Syfa & Ganjar

Juru Sambal Bandung, Surga buat Kamu Si Pecinta Pedas

Ditulis oleh Syfa

Awal saya tau resto ini karena waktu itu diajak untuk makan siang bareng teman-teman. Pas coba makanannya, dan kami juga saling icip-icip menu lain, ternyata enak banget! Dari situ saya berencana untuk ajak suami makan di sini.

Pas kesempatannya ada, akhirnya saya ajak suami untuk nyoba ke sana karena restonya menyediakan 18 varian sambal yang beda-beda! Pas banget nih karena si suami pecinta pedas, terutama sambal. Alias kalau gak ada sambal ya gak makan. Di sini ada yang sama-sama pecinta sambal juga? Kalau iya, berarti pas!

Di artikel kali ini, saya mau kasih tau teman-teman pembaca satu restoran yang menyediakan aneka sambal. Gak hanya sambal yang pedes dan nikmat, tapi juga menu-menu makanan dengan konsep yang unik. Stay tuned!

Lokasi & Jam Buka

Juru Sambal tampak depan
Juru Sambal

Nama restonya adalah Juru Sambal. Resto ini berada di Jalan Burangrang No. 5 Bandung. Posisinya ada di sebelah Batagor Burangrang dan berseberangan dengan SMA BPI I.

Seperti yang terlihat di gambar, tempat ini memang menyatu sama resto Wingz O Wingz. Jadi gak usah ragu kalau mau masuk karena tulisan Juru Sambal nya pun terlihat ya.

Selain itu, tempat parkirnya juga luas. Sebetulnya cukup-cukup aja kalau mau parkir mobil, tapi sepengalaman saya agak susah soalnya di parkirannya banyak motor, terutama ojek online. Jadi kalau ada rencana pakai mobil ke sini, cari parkirnya harus agak ke depan dikit.

Juru Sambal buka dari jam 10 pagi sampai jam 10 malam. Pas nih buat dicoba makan siang atau makan malam. Selain itu, Juru Sambal juga hadir di GoFood dan GrabFood buat kalian yang gak bisa datang ke restonya langsung.

Suasana

suasana lantai 1
Juru Sambal lantai 1
Area makan indoor di lantai 2
Area makan indoor di lantai 2

Dari segi bangunan, Juru Sambal ini sangat well-maintained. Tempatnya juga bersih dan nyaman. Kursi dan meja di sini full dibuat dari kayu, jadi terlihat klasik juga. Konsep lampu gantung yang dipasang pun gak hanya berfungsi buat penerangan, tapi juga bikin look tempatnya jadi elegan.

Ada dua area tempat makan utama di sini, yaitu area lantai 1 dan lantai 2. Untuk area lantai 1 sebetulnya gak lebih besar dari lantai 2, tapi tetap nyaman kok karena bisa menampung rombongan.

Nah, lantai 2 nya agak berbeda. Di bagian indoor-nya ini dikhususkan untuk konsumen Juru Sambal, sedangkan di area outdoor-nya buat konsumen Wingz O Wingz. Namun, saya dan suami ngeliat gak ada barrier yang berarti kok, maksudnya baik konsumen yang mau makan Juru Sambal atau Wingz O Wingz, boleh duduk dan makan di mana aja.

Di setiap meja pun disimpan daftar menu dari Juru Sambal dan Wingz O Wingz. Jadi setiap ada konsumen yang mau pesan, akan diarahkan ke pramusaji dari masing-masing manejemen resto.

Dari segi ramai atau tidaknya, saya pribadi melihat kalau pesanan online itu lebih mendominasi daripada pengunjung yang dine in. Beda cerita kalau weekend, resto ini bisa penuh. Jadi mohon bersabar aja kalau makanan kalian datengnya agak lama.

Menu

juru sambal menu 2
Menu paketan

Oke, sekarang menu-menunya. Jujur, pilihannya banyak banget. Saya sama suami kebingungan sendiri. Tapi untungnya, Juru Sambal ini ngasih pilihan menu dalam bentuk paket dan À la carte. Selain dari segi harga jadi lebih murah, pilihannya pun dikerucutkan. Bagus deh buat konsumen yang indecisive kaya saya.

Untuk menu paket, mereka punya paket Anak Sultan, Anak Raja, Paket Nikmat, dan Paket Hemat. Selain itu, Juru Sambal punya beberapa pilihan nasi, seperti nasi putih, nasi daun jeruk, dan nasi uduk.

Selain paketan, mereka juga ada menu À la carte kaya sayuran, goreng-gorengan, kikil, dan lain-lain. Ini cocok buat kamu yang pengen pesen side dish dan gak tercantum di paket.

Oh iya, khusus yang ada menu Ayamnya, kita bisa milih lho ayamnya mau yang goreng, bakar, atau pepes. Terus boleh request juga mau bagian apanya--dada, paha, sayap, dan lain-lain.

Menu juru sambal
Menu À la carte

Nah, ini dia part yang paling penting, sambal! Mereka punya 18 jenis varian sambal yang bisa dicobain, dari mulai sambal bawang, kencur, daun jeruk, matah, sambal tempe, sambal cumi, dan jenis sambal unik lainnya.

Oh iya, kalau kalian notice di menu paketan, itu ada beberapa menu dengan lingkaran hijau dan kuning. Itu gunanya buat jadi penanda kalau hanya sambal-sambal tertentu yang bisa dipesen per paketnya.

Terus kalau mau sambal yang lain gimana? Bisa pesen satuan! Kalau mau nambah sambal yang lain itu kalian harus bayar lagi sekitar 4.500 sampai 6.500 per sambalnya.

Makanan yang Kami Pesan

Karena makanannya banyak banget, saya dan suami pilih menu yang udah dipaket aja biar gak pusing. Ini dia paket-paket dan side dish yang kami pesan:

1. Nasi Daun Jeruk + Ayam Bakar + Sambal Kencur

ayam bakar sambel kencur
Nasi ayam bakar

Saya pesan paket Anak Raja I nih. Isi paketnya terdiri dari nasi putih, satu ayam, pilihan sambal bertanda hijau, dan lalapan. Jadilah saya pilih nasi daun jeruk, ayam bakar, dan sambal kencur sebagai sambal pilihannya.

Sambal yang bertanda lingkaran hijau itu ada sambal kencur, sambal daun jeruk, sambal matah, dan sambal dadak.

Jujur, rasanya gak mengecewakan. Nasinya pulen, bumbu ayamnya meresap sampe ke dalem dagingnya, dan yang terpenting sambalnya pedas pol! Apalagi sebagai pecinta jeruk nipis, saya campurin itu ke sambelnya. Makin seger!

2. Nasi + Lele Goreng + Sambal Pecel

nasi dan lele goreng
Lele goreng
aneka sambal
aneka sambal

Yang ini pesanan suami. Dia pilih Paket Hemat 2 yang isinya nasi putih, lele bakar/goreng (tergantung maunya apa), sambal bertanda hijau, dan kol goreng. Untuk lelenya dia pilih digoreng aja dan sambelnya pake sambel Pecel!

Yang ini juga spesial soalnya lelenya besar dan dagingnya juga lembut. Serius, ini daging ikan lelenya tebel banget beda sama ikan lele yang biasa dijual di kaki lima. Suami bilang rasa sambal pecelnya juga enak meskipun tidak terlalu pedas seperti sambal lainnya.

Untuk sambal tambahan, kami berdua pengen coba sambal Embe. Untuk sambal embe ini lumayan pedas, tapi tidak sepedas sambal kencurnya.

3. Tahu Aci

tahu aci
Tahu Aci Goreng

Untuk tambahannya, saya pesan tahu aci goreng karena waktu makan sama temen-temen ini enak banget. Gak ngerti kenapa kalau bikin sendiri malah gak enak hahaha...

Tahu Aci Goreng ini juga masuk sebagai salah satu rekomendasi dari saya kalau kalian ke sini. Tahunya lembut, gak asem, dan balutan aci (tepung kanji) nya itu gak terlalu tebel. Selain itu, digorengnya garing dan rasanya gurih. Tinggal cocol sambel kecap biar makin mantep!

4. Selada Air Goreng

selada air goreng

Sebelumnya saya gak pernah makan sayur yang digoreng gini, dan gak pernah terbayang. Tapi akhirnya saya cobain juga selada air yang digoreng di resto ini! Rasanya unik soalnya jadinya crispy. Cobain deh! Oh iya, untuk minumannya kami hanya pesen air mineral dan teh tawar dingin saja.

Nah itu dia sesi makan-makan kami di Juru Sambal. Saya pribadi sangat suka Juru Sambal sampai kayanya suami bosen deh kalau GoFood atau Grab Food pasti saya milihnya ini lagi ini lagi. Soalnya beneran enak hehe..

Semoga teman-teman berkenan membacanya dan semoga merasakan pengalaman yang sama juga. Yuk cobain! Sampai ketemu di artikel kuliner selanjutnya ya!

Kategori:
Jika kamu ingin bertanya mengenai tempat yang pernah kami kunjungi, silakan tanyakan kepada kami di kolom komentar atau di Instagram @syfaganjarstory. Kami akan dengan senang hati menjawabnya ~
Juru Sambal
Alamat:
Jl. Burangrang No.5, Malabar, Bandung, Jawa Barat, Indonesia
Google Maps
Jam Buka
10:00 - 22:00
Jenis Makanan
: Ayam dan Lele
Media Sosial
Nomor Telepon
: 0895-1397-5177
Google Maps:
Jam Buka:
10:00 - 22:00
Jenis Makanan:
Ayam dan Lele
Media Sosial:
Nomor Telepon:
0895-1397-5177
Makanan
Menu sambalnya variatif, nasinya juga ada bermacam-macam
Tempat
Tempatnya ada 2 lantai dan bergabung dengan Wingz O Wingz
Harga
Bawa uang 20 ribu sampai 30 ribu juga udah cukup buat makan kenyang di sini
Rating Syfa & Ganjar
4.5
CERITA TERKAIT
TENTANG SYFA & GANJAR
Kami adalah pasangan suami istri yang sangat menyukai travelling dan kuliner. Di blog ini kami akan berbagi cerita mengenai perjalanan kami ketika mengunjungi berbagai tempat wisata serta mencicipi kelezatan dari berbagai jenis kuliner.

Selengkapnya tentang Syfa & Ganjar →
KOMENTAR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Syfa & Ganjar
cross