Syfa & Ganjar

Tutorial Cara Memesan Makanan di Marugame Udon

Ditulis oleh Syfa

Marugame Udon, dengan sajian udon buatan tangan dan pilihan tempura yang lezat, telah menjadi salah satu restoran Jepang paling populer di banyak kota di Indonesia, bahkan di dunia. Pilihan menu utama serta makanan pendamping asal Jepang ini ternyata banyak penggemarnya.

Proses dan cara memesan makanan-makanan di sini mungkin terlihat berbeda dengan restoran-restoran pada umumnya. Konsumen bisa melihat langsung pesanan mereka dibuat serta memilih sendiri makanan pendamping apa yang tersedia di meja panjang di sana. Hal ini mungkin membingungkan untuk sebagian orang.

Nah, di artikel ini saya ingin membagikan tutorial lengkap cara memesan makanan yang ada di Marugame Udon Indonesia. Jika teman-teman tertarik dengan informasinya, simak sampai akhir ya!

1. Kunjungi Gerai Marugame Udon

Marugame Udon
Marugame Udon & Tempura
marugame udon 23 paskal

Pertama-tama, kunjungi gerai Marugame Udon yang terdekat dari lokasi kalian. Saya dan suami mengunjungi gerainya yang ada di Mall 23 Paskal Bandung. Tempatnya cukup besar, bersih, jumlah meja dan kursinya juga memadai meski di hari-hari tertentu antriannya bisa panjang dan waiting list.

Namun karena kami datang di hari biasa, kami tidak perlu mengantri dan bisa fokus memesan menu dan side dish yang kami mau dengan aman dan nyaman.

Oh iya, gerai Marugame Udon yang ada di mall ini antriannya dimulai dari luar lalu mengular ke dalam. Jadi konsumen dapat melihat menu dan memutuskan apa yang ingin dipesan sebelum memesan kepada staf.

2. Lihat Menu sebelum Memesan

menu marugame udon
Menu marugame udon

Seperti yang sudah saya sampaikan di atas, sebagian besar gerai Marugame Udon itu sudah menyediakan daftar menu, harga dan gambarnya dari tempat awal mengantri (biasanya di area luar atau area sebelum kitchen).

Hal ini akan memudahkan kita, sebagai konsumen, untuk melihat menunya terlebih dahulu sebelum langsung memesan di dalam.

Kita memang bisa kok lihat-lihat menu di depan chef-nya langsung baru setelah itu pesan. Namun, alangkah lebih baik kalau kita sudah menentukan mau pesan apa agar tidak mengganggu proses antrian dan membiarkan orang lain menunggu lama di belakang kita.

Karena saat kita datang ke depan chef yang melayani, mereka akan langsung bertanya kita mau pesan apa, jadi kita tinggal bilang saja tanpa harus berlama-lama lagi.

Menu-menu yang direkomendasikan untuk dipesan tentunya menu Udon. Di sini tersedia Udon dengan topping Sapi seperti Niku Udon, Beef Abura Udon, Beef Curry Udon, dan Beef Carbonara Udon.

Untuk kalian yang tidak terlalu suka daging sapi, di sini juga tersedia topping ayam lho—Teriyaki Abura Udon, Chicken Katsu Curry udon, Tori Baitan Udon, dan Spicy Tori Baitan Udon.

Selain Udon dengan topping ayam dan sapi, Marugame Udon punya menu Signature atau menu andalan yang klasik—ciri khas dari restoran tersebut. Menu-menu tersebut berupa Kake Udon, Kamage Udon, Maruten Udon, dan Wakame Corn Udon.

Wah banyak juga ya menunya? Apalagi Marugame juga punya menu nasi, makin-makin deh bingungnya. Tapi biar ga bingung, tentukan saja dulu kalian sukanya based daging ayam, sapi, atau mau signature aja.

3. Ambil Nampan dan Sampaikan Pesanan

trays
Nampan
memesan makanan
Sampaikan pesanan
open kitchen marugame
Makanan punya kami lagi dibuat

Jika sudah yakin mau pesan apa, langsung saja ambil tray (nampan) hitam yang ada di samping meja panjang. Nampan itu digunakan untuk membawa pesanan kita sendiri ketika makanannya sudah siap disajikan.

Marugame Udon ini konsepnya open kitchen, ketika kita memesan sesuatu, mereka akan membuatkannya langsung di depan konsumen yang pesan. Sebagai contoh, saya memesan menu Udon, maka saya bisa melihat kokinya merebus udonnya, menambahkan kuah, dan topping-topping lain ke dalam mangkuk.

Sang koki juga biasa bertanya apakah kita mau add-on sesuatu, seperti ekstra telur, ekstra bakso ayam (tori ball), atau tambahan bawang daun. Silakan sesuaikan saja dengan selera masing-masing.

Kalau memang mau tambahan-tambahan tersebut, iyakan saja. Kalau dirasa tidak perlu atau kurang suka tambahan bawang daun, tolak saja tawarannya. Oh iya, tambahan bawang daun itu gratis ya, yang bayar adalah ekstra makanan pendamping seperti telur atau bakso.

Kalau pesanan dan requests lainnya sudah tersampaikan, tunggu hingga pesanan selesai dibuat karena makanannya harus kita bawa sendiri menggunakan nampan tadi. Jadi, pas sudah pesan jangan langsung pergi ke mana-mana ya. Jangan langsung ke kasir atau ke tempat duduk misalnya.

4. Pilih Makanan Pendamping (Jika Ingin)

piring persegi kecil untuk side dish
Piring kecil untuk side dish
side dish marugame udon
memilih side dish
Side dish

Setelah selesai memesan menu utama dan makanannya sudah di nampan, geser nampan tersebut ke jajaran selanjutnya di meja panjang. Di sana tersedia tempura dan jenis makanan pendamping lain, seperti Siomay Ayam, Gyoza, dan lain-lain.

Teman-teman bisa langsung mengambil piring persegi yang tersedia di sebelah stall makanan pendampingngya, lalu ambil makanan-makanan tersebut (jika memang mau), lalu simpan kembali di nampan.

Kalau tidak, cukup lewati jajaran menu pendamping ini lalu langsung saja menuju kasir. Nanti keseluruhan makanan yang dipesan akan ditagihkan secara berbarengan.

Hokkaido Milk Pudding
Dessert

Saya dan suami termasuk konsumen yang suka memesan side dish di sini. Selain menunya beragam, rasanya juga enak. Favorit saya tentu Siomay Ayam dan Kulit Tahu isi Udang. Kalian paling suka yang mana nih? Selain itu, Marugame Udon juga punya menu desert lho, yaitu Hokkaido Milk Pudding. Ada yang sudah pernah coba?

5. Pesan Minum dan Lakukan Pembayaran di Kasir

kasir

Jika dirasa sudah cukup, segera lakukan pembayaran di kasir. Staf di kasir akan melihat secara langsung makanan apa saja yang dipesan, dari mulai menu utama hingga menu pendamping. Setelah itu, mereka juga akan menawarkan minuman apa yang kita inginkan.

Menu minuman ini memang tidak ditawarkan di awal, jadi kita bisa memilih minumannya berbarengan dengan pembayaran di kasir. Pilihan minumannya ada Cold Ocha dan Lemon (ini yang paling populer), air mineral, Aneka Milkshake, Jus, Kopi, dan Soft drinks. Silakan tanya saja ketersediaan pilihan minuman yang kamu mau.

Saya dan suami memesan Cold Ocha (karena bisa refill hahaha). Staf kasirnya memberikan kami dua buah gelas kosong karena konsumen yang memesan Ocha bisa langsung mengisinya sendiri di drinking station yang disediakan.

Jika seluruh pemesanan dan pembayaran sudah selesai, lakukan pembayaran seperti biasa. Marugame Udon menerima pembayaran dengan cash, debit, dan kredit.

6. Ambil Kondimen dan Minuman

condiment station
Kondimen
kondimen (cabe rawit)
Cabe rawit
ocha dingin
Mengambil minuman

Setelah membayar, ada satu station khusus di mana kita bisa mengambil kondimen (pelengkap makanan) sepuasnya! Pelengkap-pelengkap tersebut ada cabe rawit, bawang daun, dan kremes tempura.

Tak hanya itu, saus dan aneka taburan juga tersedia lho, ada shoyu (kecap asin), white sesame (wijen), togarashi (cabe bubuk), jahe, saus tempura, dan saus sambal biasa. Semua konsumen bisa ngambil sepuasnya, tapi saran saya sih tetap ambil secukupnya biar gak mubazir.

tempat sendok dan sumpit
Alat makan

Di samping bumbu-bumbu tadi, tersedia sendok dan sumpit yang disimpan di gelas khusus. Jadi para konsumen bisa mengambil alat makan, kondimen, dan minum di condiment station ini. Bagi yang memesan Ocha dan Lemon Tea, dispenser nya juga sudah tersedia di sana, kalau habis bisa diisi ulang.

7. Cari Tempat Duduk

menyantap Marugame Udon
Itadakimasu

Oke, kalau semua udah siap, tinggal cari tempat duduk deh! Kalau lagi sepi dan gak terlalu antri di bagian pemesanan, biasanya mencari tempat duduknya mudah.

Namun, kalau lagi weekend dan antriannya terlihat panjang, kalian bisa bagi tugas sama teman/suami/pacar atau siapapun itu untuk ganti-gantian pesannya biar tetap kebagian tempat duduk. Tinggal makan dan nikmati makanannya. Itadakimasu!

Itu dia tutorial lengkap cara memesan makanan di Marugame Udon. Semoga teman-teman terbantu dengan informasi-informasi yang saya sampaikan di artikel ini. Jika ada kekeliruan, informasi yang masih kurang, atau pertanyaan, silakan tinggalkan komentar di kolom yang ada di bawah ya. See you!

Jika kamu ingin bertanya mengenai tempat yang pernah kami kunjungi, silakan tanyakan kepada kami di kolom komentar atau di Instagram @syfaganjarstory. Kami akan dengan senang hati menjawabnya ~
CERITA TERKAIT
TENTANG SYFA & GANJAR
Kami adalah pasangan suami istri yang sangat menyukai travelling dan kuliner. Di blog ini kami akan berbagi cerita mengenai perjalanan kami ketika mengunjungi berbagai tempat wisata serta mencicipi kelezatan dari berbagai jenis kuliner.

Selengkapnya tentang Syfa & Ganjar →
KOMENTAR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Syfa & Ganjar
cross