dahulu di area yang sudah disediakan.

Fasilitas Lainnya

Souvenir Shop

Terakhir, S.E. A memiliki souvenir shop yang menjual aneka cenderamata bertema makhluk laut. Beberapa di antaranya adalah aneka buku anak yang edukatif juga interaktif, gantungan kunci, boneka, dan hiasan lainnya.

Itu dia pengalaman kami main-main ke S.EA Aquarium Singapura. Overall, pengalaman main ke sini sangat menarik dan seru! Kalian mau coba ke sini juga gak?

Jika kamu ingin bertanya mengenai tempat yang pernah kami kunjungi, silakan tanyakan kepada kami di kolom komentar atau di Instagram @syfaganjarstory. Kami akan dengan senang hati menjawabnya ~
CERITA TERKAIT
TENTANG SYFA & GANJAR
Kami adalah pasangan suami istri yang sangat menyukai travelling dan kuliner. Di blog ini kami akan berbagi cerita mengenai perjalanan kami ketika mengunjungi berbagai tempat wisata serta mencicipi kelezatan dari berbagai jenis kuliner.

Selengkapnya tentang Syfa & Ganjar →
KOMENTAR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Syfa & Ganjar
English Version
cross