Syfa & Ganjar

8 Makanan Enak Khas Cirebon & Tempat Membelinya

Ditulis oleh Ganjar

Salah satu aktivitas menarik yang paling kami sukai saat berlibur ke Cirebon adalah berwisata kuliner. Pasalnya, di Cirebon banyak sekali makanan yang enak dan juga unik. Berbagai makanan ini tentunya jarang ditemui di kota-kota lainnya.

Nah, buat kamu yang mau berwisata kuliner di Cirebon juga, di artikel ini saya akan membagikan beberapa rekomendasi makanan khas Cirebon yang wajib kamu coba. Tidak lupa, saya juga akan mencantumkan beberapa tempat rekomendasi untuk mencicipi berbagai makanan tersebut.

1. Empal Gentong

Empal gentong H. Apud

Makanan pertama yang wajib dicoba di Cirebon tentu saja empal gentong. Empal gentong adalah hidangan berkuah yang berisi potongan daging sapi, usus, babat, dan aneka jeroan lainnya. Berbagai bahan tersebut dimasak dengan kuah santan berwarna kuning yang kaya akan rempah-rempah.

Nama "empal gentong" sendiri berasal dari cara memasaknya yang menggunakan gentong alias wadah masak besar yang terbuat dari tanah liat. Konon, memasak empal gentong dengan menggunakan gentong dan kayu bakar akan menghasilkan kuah yang lebih harum dan kaya rasa.

Empal gentong biasanya disajikan dengan nasi putih, emping, dan sambal. untuk isiannya, biasanya kita memilih apakah ingin daging saja atau ingin dicampur dengan usus, babat, dan jeroan lainnya.

Rekomendasi Tempat Makan Empal Gentong

Depan H. Apud
Empal Gentong H. Apud

Mencari tempat makan empal gentong yang enak di Cirebon sangatlah mudah. Ketika masuk ke Kota Cirebon pun kita sudah disambut dengan penjual empal gentong yang berjajar di pinggir jalan seperti Empal Gentong H. Apud, Mang Darma, Krucuk, Amarta, Hj. Tasiyah, Hj. Dian, dan lainnya.

Kami sendiri pernah mencoba Empal Gentong Mang Darma. Konon, ini adalah salah satu penjual empal gentong yang pertama kali ada di Cirebon. Di sini, empal gentongnya juga disajikan dengan mangkok tanah liat sehingga benar-benar terasa sentuhan tradisionalnya.

Empal gentong lainnya yang pernah kami coba adalah H. Apud. Di sini empal gentongnya memang disajikan dengan mangkok biasa, namun rasanya tetap otentik kok. Yang menarik, di sini juga tersedia empal gentong dalam bentuk kaleng yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh.

2. Empal Asem

Empal asem H. Apud

Di mana ada empal gentong, maka di situ juga biasanya ada empal asem. Empal asem merupakan varian baru dari empal gentong yang menggunakan kuah bening. Jika empal gentong menggunakan kuah santan dengan bumbu kuning, maka empal asem menggunakan kuah bening yang segar dan asam.

Rasa asam pada kuahnya tersebut dihasilkan oleh belimbing wuluh atau belimbing sayur. Untuk isiannya sendiri sama seperti empal gentong yaitu menggunakan daging dan jeroan. Empal asem ini juga bisanya dimakan dengan nasi putih, emping, dan sambal.

Rekomendasi Tempat Makan Empal Asem

Karena penjual empal gentong biasanya juga menjual empal asem, maka rekomendasi tempat makannya sama seperti di atas. Kita bisa membelinya di penjual empal gentong terkenal di Cirebon seperti Empal Gentong H. Apud, Mang Darma, Krucuk, Amarta, Hj. Tasiyah, dan Hj. Dian.

3. Nasi Jamblang

nasi jamblang sayur tahu

Nasi jamblang adalah makanan khas Cirebon lainnya yang wajib dicoba. Nasi jamblang ini sebenarnya mirip seperti warteg atau tempat makan sejenisnya di mana kita bisa memilih lauk apa saja yang ingin kita makan bersama nasinya.

Namun, nasi jamblang ini menawarkan sesuatu yang unik karena nasinya dibungkus oleh daun jati. Konon, daun jati ini dulu digunakan oleh para pekerja proyek di zaman kolonial Belanda untuk membungkus bekal makan siangnya.

Selain berguna untuk membungkus, daun jati tersebut juga akan memberikan aroma yang khas pada nasinya. Biasanya satu bungkus nasi jamblang ini tidak terlalu besar porsinya sehingga kami sarankan untuk meminta 2 porsi nasi saja jika kurang.

Untuk lauknya sendiri disajikan dalam bentuk prasmanan sehingga kita dapat memilih sendiri lauk yang diinginkan. Biasanya bisa ada lebih dari 20 macam lauk yang bisa kita pilih dari mulai sayuran, daging, hingga aneka macam gorengan.

Dari banyaknya lauk tersebut, terdapat beberapa lauk khas nasi jamblang yang wajib dicoba seperti ampas kecap, balakutak, sayur tahu, perkedel, dan sate kentang. Jika suka pedas, tambahkan juga sambal cabe merahnya yang lumayan menggigit di lidah.

Rekomendasi Tempat Makan Nasi Jamblang

menu nasi jamblang ibu nur
Nasi Jamblang Ibu Nur
nasi jamblang ibad otoy

Di Cirebon terdapat banyak sekali penjual nasi jamblang. Dari sekian banyak penjualnya, ada beberapa yang cukup terkenal yaitu Nasi Jamblang Ibu Nur, Nasi Jamblang Mang Dul, Nasi Jamblang Ibu Fitri, Nasi Jamblang Ibad Otoy, dan Nasi Jamblang Pelabuhan.

Kami sendiri pernah mencoba Nasi Jamblang Ibu Nur yang berada di Jl. Cangkring 2 No. 34. Nasi jamblang memang hanya menggunakan daun jati sebagai alasnya, namun pilihan menunya sangat banyak dan tempatnya juga cukup luas.

Nasi Jamblang Ibad Otoy juga pernah kami coba. Tempatnya mengusung konsep semi terbuka karena berada di area pujasera. Di sini nasi jamblangnya masih dibungkus dengan daun jati sehingga masih terasa kesan tradisionalnya.

4. Nasi Lengko

Nasi lengko H. Apud

Nasi lengko atau sega lengko adalah makanan murah meriah dari Cirebon. Makanan ini terdiri dari nasi putih yang disajikan dengan irisan tempe goreng, tahu goreng, tauge, mentimun segar, dan daun kucai. Berbagai bahan tersebut kemudian disiram dengan bumbu kacang dan kecap manis.

Makanan ini memang tampak sangat sederhana, namun rasanya sangat lezat. Makanan ini cocok disantap untuk sarapan, makan siang, atau makan malam. Oleh karena itu banyak penjual nasi lengko yang suka buka dari pagi hari.

Rekomendasi Tempat Makan Nasi Lengko

lengko h barno
Nasi Lengko H. Barno

Salah satu tempat makan nasi lengko yang paling terkenal adalah Nasi Lengko H. Barno yang beralamat di Jl. Pagongan No. 15B. Nasi lengko di sini rasanya cukup enak dan porsinya juga banyak. Kami menyarankan untuk menambah kecap manis agar rasanya semakin mantap.

Di sini juga tersedia sate kambing yang sangat cocok untuk dijadikan lauk tambahan. Jika kamu membeli sate kambingnya, kami sarankan untuk memilih yang full daging saja karena lemaknya cukup banyak jika memilih yang bukan full daging.

5. Tahu Gejrot

tahu gejrot

Tahu gejrot merupakan cemilan unik yang terdiri dari tahu yang dipotong kecil-kecil lalu diberi kuah khusus yang dibuat dari cabai, bawang putih, bawang merah, dan gula. Tahu gejrot di Cirebon biasanya disajikan di layah atau wadah kecil yang terbuat dari tanah liat.

Tahu yang digunakan untuk tahu gejrot ini cukup unik karena memiliki aroma yang khas. Beberapa orang bahkan menyebut aromanya tersebut seperti bau busuk. Padahal aroma tersebut sebenarnya dihasilkan dari proses fermentasi tahu pada saat pembuatannya.

Rekomendasi Tempat Makan Tahu Gejrot

Tidak sulit untuk menemukan tahu gejrot di Cirebon karena banyak penjual yang menjajakannya secara berkeliling. Selain itu banyak juga yang menjulanya di emperan toko oleh-oleh. Rasa tahu gejrotnya juga tidak jauh berbeda antar penjual tersebut, jadi kita tidak perlu bingung mau memilih yang mana.

6. Mie Koclok

mie koclok

Dari namanya, mie koclok ini mungkin mirip seperti mie kocok yang ada di Bandung. Akan tetapi, isis dari keduanya sangat berbeda jauh. Mie koclok terbuat dari mie basah yang disiram dengan kuah kaldu ayam kental berwarna putih yang mirip seperti santan.

Mie tersebut kemudian diberikan pelengkap berupa irisan daun bawang, tauge, telur rebus, suwiran ayam, dan taburan bawang goreng. Rasa dari mie koclok ini cukup unik terutama dari kuah kentalnya yang gurih dan belum kami temui di masakan lainnya.

Rekomendasi Tempat Makan Mie Koclok

mie koclok panjunan
Mie Koclok Panjunan

Di Cirebon terdapat beberapa penjual mie koclok enak yang bisa kamu coba. Beberapa penjual tersebut di antaranya adalah Mie Koclok Mas Edi, Mie Koclok Jatimerta Mimi Hj. Asma, Mie Koclok Jatimerta Mas Eki, Mie Koclok Panjunan, dan Mie Koclok Abah Gaul.

Salah satu yang pernah kami coba adalah Mie Koclok Panjunan yang ada di Jl. Pekarungan No.100. Tempatnya tidak terlalu besar, mirip seperti kedai bakso. Meskipun begitu, rasa mie kocloknya sangat enak dan tidak akan mengecewakan.

7. Docang

docang

Makanan khas Cirebon selanjutnya yang cukup unik adalah docang yang merupakan singkatan dari "bodo" dan "kacang". Makanan ini terbuat dari potongan lontong, parutan kelapa, daun singkong, toge, dan kerupuk. Bahan-bahan tadi kemudian disiram dengan kuah docang.

Kuah docang tersebut merupakan elemen yang paling penting karena memberikan ciri khas pada hidangan docang ini. Kuah tersebut terbuat dari oncom yang dihaluskan dan dicampur dengan bumbu-bumbu lain seperti cabai, bawang merah, bawang putih, dan garam.

Menurut kami rasa docang ini sangat unik di lidah karena tidak ada di makanan lainnya. Rasanya seperti perpaduan dari asin, gurih, dan sedikit asam. Agar rasanya lebih nendang, docang biasanya disajikan juga dengan sambal kacang atau sambal terasi.

Rekomendasi Tempat Makan Docang

docang pak kumis
Docang Pak Kumis

Di Cirebon terdapat dua penjual docang yang cukup terkenal yaitu Docang Pak Kumis dan Docang Ibu Kapsah. Docang Pak Kumis lokasinya berada di Jl. Tentara Pelajar, tidak jauh dari Grage Mall. Tempatnya ini sangat sederhana karena hanya berupa tenda kaki lima di pinggir jalan.

Sedangkan Docang Ibu Kapsah lokasinya berada di Jl. Siliwangi, tepatnya di depan Bank Muamalat dan masih satu area dengan Mie Get. Docang Ibu Kapsah ini cocok untuk yang mau sarapan karena sudah buka dari pagi hari.

8. Pedesan Entog

pedesan entog

Pedesan entog merupakan makanan khas Indramayu dan Cirebon. Makanan ini dibuat dari daging entog yang dimasak dengan bumbu pedas yang kaya akan rempah-rempah seperti bawang merah, bawang putih, cabai rawit, kunyit, lengkuas, jahe, dan garam.

Buat kamu yang belum tahu, entog merupakan sejenis unggas yang masih satu kerabat dengan bebek. Bedanya entog ini memiliki ukuran badan yang lebih lebar dan pendek dibandingkan dengan bebek yang cenderung lebih ramping badannya.

Daging entog biasanya lebih tebal dibandingkan daging bebek sehingga cocok untuk dibuat olahan semacam pedesan ini. Jika diolah dengan baik, maka dagingnya tersebut akan terasa sangat empuk dan bumbu pedesannya juga meresap secara merata.

Rekomendasi Tempat Makan Pedesan Entog

pedean entog mas nana
Pedesan Entog Mas Nana

Salah satu penjual pedesan entog yang cukup terkenal di Cirebon adalah Pedesan Entog Mas Nana. Lokasinya memang bukan di tengah kota Cirebon, melainkan agak ke pinggir sedikit ke daerah Sumber, Kabupaten Cirebon. Lokasinya ini tidak jauh dari kawasan Batik Trusmi.

Di sini kita bisa memesan pedasan entog per porsi ataupun per ekor sekaligus. Selain diolah dalam bentuk pedesan, kita juga bisa membeli entog yang diolah dengan bumbu lainnya seperti rica-rica atau cabe ijo.

Nah itu dia 8 makanan khas Cirebon yang wajib kamu coba saat mengunjungi Kota Udang tersebut. Dijamin kamu bakal jatuh cinta dengan keunikan kulinernya tersebut.

Jika kamu ingin bertanya mengenai tempat yang pernah kami kunjungi, silakan tanyakan kepada kami di kolom komentar atau di Instagram @syfaganjarstory. Kami akan dengan senang hati menjawabnya ~
CERITA TERKAIT
TENTANG SYFA & GANJAR
Kami adalah pasangan suami istri yang sangat menyukai travelling dan kuliner. Di blog ini kami akan berbagi cerita mengenai perjalanan kami ketika mengunjungi berbagai tempat wisata serta mencicipi kelezatan dari berbagai jenis kuliner.

Selengkapnya tentang Syfa & Ganjar →
KOMENTAR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Syfa & Ganjar
cross