Syfa & Ganjar

Cara Naik Kereta Airport Express dari Bandara Hong Kong

Ditulis oleh Ganjar

Saat baru tiba di Bandara Hong Kong, terdapat beberapa moda transportasi yang bisa kita gunakan untuk menuju ke area perkotaan seperti kereta bandara, bus, dan taksi. Dari berbagai pilihan tersebut, kereta bandara merupakan moda transportasi yang paling cepat waktu tempuhnya.

Kereta bandara atau yang biasa disebut Airport Express tersebut hanya membutuhkan waktu sekitar 24 menit saja untuk sampai di Stasiun Hong Kong yang ada di area Central. Waktu tersebut jelas lebih cepat dibandingkan bus yang membutuhkan waktu hingga 1 jam perjalanan.

Maka dari itu, tidak mengherankan jika Airport Express ini banyak digunakan oleh wisatawan yang baru tiba di Hong Kong. Nah, jika kamu tertarik untuk menggunakannya juga, di artikel ini saya akan membahas langkah-langkah cara naik Airport Express tersebut dari bandara hingga tiba di stasiun tujuan.

1. Menyiapkan Alat Pembayaran

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah menyiapkan alat pembayaran yang akan kita gunakan untuk Airport Express Terdapat dua alat pembayaran yang bisa digunakan yaitu tiket dan Octopus Card. Nah, berikut adalah cara membeli keduanya:

  • Tiket
konter tiket airport express
Loket tiket
vending machine airport express
Vending machine

Tiket Airport Express bisa dibeli secara langsung di loket tiket yang ada di area kedatangan bandara Hong Kong. Lokasinya ada yang terletak di dekat area pengambilan bagasi dan ada juga yang berada di dekat stasiun keretanya.

Untuk membelinya, kita hanya tinggal mendatangi loket tersebut lalu sebutkan stasiun tujuan kita kepada petugas. Airport Express sendiri akan berhenti di 4 stasiun yaitu AsiaWorld-Expo, Tsing Yi, Kowloon, dan Hong Kong. Berikut adalah harga tiket untuk keempat stasiun tujuan tersebut:

Stasiun TujuanHarga DewasaHarga Anak-Anak
AsiaWorld-Expo$6$3
Tsing Yi$70$35
Kowloon$105$52.5
Hong Kong$115$57.5

Selain lewat loket, kita juga bisa membeli tiket melalui vending machine yang ada di dekat loket tersebut. Jika ingin membelinya dari jauh-jauh hari, maka kita juga bisa membelinya secara online melalui Klook atau website sejenisnya.

  • Octopus
octopus card

Octopus merupakan kartu uang elektronik yang sangat populer di Hong Kong. Kartu ini bisa digunakan untuk membayar berbagai macam keperluan, mulai dari kereta MTR, bus, tram, ferry, hingga kereta Airport Express.

Kartu Octopus bisa dibeli di Customer Service Center atau di vending machine yang ada di stasiun Airport Express. Silakan baca artikel ini untuk mengetahui lebih lengkap langkah-langkah cara membeli kartu Octopus tersebut:

Yang menarik, ongkos yang harus kita keluarkan untuk naik Airport Express sedikit lebih murah jika kita menggunakan kartu Octopus. Selain itu, kartu Octopus ini juga nantinya bisa kita pakai untuk melanjutkan perjalanan secara gratis menggunakan MTR.

2. Menuju ke Stasiun Kereta

petunjuk bus airport hong kong
Petunjuk ke stasiun Airport Express
stasiun airport express
Stasiun Airport Express

Setelah membeli tiket atau kartu Octopus, selanjutnya kita tinggal menuju ke stasiun kereta. Lokasi stasiunnya ini tidak jauh dari loket pembelian tiket. Silakan ikuti arah dari papan petunjuk yang bergambar kereta dan bertuliskan "To City".

Setelah berada di stasiun, kita hanya tinggal menunggu keretanya datang. Biasanya keretanya datang setiap 10 menit sekali. Yang menarik, di sini kita tidak perlu melewati gate untuk masuk ke stasiunnya, jadi tinggal langsung menunggu saja di depan pintu masuk keretanya.

Kita bisa menunggu sambil duduk di kursi yang tersebar di beberapa area stasiun. Akan tetapi jika keretanya sudah hampir tiba, kita bisa berdiri saja di depan pintu yang bertuliskan "To City". Di area stasiun tersebut juga terdapat beberapa monitor yang berisi informasi waktu kedatangan kereta.

3. Masuk ke Dalam Kereta

interior airport express

Jika keretanya sudah tiba, silakan tunggu penumpang yang keluar terlebih dahulu. Setelah itu, barulah kita masuk ke dalamnya. Kita bisa duduk di kursi mana saja di dalam kereta selama kursinya masih kosong karena kita tidak diberikan nomor tempat duduk.

Jika kita membawa koper atau barang yang besar, silakan letakkan di tempat penyimpanan khusus yang ada di setiap ujung gerbong. Sedangkan untuk tas atau backpack kecil bisa kita bawa saja ke tempat duduk.

Setelah berhenti selama beberapa menit, kereta Airport Express ini akan memulai perjalanannya. Setiap akan berhenti di sebuah stasiun, kita akan mendapatkan pengumuman dari pengeras suara dan juga dari layar monitor yang ada di depan kita.

Oleh karena itu, dengarkanlah dengan baik setiap pengumuman yang diberikan agar kita tidak melewatkan stasiun tujuan kita.

4. Turun dari Kereta

gate airport express

Jika stasiun tujuan kita sudah dekat, sebaiknya kita langsung bersiap-siap mengambil koper dan menunggu di depan pintu keluar. Tujuannya agar kita bisa mempercepat proses naik dan turunnya penumpang karena kereta ini hanya akan berhenti beberapa menit saja.

Setelah kereta tiba di stasiun tujuan, pintu kereta akan terbuka dan kita bisa langsung turun dari kereta dan menuju ke gate keluar. Jangan lupa untuk menyiapkan tiket atau kartu Octopus terlebih dahulu karena kita akan membutuhkan keduanya di gate keluar.

Setelah sampai di gate keluar, silakan scan tiket pada area scanner atau tap kartu Octopus di card reader yang ada di gate. Setelah gate-nya terbuka, kita bisa langsung keluar dan melanjutkan perjalanan ke lokasi selanjutnya.

Sebagai infromasi, jika kita tidak sempat membeli tiket Airport Express di bandara, maka kita bisa langsung masuk saja ke dalam kereta tanpa perlu tiket. Nah, baru lah di stasiun tujuan ini kita membeli tiket keretanya tersebut di Customer Service Center yang ada di dekat gate keluar.

5. Melanjutkan Perjalanan ke Tujuan

suasana mtr
Kereta MTR

Setelah melewati gate keluar, kita bisa melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki atau dengan menggunakan moda trasnportasi lainnya. Silakan lihat informasi di dinding stasiun yang akan mengarahkan kita ke pintu keluar yang dituju.

Seperti yang sudah saya singgung di atas, jika kita membayar kereta Airport Express dengan kartu Octopus, maka kita bisa mendapatkan bonus naik MTR secara gratis. Kita hanya tinggal menggunakan kartu Octopus tersebut untuk masuk ke stasiun MTR.

Namun, bonus ini hanya berlaku selama 1 jam setelah kita tiba di stasiun tujuan tersebut. Meskipun begitu, bonus ini sangat membantu kita jika hotel tujuan kita masih jauh dari stasiun pemberhentian Airport Express.

Selain itu, beberapa hotel juga menyediakan shuttle gratis yang akan mengantarkan penumpang dari stasiung Hong Kong atau Kowloon ke hotel mereka. Silakan buka link ini untuk mengetahui daftar hotel yang menyediakan layanan shuttle gratis tersebut.

Nah, itu dia langkah-langkah cara naik kereta Airport Express dari bandara Hong Kong. Menurut kami, kereta ini sangat cocok untuk wisatawan yang ingin cepat sampai ke kota atau wisatawan yang menginap di hotel dekat stasiun pemberhentian Airport Express.

Akan tetapi untuk wisatwan yang ingin menghemat budget atau yang lokasi hotelnya jauh dari stasiun Airport Express, maka saya lebih menyarankan untuk menggunakan bus. Silakan baca artikel berikut ini untuk langkah-langkah cara naik bus dari bandara Hong Kong:

Jika kamu ingin bertanya mengenai tempat yang pernah kami kunjungi, silakan tanyakan kepada kami di kolom komentar atau di Instagram @syfaganjarstory. Kami akan dengan senang hati menjawabnya ~
CERITA TERKAIT
TENTANG SYFA & GANJAR
Kami adalah pasangan suami istri yang sangat menyukai travelling dan kuliner. Di blog ini kami akan berbagi cerita mengenai perjalanan kami ketika mengunjungi berbagai tempat wisata serta mencicipi kelezatan dari berbagai jenis kuliner.

Selengkapnya tentang Syfa & Ganjar →
KOMENTAR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Syfa & Ganjar
cross