Syfa & Ganjar

Cara Memesan Tiket Kereta Shuttle Tebrau ke Johor Bahru

Ditulis oleh Ganjar

Selain menggunakan bus, moda trasnportasi yang bisa kita gunakan untuk menuju ke Johor Bahru Malaysia dari Singapura adalah dengan menggunakan kereta. Saat ini terdapat satu kereta yang akan mengantarkan kita melewati perbatasan yaitu KTMB Shuttle Tebrau.

KTMB Shuttle Tebrau akan mengantarkan kita dari Woodlands Train Station yang ada di Singapura menuju ke JB Sentral yang ada di Malaysia dan sebaliknya. Perjalanannya sendiri sangat singkat, yaitu sekitar 5 menit saja.

Nah, buat yang tertarik untuk pergi ke Johor Bahru menggunakan KTMB Shuttle Tebrau, saya sudah mengulas langkah-langkah lengkapnya di artikel berikut ini:

DI artikel ini, saya akan khusus membahas cara membeli tiket keretanya, baik itu secara online ataupun secara offline melalui konter tiket yang ada di stasiunnya. Berikut adalah langkah-langkah cara membelinya.

Melalui Konter Tiket

KTMB ticketing office
Konter tiket Shuttle Tebrau

Cara pertama untuk membeli tiket KTMB Shuttle Tebrau adalah melalui konter tiketnya. Konternya ini terletak di depan area Woodlands Train Chwckpoint. Tempatnya sendiri cukup luas dan memiliki beberapa petugas yang selalu berjaga untuk melayani pembelian tiket.

Untuk membeli tiket di sini kita hanya perlu menyiapkan paspor saja sebagai data identitas diri. Petugas kemudian akan menanyakan jumlah penumpang beserta jam keberangkatan yang ingin kita pilih. Setelah semua data tercatat, kita hanya tinggal melakukan pembayaran saja.

Sebagai catatan, untuk anak berusia di bawah 4 tahun tidak perlu membeli tiket untuk naik Shuttle Tebrau ini. Namun kita wajib untuk melaporkannya ke petugas yang ada di konter tiket ini untuk pendataan penumpang.

Secara keseluruhan, proses pembelian tiket di konter ini sangat cepat dan simpel. Akan tetapi di jam atau hari-hari tertentu, seringkali tiketnya sudah habis dipesan jika membeli di konter karena banyak penumpang yang sudah memesannya secara online.

Secara Online Melalui Website

Agar kita tidak kehabisan tiket, saya menyarankan untuk memesannya secara online saja melalui website resmi KTMB. Kita bisa memesan tiket dari jauh hari karena kita bisa memilih tanggal keberangkatan hingga 6 bulan ke depan. Berikut adalah langkah-langkah untuk membelinya:

1. Kunjungi Website KTMB

shuttle tebrau

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah mengunjungi website KTMB di link ini. Selanjutnya silakan klik "Shuttle Tebrau" sampai muncul halaman khusus untuk pembelian tiket Shuttle Tebrau.

2. Isi Data Keberangkatan

Selanjutnya, silakan isi kolom "Origin" dengan stasiun keberangkatan kita dan kolom "Destination" dengan stasiun tujuan kita. Jika kita pergi dari Singapura, maka silakan isi "Woodlands CIQ" kolom Origin dan "JB Sentral" di kolom Destination.

Selanjutnya isi tanggal keberangkatan kita di kolom "Departure Date". Jika kita ingin membeli tiket pulang pergi secara sekaligus, silakan isi tanggal pulangnya di kolom "Return Date". Namun jika kita hanya ingin membeli tiket untuk satu perjalanan saja, silakan klik tombol "I'm Travelling One Way".

Selanjutnya silakan isi jumlah tiket yang ingin dibeli pada kolom "Pax". Di kolom ini kita bisa memilih hingga 6 penumpang sekaligus untuk satu kali pembelian tiket. Setelah semuanya terisi dengan benar, silakan klik tombol "Search".

3. Pilih Jadwal Keberangkatan

shuttle tebrau 3

Selanjutnya kita akan dibawa ke halaman yang menampilkan daftar perjalanan kereta Shuttle Tebrau di tanggal yang sudah kita pilih. Di halaman ini terdapat informasi berupa nomor perjalanan, jam keberangkatan dan ketibaan, durasi perjalanan, harga tiket, serta jumlah tempat duduk yang masih tersedia.

Silakan pilih jadwal perjalanan kereta yang masih memiliki tempat duduk yang tersedia. Untuk kereta yang sudah penuh, tombol di ujung kanannya bertuliskan "Sold Out". Sedangkan untuk kereta yang masih tersedia, tombolnya berwarna kuning dengan tulisan "Select".

4. Isi Data Diri Penumpang

shuttle tebrau 4

Selanjutnya kita harus mengisi data diri dari semua penumpang yang akan memesan tiket. Data yang harus diisi di antaranya adalah nama di paspor, nomor paspor, tanggal kadaluarsa paspor, nomor kontak, jenis kelamin, dan jenis tiket.

Untuk jenis tiketnya sendiri kita hanya bisa memilih tiket dewasa alias adult saja di website ini. Jika kita membawa anak di bawah 4 tahun, maka kita tidak perlu membeli tiketnya namun harus melaporkannya ke konter tiket terlebih dahulu sebelum menaiki kereta.

Pastikan untuk memasukkan semua data dengan benar karena petugas bisa menolak kita untuk masuk ke dalam kereta jika datanya tidak sesuai. Jika sudah yakin dengan data yang dimasukkan, silakan klik tombol "Proceed to Payment".

5. Lakukan Pembayaran

shuttle tebrau 6

Di halaman selanjutnya akan ditampilkan ringkasan dari tiket yang akan kita pesan. Jika datanya sudah benar, silakan pilih salah satu metode pembayaran yang tersedia yaitu KTM Wallet, Touch 'n Go Wallet, Boost, kartu debit, dan kartu kredit Visa atau Mastercard.

Setelah itu, silakan lakukan pembayaran sesuai dengan metode yang kita pilih. Saya sendiri waktu itu memilih untuk membayar dengan menggunakan kartu kredit Visa dan transaksinya berhasil dengan sukses.

6. Simpan Bukti Pembelian

shuttle tebrau 7

Setelah proses pembayaran tersebut berhasil, kita bisa menyimpan bukti pembelian tiket yang dikirimkan ke email. Silakan simpan bukti pembelian tersebut dengan baik untuk berjaga-jaga jika terjadi masalah di kemudian hari.

Di hari keberangkatan sebenarnya kita tidak perlu membawa bukti pembelian tersebut. Kita hanya perlu membawa paspor saja karena data kita sudah tersimpan di sistemnya. Petugas KTMB juga hanya akan memeriksa paspor kita saja saat akan memasuki stasiun kereta.

Nah, itulah langkah-langkah membeli tiket KTMB Shuttle Tebrau, baik secara online ataupun secara offline. Bagaimana, sudah siap untuk menaiki kereta ini?

Kategori:
Jika kamu ingin bertanya mengenai tempat yang pernah kami kunjungi, silakan tanyakan kepada kami di kolom komentar atau di Instagram @syfaganjarstory. Kami akan dengan senang hati menjawabnya ~
CERITA TERKAIT
TENTANG SYFA & GANJAR
Kami adalah pasangan suami istri yang sangat menyukai travelling dan kuliner. Di blog ini kami akan berbagi cerita mengenai perjalanan kami ketika mengunjungi berbagai tempat wisata serta mencicipi kelezatan dari berbagai jenis kuliner.

Selengkapnya tentang Syfa & Ganjar →
KOMENTAR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Syfa & Ganjar
English Version
cross