Syfa & Ganjar

Cara Menuju ke Singapore Zoo dengan MRT dan Bus

Ditulis oleh Ganjar

Singapore Zoo merupakan salah satu objek wisata yang paling terkenal di Singapura. Dibuka pada tahun 1973, kebun binatang ini menawarkan pengalaman unik dengan 'konsep kandang terbuka', di mana hewan-hewan ditampilkan dalam lingkungan alami yang mirip dengan habitat asli mereka.

Singapore Zoo ini berada di area yang sama dengan 3 objek wisata lainnya yaitu Night Safari, Bird Paradise, dan River Wonders. Silakan baca artikel berikut ini jika ingin mengetahui keseruan kami berkeliling di River Wonders:

Salah satu masalah yang sering dialami oleh wisatawan saat ingin berkunjung ke Singapore Zoo adalah akses transportasinya. Ya, tidak ada satu pun stasiun MRT yang berada di area Singapore Zoo ini sehingga kita harus menyambung antara MRT dan bus jika ingin menuju ke sana.

Oleh karena itu, di artikel ini saya akan mengulas 3 cara mudah untuk menuju ke Singapore Zoo tersebut. Cara yang saya bahas di sini akan mengkombinasikan antara MRT dan bus sehingga kita bisa tiba dengan cepat ke area kebun binatang tersebut.

1. Mandai Khatib Shuttle

shuttle river wonders
Papan petunjuk halte bus shuttle
Halte Mandai Khatib Shuttle

Cara paling mudah dan murah untuk menuju Singapore Zoo adalah menggunakan shuttle bus khusus yang disediakan oleh pihak Mandai Wildlife Reserve. Shuttle bus ini diberi nama Mandai Khatib Shuttle karena memiliki halte khusu di dekat Stasiun MRT Khatib.

Untuk naik bus ini, pertama-tama kita harus menuju ke stasiun MRT Khatib yang ada di jalur North-South Line. Setelah tiba di stasiunnya, silakan keluar dan langsung menuju ke halte bus yang ada di depan stasiun.

Di depan stasiun terdapat dua halte bus yang saling berdampingan yaitu halte bus umum dan halte bus khusus Mandai Khatib Shuttle. Nah, silakan untuk menunggu bus di halte khusus tersebut. Sebagai patokan, di halte khusus tersebut ada papan bertuliskan "Mandai Shuttle".

Shuttle bus ini beroperasi setiap hari dari mulai jam 8:00 pagi hingga jam 23:40 di malam hari. Biasanya bus ini akan tiba di halte Khatib sekitar 10 sampai 20 menit sekali. Saat busnya tiba, kita bisa langsung masuk dan tap EZ-Link, Singapore Tourist Pass, atau kartu pembayaran lainnya di pintu masuk.

mandai khatib shuttle bus
Mandai khatib shuttle bus
mandai khatib shuttle interior
Suasana di dalam bus

Tarif bus ini adalah SGD 1 untuk orang dewasa dan gratis untuk anak di bawah 7 tahun. Setelah masuk ke dalam bus, kita bisa langsung duduk di kursi yang masih kosong. Jumlah tempat duduknya juga cukup banyak sehingga kita tidak perlu khawatir kehabisan tempat duduk.

Shuttle bus ini hanya akan berhenti di dua halte, yaitu Bird Paradise dan Singapore Zoo. Perjalanan dari Khatib hingga Singapore Zoo memakan waktu kurang lebih sekitar 20 menit. Setelah tiba di Singapore Zoo, kita bisa langsung keluar tanpa perlu melakukan tap kartu lagi di card reader.

2. Mandai Heartlands Express

tampines pick up mandai
Lokasi pick-up di Our Tampines Hub

Shuttle bus selanjutnya yang disediakan oleh pihak pengelola Mandai Wildlife Reserve adalah Mandai Heartlands Express. Berbeda dengan Mandai Khatib Shuttle, bus ini hanya beroperasi setiap hari sabtu, minggu, dan libur sekolah saja. Bus shuttle ini akan menaikkan penumpang dari 3 lokasi, yaitu:

• Heartbeat@Bedok
  • Sengkang MRT Station, Exit C pick-up point di Sengkang Square
  • Our Tampines Hub Coach Pick-up Point di South Plaza

Dari ketiga lokasi tersebut, shuttle bus ini akan langsung menuju ke Bird Paradise dan Singapore Zoo. Tarifnya adalah SGD 3 untuk dewasa dan SGD 1 untuk anak-anak berusia 7 sampai 12 tahun. Sedangkan untuk anak di bawah 7 tahun bisa naik bus ini secara gratis.

Shuttle bus ini memiliki dua jadwal keberangkatan, yaitu pada pukul 8.45 dan 10.15. Agar tidak kehabisan tempat duduk, kita bisa memesan tiket bus ini mulai dari 2 minggu sebelum keberangkatan. Tiket busnya bisa dipesan secara online melalui link ini.

Pastikan untuk tiba di tempat pick-up sekitar 10 menit sebelum jadwal keberangkatan bus. Saat masuk ke dalam bus, kita hanya tinggal menunjukan saja bukti pembelian tiket yang sudah kita pesan secara online.

3. Bus Umum

bus umum singapore zoo
Informasi bus umum yang menuju Singapore Zoo
pintu masuk mrt
Springleaf Station

Selain menggunakan shuttle bus yang disediakan oleh pihak pengelola Mandai Wildlife Reserve, kita juga bisa menggunakan bus umum untuk menuju ke Singapore Zoo. Terdapat dua bus umum yang berhenti di halte Singapore Zoo, yaitu:

• Bus 138, bisa kita naiki dari stasiun MRT Ang Mo Kio (NS16) dan Springleaf (TE4).
  • Bus 927, bisa kita naiki dari stasiun MRT Choa Chu Kang (NS4).

Tarif kedua bus tersebut bervariasi, tergantung dari lokasi kita naiknya. Pembayarannya bisa menggunakan EZ-Link atau kartu pembayaran lainnya. Untuk cara naik dan turun dari bus umum tersebut juga sama seperti ketika kita naik bus umum lainnya di Singapura.

Nah itu dia 3 cara yang bisa kita gunakan untuk menuju ke Singapore Zoo dan objek wisata lain yang ada di kawasan tersebut. Silakan pilih cara yang menurut kamu paling mudah dan juga paling nyaman.

Jika kamu ingin bertanya mengenai tempat yang pernah kami kunjungi, silakan tanyakan kepada kami di kolom komentar atau di Instagram @syfaganjarstory. Kami akan dengan senang hati menjawabnya ~
CERITA TERKAIT
TENTANG SYFA & GANJAR
Kami adalah pasangan suami istri yang sangat menyukai travelling dan kuliner. Di blog ini kami akan berbagi cerita mengenai perjalanan kami ketika mengunjungi berbagai tempat wisata serta mencicipi kelezatan dari berbagai jenis kuliner.