Syfa & Ganjar

5 Alasan Kenapa Tidak Ada Nomor Kursi di Tiket Pesawat Kita

Ditulis oleh Ganjar

Saya sering melihat di media sosial ada pengguna yang menanyakan kenapa di tiket pesawat yang mereka beli tidak terdapat nomor kursi. Mereka khawatir jika tiket tersebut merupakan tiket palsu atau tiket mereka tidak tercatat di sistem pesawat.

Padahal sebenarnya, ketiadaan nomor kursi di tiket pesawat merupakan hal yang lumrah karena beberapa alasan. Nah, agar kamu tidak kebingungan juga, di artikel ini saya akan membahas beberapa alasan kenapa di tiket pesawat kita tidak terdapat informasi nomor kursi.

1. Belum Memilih Kursi

gratis-kursi-pesawat
Tiket dengan pilihan kursi gratis

Secara umum, terdapat dua jenis tiket pesawat yang bisa kita beli saat ini, yaitu tiket dengan pilihan kursi dan tiket tanpa pilihan kursi. Tiket dengan pilihan kursi biasanya lebih mahal namun memberikan kita fleksibilitas dalam memilih posisi tempat duduk yang diinginkan.

Nah, jika kita membeli tiket dengan pilihan kursi namun di tiket kita belum ada nomor kursinya, maka bisa jadi kita memang belum memilih kursinya. Proses pemilihan kursi ini biasanya dilakukan saat sedang memesan tiket, namun ada saja penumpang yang melewatkannya.

Jika sudah terlewat seperti itu sebenarnya kita tidak usah khawatir. Pasalnya, kita bisa memilih kursi tersebut di kemudian hari selama kita belum check-in. Pemilihan kursinya bisa dilakukan melalui website atau aplikasi resmi dari maskapai yang kita gunakan.

Namun saya menyarankan untuk memilih kursi ini sesegera mungkin. Pasalnya, semakin dekat ke hari penerbangan, maka semakin sedikit pula pilihan kursi yang masih tersedia terutama di posisi-posisi yang nyaman dan strategis.

2. Belum Membeli Kursi

harga kursi pesawat
Harga kursi AirAsia

Bagaimana jika kita membeli tiket tanpa pilihan kursi? Jika jenis tiket tersebut yang kita beli, maka secara otomatis tidak akan ada nomor kursi di tiket kita. Jika ingin mendapatkan nomor kursi, maka kita harus membelinya terlebih dahulu.

Cara membeli nomor kursi pesawat ini bisa dilakukan melalui website atau aplikasi resmi dari maskapainya. Selain itu, kita juga bisa membelinya dengan cara menghubungi pihak maskapai melalui telepon ataupun email.

Harga kursi yang ditawarkan biasanya akan berbeda-beda tergantung dari posisi kursinya. Sebagai contoh, kursi di barisan depan biasanya lebih mahal dibandingkan dengan kursi di barisan belakang. Begitu juga dengan kursi di dekat jendela yang biasanya lebih mahal dibanding kursi di dekat selasar.

3. Belum Check In

tiket pulang
Tiket pesawat sebelum check in

Lantas, bagaimana jika kita tidak membeli tiket dengan pilihan kursi dan juga tidak ingin membelinya? Tenang saja, kita tetap akan mendapatkan kursi kok saat naik pesawat nanti karena tidak ada penumpang yang berdiri selama penerbangan.

Hanya saja, nomor kursi tersebut baru akan kita dapatkan setelah melakukan check in. Nomor kursi ini juga akan ditentukan secara acak tergantung nomor kursi yang masih tersedia. Jadi, kita akan bisa memilih di nomor kursi berapa kita ingin duduk.

Hal ini tentu sangat kurang nyaman jika kita pergi bersama teman kita. Pasalnya, nomor kursi yang kita dapatkan bisa jadi akan terpisah dari teman kita tersebut. Saat sudah berada di dalam pesawat pun kita tidak diperkenankan untuk menukar kursi karena alasan keamanan dan keselamatan.

4. Nomor Kursi Diberikan di Gate

proses boarding
Proses boarding di gate

Untuk beberapa penerbangan, semua penumpang yang sudah check-in tetap tidak mendapatkan nomor penerbangan di boarding pass mereka. Tulisan yang tertera di boarding pass justru "Assigned at gate", "At Gate", "GTE", dan semacamnya.

Nah jika kita mendapatkan kode semacam itu, maka nomor kursi kita akan ditentukan di boarding gate. Biasanya akan ada petugas maskapai yang menuliskan nomor kursi di boarding pass kita saat semua penumpang akan melakukan proses boarding.

Hal semacam ini paling sering terjadi ketika penerbangan tersebut mengalami oversold tiket. Karena jumlah tiket yang dijual lebih banyak dari kapasitas pesawatnya, maka harus ada penumpang yang dipindahkan ke penerbangan lainnya.

Selain itu, kondisi cuaca juga bisa menjadi penyebab pesawat harus mengurangi penumpangnya, terutama jika kita menaiki pesawat dengan ukuran yang kecil. Mereka harus memantau terlebih dahulu kondisi cuacanya sebelum menentukan jumlah penumpang yang bisa dibawa.

Biasanya pihak maskapai akan menawarkan kompensasi untuk penumpang yang bersedia untuk dipindahkan. Jika sudah ada penumpang yang bersedia, maka nomor kursi sudah bisa dibagikan kepada para penumpang yang ikut di penerbangan tersebut.

5. Penerbangan Menggunakan Sistem Open Seating

kabin transnusa

Alasan terakhir kenapa nomor kursi kita belum ada di tiket biasanya karena penerbangan kita menggunakan sistem open seating. Beberapa maskapai berbiaya rendah biasanya menggunakan sistem ini, terutama untuk pesawat yang berukuran kecil.

Dengan sistem open seating ini, penumpang bisa memilih untuk duduk di kursi mana saja yang ada di dalam pesawat. Biasanya yang paling diuntungkan adalah penumpang yang paling dulu masuk ke pesawat karena masih banyak pilihan kursi yang tersedia.

Nah, itu dia 5 alasan yang mungkin menjadi penyebab kenapa di tiket pesawat kita belum tertera nomor tempat duduk. Jadi sekarang kamu tidak usah khawatir jika mengalami hal tersebut karena absennya nomor kursi di tiket merupakan hal yang biasa.

Jika kamu ingin bertanya mengenai tempat yang pernah kami kunjungi, silakan tanyakan kepada kami di kolom komentar atau di Instagram @syfaganjarstory. Kami akan dengan senang hati menjawabnya ~
CERITA TERKAIT
TENTANG SYFA & GANJAR
Kami adalah pasangan suami istri yang sangat menyukai travelling dan kuliner. Di blog ini kami akan berbagi cerita mengenai perjalanan kami ketika mengunjungi berbagai tempat wisata serta mencicipi kelezatan dari berbagai jenis kuliner.

Selengkapnya tentang Syfa & Ganjar →
KOMENTAR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Syfa & Ganjar
cross