Syfa & Ganjar

Inilah Nama-Nama Bagian dan Potongan Ayam di McDonald's

Ditulis oleh Ganjar

Saat sedang membeli ayam goreng di McDonald's, terutama jika membeli lewat Go-Food, Grab Food, atau Shopee Food, terkadang saya sering dibuat bingung ketika harus memilih potongan ayamnya mau apa, apakah keel, rib, wing, thigh, atau drumstick?

Sebagai orang yang cuma tahu potongan ayam itu ada sayap, dada, paha, dan ceker, tentu saja saya selalu kebingungan ketika memilih potongan ayam pakai istilah bahasa Inggris tersebut. Khawatirnya, potongan ayam yang saya pesan tidak sesuai dengan keinginan.

Nah agar teman-teman tidak bernasib seperti saya, kali ini saya akan menjelaskan berbagai istilah potongan ayam yang dijual di berbagai gerai McDonald's tersebut. Semoga setelah membaca artikel ini, kalian tidak kebingungan seperti saya ya saat memesannya.

1. Keel (Dada Mentok)

keel mcd

Keel merupakan potongan ayam yang berasal dari bagian dada. Di Indonesia, potongan ini sering disebut juga dengan dada mentok. Potongan ini kaya akan daging dan rendah lemak, sehingga sangat cocok untuk mereka yang sedang menjalani program diet.

Tekstur daging pada bagian keel cenderung lebih padat, namun tetap lembut dan juicy ketika digoreng. Bagian keel juga disajikan tanpa tulang sehingga sangat cocok bagi yang ingin memakan ayam goreng secara utuh tanpa terganggu adanya tulang..

2. Rib (Dada Tulang)

rib mcd

Potongan rib merupakan bagian yang terletak di sekitar tulang rusuk ayam. Potongan ini sering disebut juga dengan "dada tulang" untuk membedakannya dengan keel karena biasanya terdapat sedikit tulang yang menempel di dagingnya.

Daging rib memiliki tekstur yang lebih kenyal dan serat yang lebih halus dibandingkan dengan potongan keel. Rib juga memiliki lebih banyak lemak sehingga membuat rasanya lebih kaya dan lezat. Sama seperti potongan ayam lainnya, rib juga disajikan dengan kulit yang renyah dan garing.

3. Wing (Sayap)

wing mcd

Wing atau sayap ayam merupakan potongan yang terdiri dari tiga bagian, yaitu drumette, wingette, dan tip. Bagian ini memiliki daging yang lebih sedikit dibandingkan dengan potongan ayam lainnya, namun tetap menawarkan rasa yang nikmat dan tekstur yang renyah.

Sayap ayam goreng ini biasanya dimasak hingga kulitnya garing dan dagingnya empuk. Potongan ini menjadi pilihan yang sempurna bagi para pecinta kulit ayam karena kulit di bagian sayap ini sangat terasa gurih dan renyah ketika dimakan.

4. Thigh (Paha Atas)

thigh mcd

Thigh adalah salah satu potongan ayam yang paling populer di McDonald's. Potongan ini sering disebut sebagai "paha atas" karena memang berasal dari bagian atas paha ayam. Potongan ini biasanya tampak paling besar di antara potongan lainnya.

Bagian ini memiliki daging yang lebih gelap dan lebih lembab dibandingkan dengan potongan dada ayam. Daging paha ini kaya akan lemak, sehingga lebih empuk dan menghasilkan rasa yang lebih kuat dibandingkan bagian dada.

5. Drumstick (Paha Bawah)

drumstick mcd

Potongan drumstick adalah bagian yang berasal dari kaki ayam, tepatnya di antara paha atas dan ceker. Potongan yang sering disebut "paha bawah" ini memiliki daging yang lebih padat dan lebih gelap daripada potongan dada ayam.

Drumstick mengandung lebih banyak lemak dan tulang, sehingga dagingnya lebih empuk dan lezat. Potongan ini biasanya disajikan dengan kulit yang garing dan renyah, sehingga sangat cocok untuk kita yang suka memakan daging dan kulitnya dalam satu gigitan sekaligus.

Nah, itulah macam-macam potongan ayam goreng yang ada di McDonald's. Berbagai potongan ayam tersebut bisa kita beli secara terpisah (a la carte) atau membeli secara paketan seperti paket PaNas 1, Panas 2, dan PaNas Special.

Setiap potongan tersebut memiliki karakteristik dan kelezatan yang berbeda, sehingga kita bisa memilih potongan ayam yang paling kita suka. Nah, kalau kamu biasanya suka potongan ayam yang mana?

Kategori:
Jika kamu ingin bertanya mengenai tempat yang pernah kami kunjungi, silakan tanyakan kepada kami di kolom komentar atau di Instagram @syfaganjarstory. Kami akan dengan senang hati menjawabnya ~
CERITA TERKAIT
TENTANG SYFA & GANJAR
Kami adalah pasangan suami istri yang sangat menyukai travelling dan kuliner. Di blog ini kami akan berbagi cerita mengenai perjalanan kami ketika mengunjungi berbagai tempat wisata serta mencicipi kelezatan dari berbagai jenis kuliner.

Selengkapnya tentang Syfa & Ganjar →
KOMENTAR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Syfa & Ganjar
cross