Syfa & Ganjar

Cara Naik Sentosa Express untuk Menuju ke Pulau Sentosa

Ditulis oleh Ganjar

Banyak moda transportasi yang bisa kita gunakan untuk menuju ke Pulau Sentosa di Singapura, mulai dari taksi, bus, hingga kereta. Dari beberapa pilihan tersebut, salah satu moda transportasi yang paling sering digunakan adalah Sentosa Express.

Sentosa Express adalah jalur monorel yang menghubungkan Pulau Sentosa dengan daratan Singapura. Jalur ini memiliki beberapa stasiun pemberhentian di Pulau Sentosa yang berdekatan dengan berbagai objek wisata populer.

Untuk stasiun awalnya sendiri berada di VivoCity shopping mall yang merupakan satu-satunya stasiun Sentosa Express di daratan Singapura. Jadi kalau kita mau menyeberang ke Pulau Sentosa dengan Sentosa Express, maka kita harus manaikinya di VivoCity.

Nah, di artikel ini saya akan membahas langkah-langkah cara naik Sentosa Express tersebut jika baru pertama kali akan menaikinya.

1. Pergi ke VivoCity Shopping Mall

Vivo City

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menuju ke VivoCity Shopping Mall. Untuk menuju ke VivoCity kita bisa menggunakan MRT, bus, atau moda transportasi yang lainnya.

Jika menggunakan MRT, maka kita bisa menggunakan menggunakan MRT di jalur Circle Line (warna oranye) atau North East Line (warna ungu). nantinya, kita bisa turun di stasiun Harbourfront yang berada di lantai bawah dari VivoCity.

Sedangkan jika ingin naik bus, maka kita harus naik bus yang menuju ke halte HarbourFront Stn/Vivocity. Terdapat banyak pilihan bus yang menuju ke halte tersebut, di antaranya adalah bus nomor 10, 30, 30e, 57, 61, 65, 80, 97, 97e, 100, 123M, 13, 143, 145, 166, dan 855.

2. Naik ke Lantai 3

petunjuk ke sentosa express
Papan petunjuk
stasiun sentosa express
VivoCity Station

Setelah berada di VivoCity, langkah selanjutnya adalah menuju ke stasiun Sentosa Express. Stasiunnya sendiri berada di lantai 3 atau lantai teratas dari VivoCity.

Jika menggunakan MRT, kita hanya tinggal naik beberapa lantai sambil mengikuti papan petunjuk yang mengarahkan kita ke stasiun Sentosa Express. Sedangkan jika naik bus, maka kita tinggal masuk ke dalam VivoCity Mall lalu naik ke lantai 3.

Saat tiba di lantai 3, kita akan melihat pintu masuk ke stasiun yang bertuliskan "VivoCity Station" dengan ornamen warna oranye yang mencolok. Di dekatnya juga terdapat loket untuk pembelian tiket beserta jalur antrian yang cukup panjang.

3. Beli Tiket atau Siapkan Kartu Pembayaran

loket sentosa express
Loket tiket

Sesampainya di VivoCity Station, kita harus membeli tiket atau menyiapkan kartu pembayaran terlebih dahulu untuk naik Sentosa Express. Untuk tiketnya bisa dibeli di loket yang ada di sana. Berikut adalah daftar harga tiketnya:

  • Dewasa: SGD 4
  • Dewasa pemilik concession card: SGD 2
  • Anak pemilik concession card: Gratis
  • Anak berusia di bawah 7 tahun dan tinggi di bawah 90cm: Gratis

Jika antrian di loket terlalu panjang, kita juga bisa membeli tiketnya secara online melalui website resminya. Di sekitar loket dan gate stasiun juga terdapat banyak barcode yang bisa kita pindai untuk membuka link ke website tersebut.

Selain dengan tiket, kita juga bisa naik Sentosa Express dengan menggunakan kartu pembayaran yang biasa digunakan di MRT atau bus seperti EZ-Link, NETS, Mastercard, dan Visa. Tarif yang dipotong dari kartu pembayaran ini juga sama seperti tarif jika kita membeli tiket.

4. Masuk ke Platform

vivocity station

Setelah membeli tiket atau menyiapkan kartu pembayaran, selanjutnya kita tinggal scan tiket atau tap kartu pembayaran di gate. Caranya kurang lebih sama seperti saat kita melewati gate di stasiun-stasiun MRT yang ada di Singapura.

Setelah masuk kita hanya tinggal menunggu saja kereta Sentosa Express tiba. Di waktu-waktu tertentu biasanya cukup banyak penumpang yang akan naik sehingga petugas akan membagi penumpang dalam beberapa grup. Silakan ikuti arahan dari petugas agar kita bisa menaikinya dengan tertib.

5. Masuk ke Kereta

sentosa express
Suasana di dalam Sentosa Express

Setelah keretanya datang, kita bisa langsung saja masuk ke dalamnya. Di dalam kereta Sentosa Express hanya tersedia beberapa tempat duduk aja. Jadi saya sarankan untuk membiarkan tempat duduk itu untuk penumpang dengan kebutuhan khusus.

Hanya dalam beberapa menit saja kereta akan tiba di berbagai stasiun yang ada di Pulau Sentosa. Biasanya akan ada pengumuman setiap kali kereta akan berhenti di sebuah stasiun. Selanjutnya kita hanya tinggal turun saja di stasiun tujuan kita.

Oh iya sebagai informasi, jika kita ingin kembali ke VivoCity dengan menggunakan Sentosa Express, maka kita bisa menaikinya secara gratis tanpa perlu membeli tiket lagi. Hal yang sama juga berlaku jika kita ingin berpindah antar stasiun di dalam Pulau Sentosa, maka kita bisa menaikinya secara gratis.

Nah itu dia langkah-langkah cara naik Sentosa Express untuk menuju ke Pulau Sentosa. Bagaimana, mudah bukan?

Kategori:
Tag:
Jika kamu ingin bertanya mengenai tempat yang pernah kami kunjungi, silakan tanyakan kepada kami di kolom komentar atau di Instagram @syfaganjarstory. Kami akan dengan senang hati menjawabnya ~
CERITA TERKAIT
TENTANG SYFA & GANJAR
Kami adalah pasangan suami istri yang sangat menyukai travelling dan kuliner. Di blog ini kami akan berbagi cerita mengenai perjalanan kami ketika mengunjungi berbagai tempat wisata serta mencicipi kelezatan dari berbagai jenis kuliner.

Selengkapnya tentang Syfa & Ganjar →
KOMENTAR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Syfa & Ganjar
English Version
cross