Syfa & Ganjar

4 Penyebab Air Shower di Hotel Tidak Panas

Ditulis oleh Ganjar

Setelah lelah berkunjung ke berbagai tempat selama seharian penuh, rasanya mandi dengan air hangat di hotel akan menjadi penutup hari yang sempurna. Namun saat sudah berada di bawah shower, ternyata airnya tidak panas sehingga kita menjadi kecewa.

Masalah air shower yang tidak panas tersebut memang lumrah terjadi pada sebuah hotel. Penyebabnya sendiri bermacam-macam, baik itu dari sisi pengguna ataupun dari sisi hotelnya.

Nah di artikel ini saya akan membahas beberapa penyebab yang mengakibatkan air shower di kamar hotel kita tidak panas saat digunakan. Dengan mengetahui penyebabnya, mungkin kita bisa menemukan solusinya tanpa perlu memanggil petugas hotel.

1. Tuas Shower Belum Digeser ke Air Panas

gagang shower
Kontrol berbentuk gagang

Ini adalah penyebab yang paling sering terjadi terutama bagi tamu yang baru pertama kali menginap di hotel. Pengatur shower di hotel kebanyakan berbentuk gagang yang bisa digeser ke kanan dan ke kiri untuk mengatur suhu airnya.

Biasanya, posisi air dingin diberi tanda berwarna biru dan air panas diberi tanda berwarna merah. Silakan geserkan gagang ini ke tanda yang berwarna merah untuk menghasilkan air panas. Biasanya dalam beberapa detik, air panas akan langsung keluar dari pancuran shower.

2. Tangki Kehabisan Air Panas

water heater

Ada dua macam tangki pemanas air yang biasanya digunakan di hotel. Yang paling umum adalah tangki sentral yang berukuran besar sehingga bisa menyuplai air panas ke banyak kamar. namun untuk hotel-hotel kecil, tidak sedikit juga yang menggunakan tangki pemanas yang lebih kecil.

Tangki pemanas kecil ini biasanya diletakkan di setiap kamar mandi hotel sehingga hanya akan menyuplai air panas untuk kamar mandi tersebut. Tangki ini biasanya hanya memiliki kapasitas penyimpanan air sebanyak 15 liter atau 30 liter saja.

Karena kapasitasnya yang tidak terlalu besar, air panas yang ada di tangki ini biasanya akan langsung habis jika digunakan untuk sekali mandi. Nah, jika pasangan atau teman menginap kita sudah mandi terlebih dahulu, bisa jadi air panas yang ada di tangki sudah dihabiskan olehnya.

Agar airnya panas kembali, kita harus menunggu terlebih dahulu selama beberapa menit tergantung dari kecepatan dari pemanas airnya. Setelah itu, barulah kita bisa menikmati kembali air panas dari shower kamar hotel kita.

3. Pengaturan Suhu Terlalu Rendah

kontrol water heater

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, jika kamar hotel kita menggunakan pemanas air yang diletakkan di dalam kamar mandi, maka secara otomatis kontrol untuk mengatur suhu airnya juga terdapat di pemanas tersebut.

Nah, kadang kala ada tamu yang menurunkan pengaturan suhunya tersebut dan petugas kebersihan hotel tidak mengembalikan pengaturannya saat tamu tersebut sudah check-out. Hal tersebut mengakibatkan air yang keluar dari shower tidak sepanas biasanya.

Oleh karena ada baiknya kita mengecek pengaturan suhu di pemanas air tersebut. Pengatur suhunya ada yang berbentuk knob putar dan ada juga yang berbentuk tombol. silakan putar knobnya atau tekan tombolnya sampai ke posisi suhu yang cukup panas.

4. Kondisi Hotel Penuh

shower cordela

Seperti yang sudah disinggung di atas, Jika hotel kita menggunakan tangki pemanas sentral, maka satu tangki tersebut akan digunakan oleh beberapa kamar sekaligus. Nah, jika air showernya tidak panas, maka ada kemungkinan tamu di kamar lain juga banyak yang sedang menggunakan shower.

Hal ini biasanya terjadi di jam-jam sibuk seperti di pagi hari atau sore hari. Meskipun tangki tersebut memiliki kapasitas air panas yang banyak, airnya akan cepat habis jika digunakan secara bersamaan oleh beberapa tamu sekaligus.

Untuk menghindari hal ini, saya sarankan untuk menggunakan showernya di jam-jam yang tidak terlalu sibuk, seperti di malam hari atau bahkan pagi-pagi sekali.

5. Pemanas Air Rusak

Apabila keempat hal di atas bukan menjadi penyebab tidak panasnya air shower di kamar hotel kita, maka ada kemungkinan pemanas airnya memang rusak atau sedang mengalami gangguan. Kita bisa langsung melaporkan masalah ini ke petugas hotel agar bisa ditindaklanjuti segera.

Petugas hotel biasanya akan langsung memperbaiki masalah ini agar kita bisa kembali menikmati air panas di shower. Namun jika proses perbaikannya membutuhkan waktu yang lama, maka pihak hotel juga seringkali memindahkan kita ke kamar yang tidak bermasalah air showernya.

Kategori:
Tag:
Jika kamu ingin bertanya mengenai tempat yang pernah kami kunjungi, silakan tanyakan kepada kami di kolom komentar atau di Instagram @syfaganjarstory. Kami akan dengan senang hati menjawabnya ~
CERITA TERKAIT
TENTANG SYFA & GANJAR
Kami adalah pasangan suami istri yang sangat menyukai travelling dan kuliner. Di blog ini kami akan berbagi cerita mengenai perjalanan kami ketika mengunjungi berbagai tempat wisata serta mencicipi kelezatan dari berbagai jenis kuliner.

Selengkapnya tentang Syfa & Ganjar →
KOMENTAR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Syfa & Ganjar
cross