Syfa & Ganjar

6 Perbedaan Kartu On-Loan Octopus dan Tourist Octopus

Ditulis oleh Syfa

Di artikel sebelumnya, saya sudah menjelaskan langkah-langkah untuk membeli Octopus card di Hong Kong. Kartu tersebut dapat digunakan untuk membayar transportasi publik, makan di restoran, beli sesuatu di vending machine atau minimarket, dan lain-lain.

Jenis-jenis kartu Octopus yang berlaku di sana lumayan bervariasi. Namun, ada dua kartu Octopus yang populer; On-Loan Octopus dan Tourist Octopus (Sold Version).

Di artikel ini, saya akan membahas perbedaan di antaranya keduanya supaya kamu gak bingung saat berencana membelinya. Yuk simak perbedaannya!

Daftar Isi

1. Desain

Octopus Card On Loan
Standard On-Loan Octopus
Octopus Card for Tourist
Tourist Octopus (Sold Version)

Perbedaan yang pertama terletak pada desain kartunya. Desain kartu Octopus on-loan terbilang sederhana. Terdapat logo Octopus dengan dua lingkaran yang saling berpotongan, satu berwarna biru dan satu lagi berwarna hijau.

Lingkaran-lingkaran tersebut diletakkan pada latar belakang hitam yang memberikan kontras yang tajam. Jadi logonya terlihat menonjol.

Sedangkan, kartu Octopus untuk turis terlihat lebih berwarna dan interaktif. Ada gambar vending machine, The Clock Tower, lambang 'I love Shopping', dan ilustrasi lain yang menggambarkan banyak aspek dari kota Hong Kong. Kelihatan lebih friendly ya?

2. Masa Berlaku

Untuk masa berlaku, sebetulnya Octopus On-Loan dan Tourist tidak ada perbedaan yang signifikan. Keduanya valid/berlaku selama 1000 hari sejak tanggal pembelian, dan menjadi tidak aktif (deactivated) jika tidak dipakai dalam kurun waktu tersebut.

Tapi gak usah khawatir! Jika kamu tidak menggunakan kartu Octopus selama tiga tahun atau lebih, kamu bisa aktivasi ulang kartunya di seluruh MTR Customer Service Centres atau melalui aplikasi Octopus App dan Octopus App for Tourist (khusus pengguna iPhone).

Untuk informasi lebih lanjut tentang aktivasi ulang kartu Octopus, kunjungi laman ini.

3. Deposit

Receipt Octopus Card

Saat kamu membeli Octopus On-Loan, akan ada saldo awal (initial stored value) yang jumlahnya bervariasi dan deposit sebesar HKD 50 yang bertindak sebagai jaminan. Deposit ini menjamin bahwa kartu selalu memiliki saldo minimum untuk menghindari ketidaknyamanan.

Contohnya, seperti saat kamu perlu tap in di gate MTR namun saldonya tidak cukup. Saldo deposit ini berfungsi sebagai 'bantalan' keuangan di contoh situasi tersebut.

Konsep 'On-Loan' menggambarkan kalau kartu ini memang dipinjamkan oleh Octopus Cards Limited kepada pengguna, sehingga deposit diperlukan sebagai bagian dari proses peminjaman ini.

Nah, berbeda dengan On-Loan, Octopus Card for Tourist tidak memerlukan deposit dan tidak ada saldo awal. Harga kartunya itu HKD 39, dengan saldo yang otomatis kosong. Silakan saja isi saldonya sesuai dengan kebutuhan.

Tapi kalau kamu membeli Tourist Octopus di mesin seperti saya, itu harganya sudah fix 150 HKD (111 HKD saldo awal + 39 HKD harga kartu).

Namun, jika kamu membeli Octopus for tourist selain di minimarket seperti 7-Eleven dan Circle K, biasanya ada saldo awal sebesar HKD 50 sampai HKD 100. Jadi harga jualnya juga akan berbeda-beda.

4. Refund

customer service center mtr

Berkaitan sama penjelasan sebelumnya, deposit sebesar HKD 50 serta sisa saldo di On-Loan Octopus kamu bisa dikembalikan, lho. Refund ini bisa dilakukan di seluruh MTR Customer Service Centres.

Ketika kamu sudah selesai liburan dan berniat untuk mengembalikan kartu Octopus, akan ada biaya penanganannya (handling fee).

Biayanya itu HKD 11 atau 1% dari saldo yang belum terpakai di kartu, tergantung mana yang lebih besar. Saldo yang ada di dalamnya pun bisa dikembalikan dengan syarat:

  • Saldo yang belum terpakai di kartu ada lebih dari HKD 1.000;
  • Pengembalian kartu dilakukan dalam waktu kurang dari 90 hari sejak kartunya diterbitkan;
  • Kartunya sudah digunakan untuk lima transaksi pembayaran (atau kurang dari itu), sejak tanggal diterbitkannya kartu. Tapi transaksi pembayaran tagihan atau donasi tidak dihitung dalam lima transaksi ini ya!

Informasi lebih lanjut tentang metode pengembalian dananya ada di tautan ini ya. Jangan lupa dicek!

Berbeda dengan On-Loan, kartu Tourist Octopus itu sifatnya non-returnable (gak bisa dikembalikan) dan uang pembelian kartunya (purchase cost) juga gak bisa di-refund.

Namun, sisa saldo pada kartu Octopus for Tourist bisa dikembalikan TAPI kartunya akan dinonaktifkan, jadi kartunya bisa kamu jadikan souvenir aja ketika pulang dari Hong Kong.

Itulah alasan kenapa kartu untuk turis tidak ada deposit dan saldo awal. Oh iya, untuk kamu yang pengin tau cara cek saldo di kartu Octopus, cek artikel di bawah ini ya:

5. Tempat Pembelian

octopus card selling machine
Octopus selling machine di Hong Kong Airport

Kartu On-Loan Octopus dapat dibeli dengan mudah di seluruh MTR Stations (kecuali Racecourse station). Sedangkan, untuk pembelian Octopus for Tourist itu hanya tersedia di:

MTR Ticket & Octopus Selling Machine:

  • Airport Station (Hong Kong International Airport)
  • Hong Kong West Kowloon Station

Informasi lebih lanjut tentang tempat pembelian On-Loan Octopus ada di tautan ini. Sedangkan, informasi tentang pembelian Octopus for Tourist ada di sini. Informasinya sangat lengkap untuk turis yang berkunjung ke Hong Kong melalui transportasi udara, darat, dan laut!

6. Tipe Kartu

On-Loan Octopus (left), Tourist Octopus (right)

Terakhir, yang menjadi perbedaan di antara keduanya adalah tipe kartu. Tipe kartu On-Loan Octopus itu pilihannya lebih banyak; Child, Adult, Elderly, dan Personalised Octopus. Berbeda dengan On-Loan, Tourist Octopus hanya tersedia untuk Adult dan Child saja.

Oke itu dia enam perbedaan antara On-Loan Octopus dan Tourist Octopus. Pilih mana? Tergantung! Silakan sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Kalau kamu ingin punya kartu yang 'lucu' dan bisa dijadikan souvenir, Tourist Octopus pilihannya. Tourist Octopus juga gak perlu ada deposit, jadi lebih simple. Tapi kalau kamu gak butuh-butuh amat souvenir atau bahkan kamu lebih butuh kartu Octopus yang tersedia untuk segala usia, On-Loan Octopus lah pilihannya.

Ada pertanyaan? Langsung komen di bawah aja ya! Sampai ketemu di artikel selanjutnya!

Kategori:
Tag:
Jika kamu ingin bertanya mengenai tempat yang pernah kami kunjungi, silakan tanyakan kepada kami di kolom komentar atau di Instagram @syfaganjarstory. Kami akan dengan senang hati menjawabnya ~
CERITA TERKAIT
TENTANG SYFA & GANJAR
Kami adalah pasangan suami istri yang sangat menyukai travelling dan kuliner. Di blog ini kami akan berbagi cerita mengenai perjalanan kami ketika mengunjungi berbagai tempat wisata serta mencicipi kelezatan dari berbagai jenis kuliner.

Selengkapnya tentang Syfa & Ganjar →
KOMENTAR

2 comments on “6 Perbedaan Kartu On-Loan Octopus dan Tourist Octopus”

  1. hi ka, mau tanya.. untuk Tourist Card jika dibeli di 7eleven yg ada initial storenya. apakah dana tersebut bisa dikembalikan?

    lalu untuk On-Loan Card, yg kita bayar adalah HKD200 dimana ini terdiri dari HKD50 sebagai deposit dan HKD150 sebagai saldo yg bisa kita pakai. apakah seperti itu ka?

    untuk refundnya sendiri, untuk Tourist Card, apakah initial store itu bisa direfund dan apakah ada charge 11% seperti On- Loan Card?

    1. Halo, Kak. Terima kasih sudah berkunjung ke blog kami 🙂

      1. Berdasarkan pengetahuan saya, biasanya Tourist Card yang dibeli di lokasi seperti 7-Eleven atau toko serupa dapat dikembalikan dan mendapatkan refund untuk nilai yang belum digunakan. Deposit yang dibayarkan pada saat pembelian biasanya juga dapat dikembalikan jika kartu dikembalikan dalam kondisi baik.

      Namun, kebijakan mengenai biaya administrasi atau charge untuk pengembalian dapat bervariasi. Bisa cek di website resminya ya Kak. https://www.octopus.com.hk/en/consumer/customer-service/refund/index.html#soldProduct soalnya kami berdua kebetulan gak ngajuin refund, jadi gak ada pengalamannya.

      2. Iya kak betul 150 HKD bisa langsung dipake.

      3. Untuk yang ini, saya gak yakin kak. Nanti bisa langsung ditanyain aja ya pas di MTR Service Centre.

      Semoga bantu ya Kak 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Syfa & Ganjar
English Version
cross